in

5 Negara Besar Tapi Memiliki Paling Banyak Utang di Dunia

5. Singapura, Rasio Utang Sebesar 105.5%

Secara geografis, Singapura memang tercatat sebagai negara kecil. Namun secara ekonomi, mereka memiliki kemampuan yang tidak bisa diremehkan. Perekonomian yang bergairah juga membuat utang negara ini termasuk salah satu yang paling tinggi di Dunia.

Singapura
Singapura [ImageSource]
Saat ini rasio utang Singapura mencapai 105.5% atau sekitar 310 milyar dolar AS. Jika dihitung per kepala, maka satu penduduk Singapura mempunyai hutang sekitar 750 juta rupiah. Meski begitu, di kawasan Asia, Singapura menjadi salah satu negara dengan perekonomian paling tangguh.

Bagaimana dengan Indonesia? Rasio utang pemerintah Indonesia hingga akhir 2014 mencapai 25.9% dari PDB. Hingga Mei 2015, total utang pemerintah Indonesia mencapai 2.843 trilliun. Jumlah itu naik 62.28 triliun dari bulan sebelumnya.

Baca Juga : 10 Negara Paling Dermawan pada ‘Negeri Tetangga-nya’

Mata uang kita juga terus mengalami kelemahan akibat penguatan nilai dolar. Dolar semakin menanjak akibat perekonomian AS yang semakin membaik sejak resesi di tahun 2008. Mari kita dukung kebijakan pemerintah agar stabilitas ekonomi negara ini kembali terjaga.

Written by Centralismo

Leave a Reply

7 Fakta Unik Tentang Brasil yang Tidak Ada di Negara Lain

7 Film Pencetak Box Office Paling “Laki” Sepanjang Sejarah!