Niue, Negara Kecil Seluas Medan yang Penuh dengan Keunikan

oleh Rizal
07:01 AM on Nov 12, 2016

Berani taruhan deh, selama hidup kamu mungkin baru sekali ini mendengar negara bernama Niue. Paham banget sih kenapa negara ini nggak dikenal, pasalnya daerahnya memang sangat kecil dan posisi geografisnya seolah tak terjamah. Niue sendiri luasnya cuma sebesar Medan, dan posisinya berada di daerah terpencil Oceania, bertetangga dengan Samoa, Fiji, dan sekitarnya.

Meskipun kecil dan nggak banyak orang tahu, tapi Niue adalah negara yang bisa dibilang unik dan beda dari yang lainnya. Bukan hanya soal alamnya yang jelas kayak surga, tapi juga hal-hal unik lainnya. Entah itu sistem pemerintahan sampai soal mata uang Pokemon mereka.

Baca Juga
6 Efek Mengerikan Akibat Penggunaan Steroid untuk Membesarkan Otot, Cowok-Cowok Buka Mata Deh!
5 Alasan Mengapa Cewek Lebih Bahagia dengan Pria Bertampang Pas-Pasan, Alhamdulilah

Rasanya nggak perlu tambahan opening lagi ya. Yuk, langsung saja kita jelajahi negara unik satu ini lewat fakta-fakta menariknya berikut.

Sistem Pemerintahan Niue yang Bikin Bingung

Adalah hal yang cukup bikin bingung kalau membahas sistem pemerintahan negara satu ini. Pada dasarnya, Niue adalah negara merdeka yang berdiri sendiri, tapi untuk urusan pemerintahan mereka ternyata numpang negara lain, yakni Selandia Baru. Jadi, segala hal yang berhubungan dengan kebijakan di Niue diputuskan oleh pemerintah Selandia Baru.

Sistem pemerintahan Niue [Image Source]
Sistem pemerintahan Niue [Image Source]
Jadi, gampangnya, anggaplah Niue seperti franchise kebab. Nah, Selandia Baru adalah pemilik brand yang punya hak untuk mengatur kebijakan di semua cabang franchise-nya. Untuk alasan kenapa Niue menggantungkan pemerintahan ke Selandia Baru, mungkin karena keduanya terikat hubungan yang sangat kuat. Entah di masa lalu atau hari ini.

Wilayahnya Terlalu Kecil untuk Disebut Negara

Dari semua negara yang ada, Niue mungkin salah satu yang paling kecil di dunia. Berdasarkan data, luas daerah satu ini hanya 260 kilometer persegi yang hampir sama seperti luas Medan atau sedikit lebih lebar dari Malang. Lantaran luasnya yang hanya seuplik itu, Niue sendiri agak susah untuk mendapatkan pengakuan sebagai negara.

Lokasi Niue [Image Source]
Lokasi Niue [Image Source]
Ya, ternyata nggak semua negara di dunia mengakui Niue lho. Jepang misalnya, selama bertahun-tahun negara satu ini tak pernah menyematkan Niue di peta dunianya. Baru pada bulan Mei 2015 lalu mereka memasukkan Niue. Tak hanya mengakui eksistensi, Jepang sendiri berniat untuk menjalin kerja sama dengan negara berpenduduk tak lebih dari 1.500 orang itu.

Mata Uang Pokemon

Seiring dengan maraknya game berbasis reality bernama Pokemon Go, membuat banyak pemainnya mulai mengenal Niue. Apa hubungannya? Mungkin agak susah dipercaya ya, tapi Niue punya mata uang bergambar Pikachu dkk. Makanya, hal unik itu menyita perhatian para pemburu Pokemon dunia.

Mata uang Pokemon Niue [Image Source]
Mata uang Pokemon Niue [Image Source]
Serius, negara ini pernah menerbitkan uang bergambar Pokemon dengan bentuk koin. Tapi, belum diketahui apakah uang itu hanya koleksi atau memang sah dipakai untuk bertransaksi. Tapi, yang jelas mata uang Pokemon tersebut memang dibuat oleh pemerintah Niue. Tak hanya Pokemon sih, dalam peringatan-peringatan khusus, Niue juga kadang mengeluarkan uang koin edisi Disney dan sebagainya.

Punya WiFi yang Menjangkau Satu Negara

Bagi mereka yang nggak bisa hidup tanpa wifi, Niue pastilah dianggap seperti surga. Alasannya nggak lain karena negara ini punya wifi yang mencakup satu negara. Jadi, tak peduli kamu ke kamar mandi atau berjemur di pantai-pantai Niue, sinyal wifi akan selalu didapatkan. Enak, ya?

Wifi menjangkau seluruh wilayah [Image Source]
Wifi menjangkau seluruh wilayah [Image Source]
Program yang bernama WiFi Nation ini sendiri sudah diadakan sejak dulu sekali. Tujuannya mungkin untuk membuat warga Niue lebih melek soal informasi dan nggak merasa terisolasi karena lokasi geografisnya yang antah berantah itu. Lantaran wifi tersedia dan hanya tinggal pakai, penduduknya pun nggak perlu beli atau langganan paket data. Ah, kapan ya Indonesia bisa seperti ini?

Negara dengan Penjara Paling Sepi di Dunia

Meskipun jauh dari tetangga, bukan berarti Niue tidak bahagia. Negara ini mungkin bisa dibilang sebagai yang paling adem ayem di dunia. Salah satu alasannya adalah karena Niue sangat jarang adanya penjahat, terbukti dengan penjara-penjara mereka yang kosong melompong.

Penjara Niue sepi [Image Source]
Penjara Niue sepi [Image Source]
Pemerintah sudah menyiapkan sel-sel di sana, tapi hingga hari ini tak ada penghuninya. Kalau dilihat dari tabiat orang Niue sendiri, hal tersebut memang bukanlah sesuatu yang mengherankan. Ya, penduduk Niue rata-rata dikenal sangat ramah dan baik hatinya. Mereka juga sangat ringan tangan termasuk kepada para wisatawan asing.

Sebagai penutup, ada satu hal lagi yang harus kamu tahu soal Niue ini. Ya, apalagi kalau bukan alamnya. Di sini benar-benar pulau surga di mana alamnya sangat luar biasa, terutama pantai dan lautnya. Sudah banyak yang mampir ke sini dan kepincut oleh pesonanya yang aduhai. Bahkan beberapa spot di sana sangat jarang ditemui di dunia.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA