5 Negara Besar Tapi Memiliki Paling Banyak Utang di Dunia

oleh Centralismo
13:45 PM on Sep 7, 2015

Kemampuan sebuah negara untuk membayar utang biasanya dilihat dari rasio jumlah hutang dan dibandingkan dengan pendapatan domestik bruto (PDB). Biasanya hutang ini digunakan untuk membiayai proyek atau digunakan pemerintah untuk menstimulasi perekonomiannya. Jika sebuah negara memiliki utang sesuai dengan kemampuannya membayar, hal tersebut tidak masalah. Namun, sering kali sebuah negara memiliki jumlah hutang di luar kemampuan membayarnya.

Baca Juga : 7 Negara Dengan Kasus Asusila Pada Wanita Paling Mengerikan di Dunia!

Baca Juga
Ternyata Beberapa Negara Ini Benderanya Terinspirasi Dari Majapahit Loh, Mana Saja Tuh
Bikin Emosi! Rombongan Pemuda Indonesia Ini Malah Sengaja Membentangkan Bendera Secara Terbalik

Dilansir majalah Forbes, pada Juli lalu, di dunia ini terdapat 5 negara dengan rasio hutang tertinggi. Rasio hutang mereka berada di atas 100% dibanding PDB-nya. Berikut adalah 5 negara dengan rasio hutang tertinggi, termasuk salah satunya negara yang dinyatakan bangkrut yaitu Yunani.

1. Jepang, Rasio Utang Sebesar 272.2%

Perekonomian negeri sakura ikut terseret arus resesi global. Meski begitu, perekonomian Jepang masih mengalami banyak kemajuan semenjak kepemimpinan menteri Shinzo Abe. Jepang masih terus berusaha mengembangkan sektor ekonominya, khususnya sektor teknologi, di mana mereka bersaing ketat dengan Korea Selatan.

Jepang
Jepang [ImageSource]
Meskipun demikian, rasio utang Jepang terhadap produk domestik bruttonya masih menjadi yang tertinggi di dunia yaitu sebesar 272.2%. Angka rasio hutang mereka terus menanjak, setelah beberapa bulan sebelumnya berada di kisaran 245,5%. Kenaikan utang ini disebabkan oleh kebijakan ofensif Abe yang memperbesar belanja pemerintah demi pertumbuhan ekonomi.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA