5 Negara Dengan Kekuatan Militer Mematikan Tapi Hanya Punya Seuplik Pasukan

oleh Rizal
14:19 PM on Jun 1, 2016

Ada banyak sektor yang jadi parameter militer sebuah negara dikatakan kuat atau tidak. Selain jenis alutsista dan jumlahnya, salah satu pokok militer terpenting adalah infantri alias tentara. Mungkin memang benar peralatan adalah yang utama, tapi bagaimana pun peran seorang serdadu takkan pernah bisa digantikan. Bahkan meskipun robot militer canggih dikembangkan, mereka takkan pernah bisa mengungguli insting dan naluri tentara.

Fix, tentara adalah faktor penting bagi kekuatan militer sebuah negara. Dari hal itu juga kita bisa berkesimpulan kalau makin banyak tentara, itu artinya sebuah negara bisa dikatakan makin kuat. Nah, berhubungan dengan hal tersebut, siapa sangka jika nyatanya banyak negara-negara dengan pamor militer dewa tak memiliki banyak tentara. Mereka kalah jumlah dari negara-negara yang militernya biasa-biasa saja.

Baca Juga
5 Sepeda Balap Termahal di Dunia yang Harganya Bisa Bikin Kamu Miskin dalam Sekejap
Inilah 4 Negara yang Dulunya Kaya Raya namun Sekarang Terluntah Akibat Korupsi

Jadi, mana saja negara dengan peringkat militer oke tapi punya jumlah tentara yang sedikit? Simak ulasannya berikut.

1. Australia, Tentaranya Ternyata Sedikit Sekali

Australia bisa dibilang merupakan negara yang basis militernya kuat. Berdasarkan statistik, mereka ada di peringkat 23 dunia. Soal alutsista, Australia juara apalagi skuadron pesawatnya yang benar-benar terdepan. Tapi, meskipun kuat dan sangar, Australia nyatanya hanya memiliki pasukan yang sangat sedikit.

Tentara Australia [Image Source]
Tentara Australia [Image Source]
Merujuk data dari Global Fire Power, Australia menempati peringkat 67 dunia soal jumlah tentara. Total serdadu mereka hanya sekitar 60 ribu orang saja yang aktif dan siap perang. Jumlah ini bisa dibilang ecek-ecek, karena banyak negara dengan militer biasa yang mengungguli mereka. Sebut saja Belarus, Uzbekistan, bahkan Yaman.

2. Kanada, Negara Besar Dengan Tentara yang Kecil Alias Sedikit

Kalau dilihat dari tabel peringkat militer secara keseluruhan, Kanada berada di peringkat 22 alias satu tingkat di atas Australia. Seperti yang kamu tahu, negara raksasa satu ini juga sangat diperhitungkan di dunia untuk urusan militer. Tercatat, Kanada memiliki kelengkapan tempur yang luar biasa.

Tentara Kanada [Image Source]
Tentara Kanada [Image Source]
Sayangnya, meskipun mumpuni soal alutsista, tapi Kanada miris tentara. Mereka hanya berada di peringkat 52 dunia dengan jumlah personel aktif sejumlah 95 ribu orang saja. Jumlah ini bisa dibilang miris untuk sekelas negara militer dewa. Mereka kalah dengan Nepal bahkan Kazakhstan.

3. Inggris, Jagoan Eropa yang Tentaranya Sedikit

Inggris mungkin bukan yang terkuat, tapi mereka punya pamor dan juga kekuatan hebat. Militer mereka ada di peringkat 6 dunia membawahi banyak sekali negara-negara hebat di muka bumi. Hal ini cukup masuk akal mengingat Inggris memang selalu terdepan soal militer.

Tentara Inggris [Image Source]
Tentara Inggris [Image Source]
Inggris boleh berjaya, tapi tunggu dulu soal jumlah tentara. Ya, siapa sangka negara satu ini ternyata punya tentara yang jumlahnya miris. Mereka berada di peringkat 38 dengan total tentara aktif hanya 150 orang. Inggris kalah telak dengan Ethiopia dan Kongo yang punya tentara lebih banyak.

4. Israel, Negara Dengan Militer Jemawa Tapi Miris Tentara

Meskipun luas negaranya hanya seuplik, tapi tak bisa dipungkiri jika Israel adalah salah satu pemilik militer paling oke di dunia. Mereka ada di peringkat 16 dunia dan masih yang paling ditakuti di Timur Tengah. Keunggulan Israel adalah alutsistanya yang benar-benar mutakhir dan juga banyak jumlahnya. Meskipun begitu, soal tentara mereka miris.

Tentara Israel [Image Source]
Tentara Israel [Image Source]
Ya, Israel, si negara hebat satu ini ada di peringkat 35 negara dengan jumlah militer terbanyak. Jumlah tentara aktif mereka hanya sekitar 160 ribu orang saja. Soal jumlah tentara negara Yahudi ini kalah pamor dari Yunani dan Sri Lanka.

5. Perancis, Sang Jawara Eropa yang Miskin Tentara

Saat ini Perancis ada di peringkat lima negara dengan militer terkuat. Meskipun tidak berada di peringkat puncak, tapi militer negara ini bisa dibilang yang paling kuat di Eropa. Perancis memang sangat disegani apalagi melihat dari sejarah mereka sebagai bangsa yang besar.

Tentara Perancis [Image Source]
Tentara Perancis [Image Source]
Pamor Perancis luar biasa hebat, tapi soal tentara negara ini ternyata juga miris. Mereka berada di peringkat 27 negara tentara terbanyak dengan jumlah serdadu mencapai 205 ribu orang. Perancis secara peringkat, dibekuk oleh negara-negara lemah macam Sudan Selatan dan Filipina.

Cukup aneh, ya? Mereka semua ini adalah negara dengan peringkat yang tinggi-tinggi, tapi nyatanya punya tentara yang jumlahnya miris. Lalu bagaimana dengan Indonesia? Kita boleh bangga karena negara ini berada di peringkat 10 dengan jumlah tentara mencapai 476 ribu personil. Meskipun demikian, Indonesia masih kalah telak dengan AS dan Tiongkok yang menduduki peringkat dua dan pertama soal jumlah tentara.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA