Negara-Negara Ini Begitu Kaya akan Minyak, tapi Penduduknya Hidup Dalam Nestapa Luar Biasa

oleh Rizal
12:34 PM on Oct 28, 2016

Ada sebuah anggapan yang mengatakan kalau negara kaya minyak itu pastilah makmur luar biasa. Ya, anggapan ini bisa dikatakan benar. Kalau tak percaya ya tinggal tengok saja Brunei, Qatar, atau Arab Saudi yang kehidupan masyarakatnya begitu nyaman dan terjamin. Padahal dulunya negara-negara itu biasa-biasa saja bahkan miskin. Minyak yang membuat mereka bisa berubah seperti itu.

Negeri kaya minyak = makmur, anggapan ini memang benar tapi sebenarnya tidak mutlak. Pasalnya, di dunia ini ada juga negara yang begitu kaya akan minyak namun kehidupan masyarakatnya jauh dari kata nyaman dan makmur. Justru sebaliknya, melimpah minyak tetap membuat mereka terseok-seok kehidupannya.

Baca Juga
4 Bangunan Bersejarah Umat Manusia yang Hancur Gara-Gara Keangkuhan ISIS
5 Sepeda Balap Termahal di Dunia yang Harganya Bisa Bikin Kamu Miskin dalam Sekejap

Tentu jadi tanda tanya besar ya kenapa bisa berbeda seperti itu? Jawabannya sendiri tentu beragam dan tidak sederhana. Kesampingkan itu untuk sejenak, karena kali ini kita bakal bahas negara-negara kaya minyak tapi sengsara. Jadi, siapa saja negara-negara ini? Simak ulasannya berikut.

Irak, Punya Minyak Melimpah tapi Penduduknya Miskin

Ladang minyak di Irak [Image Source]
Ladang minyak di Irak [Image Source]
Irak adalah salah satu negara dengan cadangan minyak terbanyak di dunia. Tidak diketahui dengan pasti jumlahnya, namun diperkirakan sangat banyak. Forbes sendiri pernah menulis kalau saking banyaknya minyak di sana, per satu orang bisa mendapatkan uang sampai $515.382 atau sekitar Rp. 6,7 miliar. Namun, kenyataan yang terjadi justru sebaliknya. Alih-alih mendapatkan kekayaan sejumlah itu, kemiskinan begitu lekat dengan masyarakatnya. Belum lagi soal konflik hebat yang terjadi di tengah-tengah mereka yang membuat kehidupan semakin nestapa.

Libya, Mantan Negara Kaya yang Jatuh Miskin

Kilang minyak di Libya [Image Source]
Kilang minyak di Libya [Image Source]
Sebenarnya tak pantas memasukkan Libya di daftar ini. Pasalnya, negara Afrika satu itu begitu kaya dan makmur. Tapi, itu dulu, ketika Libya masih di bawah komando seorang Khaddafi. Kini, nasib Libya sudah berubah 180 derajat pasca kisruh yang menewaskan sang pemimpin. Soal minyak, Libya memang memilikinya dalam jumlah besar. Bahkan sampai hari ini merekalah negeri berminyak paling banyak di Afrika. Namun, lagi-lagi kekayaan melimpah itu tak membuat penduduknya makmur. Kini Libya masih seperti belum jelas mau ke mana.

Turkmenistan, Super Kaya Tapi Penduduknya Sengsara

Kilang Minyak di Turkmenistan [Image Source]
Kilang Minyak di Turkmenistan [Image Source]
Turkmenistan tidak pernah terpancang namanya di daftar teratas negara paling makmur. Justru yang terjadi adalah sebaliknya, negara ini miris bin ngenes apalagi memandang kemiskinan di sana yang mungkin lebih parah daripada Indonesia. Sebenarnya segala ketidakmakmuran dan kemiskinan di sini adalah hal yang aneh. Pasalnya, Turkmenistan ternyata sangat kaya cadangan minyak. Bahkan jumlahnya diperkirakan jutaan barel. Entah, bagaimana negara satu ini bisa tidak makmur padahal cadangan minyak mereka sangat melimpah.

Venezuela, Si Raja Minyak yang Terpuruk

Ladang minyak Venezuela [Image Source]
Ladang minyak Venezuela [Image Source]
Minyak tak hanya ada di tanah Arab dan sekitarnya, tapi juga jauh di benua Amerika sana, tepatnya di Venezuela. Ya, negara penghasil Miss Universe terbanyak ini begitu kaya akan minyak. Serius, di sana minyak begitu murah dan melimpah, bahkan kesannya sampai dibuang-buang saking banyaknya. Venezuela kaya minyak, tapi hal tersebut ternyata tidak menjamin rakyatnya hidup makmur. Hari ini, kehidupan di Venezuela sangat susah. Di sana terjadi krisis ekonomi tak karuan yang menyebabkan kehidupan menjadi tidak menentu. Soal harga, serius, di sana itu sangat mahal. Bahkan air sendiri lebih mahal dari minyak.

Indonesia sendiri bisa juga lho dimasukkan ke dalam daftar ini. Alasannya, kamu tahu sendiri kalau negara kita ini sebenarnya juga lumayan kaya akan minyak. Namun, kehidupan masyarakat di sini pun ya tidak semakmur Qatar atau Brunei. Padahal, selain minyak kita pun juga punya segala macam sumber daya lainnya, termasuk emas yang melimpah ruah. Ini jelas jadi tanda tanya besar.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA