5 Negara Ini Diprediksikan Akan Hancur 20 Tahun Lagi, Indonesia Bagaimana?

oleh Rizal
08:06 AM on Apr 2, 2016

Ibarat kurs uang yang selalu fluktuatif, kita tidak benar-benar bisa memprediksi jaya dan hancurnya sebuah negara. Boleh jadi saat ini sebuah negara dikatakan jemawa, tapi belum tentu hal yang sama akan tetap bertahan puluhan tahun ke depan. Yang jelas, kemunduran pasti akan terjadi.

Indonesia sendiri mungkin boleh dikatakan stabil saat ini, namun belum tentu negara kita akan sama seperti sekarang beberapa tahun lagi. Bisa makin sangar atau sebaliknya. Kondisi yang berbeda dialami oleh beberapa negara ini. Para pakar dengan analisanya memprediksi kuat kalau beberapa negara tersebut bakal tidak sanggup bangkit lagi di masa depan. Dengan banyaknya hal yang akan terjadi ke depan, banyak negara diprediksikan akan mengalami semacam kehancuran, bahkan hilang seketika eksistensinya.

Baca Juga
Inilah 4 Negara yang Dulunya Kaya Raya namun Sekarang Terluntah Akibat Korupsi
6 Alasan Kenapa One Piece Nggak Pernah Bikin Penggemar Bosen Meski Sudah 20 Tahun

Hanya dalam rentang 20 tahun ke depan beberapa negara ini diprediksi akan hancur. Apa alasannya? Ulasan berikut akan memberikan jawabannya.

1. Spanyol, Negara Besar yang Ternyata Merana

Cukup mengejutkan mendapati nama Spanyol di sini. Pasalnya, pamor negara ini sangat mentereng di Eropa bahkan dunia. Namun siapa sangka di balik hal tersebut, Spanyol ternyata menderita banyak luka. Bahkan dikatakan, gara-gara hal tersebut negara ini kemungkinan lenyap dalam 20 tahun lagi.

Catalonia [Image Source]
Catalonia [Image Source]
Ada banyak alasannya kenapa bisa seperti itu. Misalnya soal hutang mereka yang mencapai 94% dari GDP negara. Tinggal beberapa persen saja sampai Spanyol akan seperti Yunani yang kolaps dan bangkrut itu. Faktor lainnya adalah munculnya gerakan independen dari sebuah wilayah bernama Catalonia. Sejak tahun 2013 gerakan ini sudah terkoordinir dengan baik. Dalam 20 tahun, Catalonia mungkin akan berdiri sendiri sebagai sebuah negara dan bisa dipastikan akan mengganyang Spanyol.

2. Hancurnya Korut Bukan Hanya Soal Kim Jong Un

Sudah lama diprediksikan jika Korut takkan bertahan sampai 20 tahun ke depan. Alasan populernya adalah soal Kim Jong Un yang suka seenaknya mengatur negara. Ya, alasan tersebut memang benar, tapi yang  bikin negara tetangga Korsel ini hancur, tak melulu satu itu. Banyak faktor yang lain.

Kemiskinan di Korea Utara [Image Source]
Kemiskinan di Korea Utara [Image Source]
Korut mengisolasi dirinya dari dunia luar seolah mereka bisa apa-apa sendiri. Ya, hari ini mereka bisa bertahan, tapi tidak untuk tahun-tahun ke depan. Korea butuh untuk bertransaksi hal-hal penting ke luar, salah satu yang paling urgent misalnya pasokan bahan makanan. Bersikeras akan membuat mereka hancur lama-lama. Hari ini pun mereka tengah bersiap-siap menghadapi musim kelaparan tahunan.

3. Tiongkok, Negara Besar ini Juga Sangat Mungkin Binasa

Mendapati nama Tiongkok di daftar ini tentu saja sebuah hal yang mengejutkan. Bagaimana tidak, pamor Tiongkok sangat keren di mata dunia. Mulai dari sebutan calon negara adidaya, sampai penyikut Amerika. Namun, di balik kehebatan Tiongkok, negara ini menyimpan masalah fundamental yang amat penting.

Polusi di Tiongkok [Image Source]
Polusi di Tiongkok [Image Source]
Ya, hal tersebut adalah soal lingkungan. Diperkirakan sampai tahun 2030 mendatang, mereka akan kehabisan air sama sekali. Belum lagi soal polusi udara mereka yang konon per tahunnya sudah mematikan ratusan ribu orang itu. Serta masalah pelik lain seperti luasnya gap antara si miskin dan kaya. Ada 82 juta orang miskin di sana, mereka pasti tak hanya akan diam menerima nasib ketika tahu orang-orang kaya makin kaya dengan leha-leha.

4. Libya, Kematian Gaddafi yang Jadi Pukulan Telak

Gaddafi dianggap salah satu diktator paling kejam. Tapi, tak dipungkiri jasanya amat besar bagi Libya. Sejak kematiannya sebagai buah dari aksi pemberontakan, Libya seolah tak tentu arah. Politik negara sudah tidak stabil dan rakyat terbagi berdasarkan wilayah-wilayah.

Kerusuhan di Libya [Image Source]
Kerusuhan di Libya [Image Source]
Diketahui, hingga sekarang ini ada tiga daerah yang membagi Libya, Tripolitania, Cyrenaica dan Fezzan. Orang-orang di tiga daerah ini dikatakan sangat loyal namun hanya kepada daerahnya saja bukan pemerintah pusat. Diperkirakan, orang-orang ini akan berupaya membuat daerahnya berdiri sebagai sebuah negara sendiri. Jika itu terjadi, maka nama Libya pun akan segera menghilang. Masalah seperti ini juga konon mendera Irak yang dikatakan pula bakal lenyap eksistensinya tak lama lagi.

5. ISIS, Negara ini Juga Dipastikan Segera Musnah

ISIS bisa dibilang sebuah negara. Ya, meskipun tak diakui oleh dunia, tapi mereka memenuhi syarat untuk disebut negara. Ada wilayah, ada penduduk, dan juga angkatan militer. ISIS selama ini dianggap sebagai biang kerok dari deretan aksi terorisme jahat, hal tersebut jadi alasan utama kenapa mereka akan hancur sebentar lagi.

ISIS [Image Source]
ISIS [Image Source]
ISIS dihadapkan dengan ancaman dari banyak negara. Tak hanya yang ada di Timur tengah saja seperti Arab Saudi dan Iran, AS juga dikatakan akan melibatkan diri untuk membantu melenyapkan negara satu ini. Tak hanya dihadapkan dengan banyak musuh sekaligus, belakangan ISIS diberitakan mengalami masalah paceklik pendapatan. Hal tersebut sedikit banyak pastinya akan membuat ISIS kelimpungan dan mungkin pada akhirnya akan menyerah.

Prediksi di atas sama sekali bukan mengada-ada, melainkan berdasarkan analisis serta bukti yang ada di lapangan. Kabar baiknya, Indonesia ternyata tidak masuk dalam prediksi ini. Itu artinya negara kita masih akan eksis dan bertahan dalam waktu yang lama. Indonesia sendiri sering diprediksi bakal jadi salah satu negara hebat di dunia. Kapankah itu terjadi? Biarkan waktu yang akan menjawabnya.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA