Cadas! 5 Negara Hebat Ini Menjadi Kiblat Senjata Militer Dunia, Indonesia?

oleh Adi Nugroho
07:07 AM on May 25, 2016

Pascaperang yang yang terjadi puluhan tahun yang lalu. Industri senjata tempur di dunia mulai berkembang dengan sangat pesat. Jika di masa lalu senjata hanya digunakan untuk peperangan dan merebut kemenangan, maka di masa sekarang senjata berguna juga sebagai pelindung. Semakin banyak senjata dalam sebuah militer, maka semakin kuat juga sebuah negara.

Sayangnya, tak semua negara mampu menghasilkan senjata tempur yang sangat hebat. Sebut saja Indonesia yang masih mulai belajar membuat senjata tempurnya di bawah Pindad. Untuk mendapatkan senjata yang hebat, suatu negara mau tidak mau membeli senjata militer ke beberapa negara hingga membuat negara produsen menjadi kiblat senjata yang dikagumi. Berikut negara yang menjadi kiblat dari senjata militer dunia tersebut.

Baca Juga
5 Sepeda Balap Termahal di Dunia yang Harganya Bisa Bikin Kamu Miskin dalam Sekejap
Inilah 4 Negara yang Dulunya Kaya Raya namun Sekarang Terluntah Akibat Korupsi

1. Amerika – Pesawat dan Misil

Amerika adalah negara dengan kekuatan militer terkuat di dunia. Kita semua tidak bisa memungkiri fakta itu. Majunya sektor militer di Amerika tentu tak bisa dipisahkan dengan banyaknya industri alat perang di negara yang kerap sekali terlibat perang di era modern seperti sekarang. Amerika memiliki pabrik pesawat nomor wahid yang telah mengekspor produknya ke seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Lockheed Martin [image source]
Lockheed Martin [image source]
Perusahaan kapal paling terkenal itu adalah Lockheed Martin yang memproduksi pesawat tempur jenis F-16 yang kemampuannya tak diragukan lagi. Selanjutnya ada perusahaan yang bernama Boeing yang melakukan produksi massal pesawat jet seperti Boeing 737 dan helikopter pemburu AH-64 Apache. Untuk perusahaan misil, ada Raytheon yang produknya juga sudah melanglang buana.

2. Rusia – Pesawat dan Kapal

Rusia memang tidak mau kalah dengan Amerika. Negara yang saat ini dipimpin oleh Vladimir Putin juga berusaha menunjukkan eksistensinya sebagai kiblat militer dunia. Tak tanggung-tanggung, Rusia memiliki banyak sekali perusahaan besar seperti United Aircraft Corporation yang memproduksi pesawat jet tempur hebat seperti Sukhoi Su-27, Su-30 dan yang terbaru Su-35.

Sukhoi Su-35 [image source]
Sukhoi Su-35 [image source]
Selain pesawat jet tempur, Rusia juga sudah lama dikenal mampu menghasilkan kapal laut yang mampu digunakan untuk mempertahankan lautan. Kapal laut tersebut juga dilengkapi dengan misil yang mampu digunakan untuk menyerang dari kejauhan. Oh ya, Rusia juga sangat ahli dalam membuat kapal selam hingga membuat negeri itu semakin kuat di laut dan udara.

3. Tiongkok – Misil dan Tank

Tiongkok adalah pemain baru dalam industri senjata yang sejak lama dikuasai oleh Amerika dan Rusia. Negara ini mulai menggebrak dunia internasional dengan senjata yang hebat namun tetap mudah hingga diminati banyak negara. Kawasan Asia Selatan kini menjadi konsumen loyal dari alat perang yang diproduksi oleh Tiongkok.

Misil Tiongkok [image source]
Misil Tiongkok [image source]
Alat perang andalan yang berasal dari Tiongkok terdiri atas misil jarak jauh dan menengah yang banyak diproduksi oleh perusahaan bernama Norinco Group. Selain misil yang sangat penting untuk pertahanan. Tiongkok juga memproduksi tank perang yang sangat hebat namun lebih murah dari produksi negara lain seperti Jerman. Akibatnya, penetrasi alat perang dari Tiongkok naik hingga 143% selama 5 tahun saja.

4. Jerman – Tank, Senapan, dan Kapal Selam

Sudah sejak lama Jerman dikenal sangat ahli dalam membuat kapal selam yang canggih. Saat perang dunia berjalan pun Jerman sudah memiliki U-Boat yang membuat sekutu banyak mengalami kehancuran di sektor naval atau kelautan. Di era modern, kapal selam dari Jerman dibuat semakin canggih hingga diminati oleh banyak sekali negara di dunia.

Tank Jerman [image source]
Tank Jerman [image source]
Selain kapal selam, Jerman juga dikenal mampu menghasilkan tank tempur yang mampu bertahan dalam perang. Tank ini sudah produksi dan dijual ke seluruh penjuru dunia. Tank dari Jerman dikenal memiliki ketahanan yang hebat hingga jarang sekali roboh saat perang. Terakhir, Jerman juga gudangnya senjata tangan berupa senapan yang mematikan. Perusahaan bernama Walther telah menjalankan industri sejak 1886 silam.

5. Prancis – Kapal Laut dan Pesawat

Prancis menutup tempat kelima ini sebagai salah satu negara yang menjadi kiblat militer dunia. Negara tempat menara Eiffel berdiri ini memiliki banyak sekali industri dalam bidang perkapalan dan pesawat yang diekspor ke berbagai negara di dunia. Sebut saja perusahaan seperti Dassault Aviation SA dan Airbus Group.

Kapal jenis Frigate [image source]
Kapal jenis Frigate [image source]
Dua perusahaan besar di atas memproduksi pesawat-pesawat andalan yang kerap digunakan untuk perang seperti Dasault Falcon. Selanjutnya dalam hal perkapalan, perusahaan bernama DCNS yang memproduksi kepal jenis frigate yang sangat andal di lautan.

Inilah lima negara hebat yang menjadi kiblat militer dan persenjataan dunia. Indonesia tentu belum mampu menyamai pencapaian lima negara hebat di atas. Meski demikian, Indonesia sudah mulai bangkit dan berusaha membuat senjatanya sendiri. Hal ini patut diapresiasi sebesar-besarnya.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA