Selain Prancis 5 Negara Ini Juga Dihancurkan ISIS Sepanjang 2015

oleh Adi Nugroho
15:00 PM on Nov 19, 2015

Sejak kemunculannya, ISIS telah menjadi bencana bagi dunia. Banyak sekali aksi-aksi anarki yang membuat banyak orang tak berdosa mati berjatuhan. Aksi terbaru yang diklaim oleh ISIS adalah peristiwa penembakan massal dan juga tiga ledakan bom bunuh diri di Paris, Prancis. Sebelum Paris menjadi lautan darah, ISIS telah menyerang banyak sekali negara meski tak terlalu menjadi sorotan dunia.

Berikut lima negara selain Prancis yang pernah dibombardir ISIS selama 2015. Korban jiwa dan juga kerusakan yang sangat fatal pun tak bisa terelakkan. Mari kita bahas satu per satu kekejian ISIS yang seharusnya segera dihentikan!

Baca Juga
7 Hal Ini Jadi Alasan Kenapa Wanita Jepang Ogah Menikah
Lolicon, Sindrom Ketertarikan Pada Gadis di Bawah Umur yang Ternyata ‘Berbeda’ dengan Pedophilia

1. Lebanon (12 November 2015) – 43 Orang Meninggal

Sehari sebelum mengacau Paris, ISIS terlebih dahulu membuat Lebanon berguncang. Dua orang yang diduga anggota ISIS melakukan bom bunuh diri pada sebuah pusat perbelanjaan. Setidaknya 43 orang meninggal dunia dan 200 orang lainnya mengalami luka yang sangat parah. Serangan ini adalah yang paling buruk dalam satu tahun terakhir di Lebanon.

Serangan ISIS di Lebanon [image source]
Serangan ISIS di Lebanon [image source]
ISIS mengincar kaum Muslim Syiah yang memiliki banyak milisi yang terlibat saat perang sipil di Suriah. Selain itu Hezbollah yang menguasai dan melindungi Lebanon juga berusaha melindungi pemerintahan Suriah dari ISIS. Itulah mengapa ISIS melancarkan serangan agar Lebanon mengetahui jika ISIS adalah organisasi yang berbahaya.

2. Turki (10 Oktober 2015) – 100 Orang Meninggal

ISIS juga mengguncang Turki dengan ledakan besar dari bom yang dipasangnya. Setidaknya 100 orang meninggal dunia dan 200 lebih lainnya mengalami luka yang parah. Peristiwa ini terjadi saat ada pawai damai tiga minggu sebelum terjadi pemilihan parlemen. Gerombolan orang-orang yang melakukan aksi damai itu akhirnya berakhir dengan mengerikan. Banyak sekali mayat bergelimpangan di jalanan Ankara.

Serangan ISIS di Turki [image source]
Serangan ISIS di Turki [image source]
Pemerintah Turki menjuluki serangan teroris ini sebagai serangan terburuk dalam sejarah Turki. Seperti yang kita tahu sebelumnya jika Turki adalah negara yang memiliki banyak sekali kisruh di negaranya. Mulai dari konflik dengan orang Kurdish, hingga perang melawan ISIS. Namun sayangnya Turki kecolongan hingga ISIS mampu melancarkan serangan membabi buta dengan korban yang tak sedikit.

3. Yaman (Maret-Oktober 2015) – 258 Orang Meninggal

Setidaknya dari Maret hingga Oktober 2015, Yaman dikacaukan oleh ISIS sebanyak 5 kali. Serangan pertama terjadi di Masjid orang Syiah Zaydi. Setidaknya 130 orang jemaah yang sedang melakukan ibadah tewas di tempat. Serangan ini ternyata telah diatur hingga saat eksekusi korbannya banyak berjatuhan. Selain itu ISIS juga kerap menculik puluhan tentara Yaman untuk dieksekusi dalam sebuah video.

Serangan ISIS di Yaman [image source]
Serangan ISIS di Yaman [image source]
Dua serangan terakhir yang dilakukan ISIS di Yaman membunuh setidaknya 50 orang lebih. Targetnya selalu saja Masjid yang menjadi tempat berkumpulnya orang-orang Muslim. Bahkan saat Sholat Idul Adha, ISIS meledakkan dua bom di luar masjid. Mereka ingin mengacaukan hari raya umat Islam yang harus dihabiskan dengan suka cita.

4. Mesir (Januari-November 2015) – Lebih dari 70 Orang Meninggal

Barangkali Mesir adalah negara yang paling sering diserang oleh ISIS. Setidaknya sepanjang 2015 saja ada lebih dari 10 serangan. Serangan pertama yang dilakukan oleh ISIS dengan memasang bom di tempat strategis. Setidaknya 24 orang tentara, 6 anggota polisi, dan 14 warga sipil meninggal dunia. Tak lama berselang sebuah teroris yang berada di bawah ISIS secara terus-menerus melancarkan bom mobil hingga puluhan orang meregang nyawa dengan sia-sia.

Serangan ISIS di Mesir [image source]
Serangan ISIS di Mesir [image source]
Selain menyerang fasilitas umum, ISIS juga menyerang kantor-kantor pemerintahan di Mesir. Organisasi ini ingin membuat Mesir lemah secara perlahan-lahan. Serangan terbaru yang dilakukan ISIS di Mesir berlangsung 4 November 2015 lalu dengan korban empat polisi dan melukai puluhan lainnya. Serangan yang banyak terjadi di Mesir ternyata tak begitu dihiraukan oleh dunia. Berbeda dengan serangan Paris yang langsung mendapat respons seluruh lapisan masyarakat di dunia, bahkan Indonesia.

5. Arab Saudi (Mei-Agustus 2015) – Lebih dari 40 Orang Meninggal

Arab Saudi pun tak luput dari serangan ISIS yang sangat brutal. Setidaknya 21 orang meninggal dunia saat ISIS mengirim anggotanya untuk melakukan bom bunuh diri. Serangan ini diklaim sebagai serangan resmi ISIS kepada Arab Saudi. Mereka meledakkan bom di Masjid milik Muslim Syiah saat mereka sedang melakukan solat di siang hari.

Serangan ISIS di Arab Saudi [image source]
Serangan ISIS di Arab Saudi [image source]
Seminggu berselang, serangan yang sama juga dilancarkan ISIS hingga membunuh 3 orang dan melukai puluhan lainnya. Lagi-lagi mereka mengincar Masjid Syiah saat ibadah sedang dilakukan. Seorang yang melakukan eksekusi bom bunuh diri menyamar jadi wanita lalu berdiri dan masuk ke dalam masjid yang sedang penuh dengan jemaah. Kejadian ini membuat pemerintah Arab Saudi marah besar dan mulai melakukan perburuan terhadap ISIS.

Itulah lima negara yang juga dihancurkan oleh ISIS sepanjang 2015. Mereka menyerang siapa saja yang dianggap tidak sesuai dengan ideologinya. Tak peduli agama apa yang diyakini. So, jangan pernah samakan ISIS dengan Islam. Karena teroris tidak memiliki agama. Mereka hanya kumpulan orang jahat yang tidak tahu belas kasihan kepada sesama.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya 5 Bercandaan Presiden Soekarno yang Lebih Kocak Dari Stand Up Comedy Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri
BERITA TERKAIT
BACA JUGA