Siapa Sangka, Negara Afrika Ini Ternyata Sangat Kaya dan Penuh Bangunan Mewah

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Jan 8, 2017

Selama ini begitu mendengar kata Afrika apa yang ada di pikiran Anda? Yap, Afrika memang selalu identik dengan kemiskinan, konflik, kelaparan, dan hal-hal yang bertolak belakang dengan negara maju. Afrika selalu identik dengan kemunduran sehingga rasanya sangat mustahil ada negara yang bisa maju dan kaya baik secara finansial maupun bidang lain seperti pariwisata.

Anyway, anggapan yang menempel di benak banyak orang itu ternyata tidak sepenuhnya benar. Afrika memang gudangnya hal-hal negatif yang telah di sebutkan di atas. Namun, di beberapa negara, kemewahan tetap masih ada. Bangunan, tempat wisata, hingga gaya hidup masyarakatnya pun sudah sangat modern. Oh ya, ini lo negara Afrika yang ternyata kaya raya.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

1. Nigeria

Negara-negara yang mulai berkembang di Afrika menggunakan sektor perdagangan, agrikultur, human resouces, dan tambang sebagai sumber pendapatan negara. Dengan menguasai komponen penting itu, negara seperti Nigeria yang terletak di kawasan Afrika sebelah Barat mulai maju, bahkan bisa menungguli Mesir yang terlebih dahulu berkembang.

Nigeria [image source]
Nigeria memiliki cukup banyak kerja sama dalam bidang perdagangan dengan negara di Afrika dan juga raksasa Amerika. Banyak sumber daya alam dari Nigeria di ekspor ke Amerika sehingga negara adidaya itu menyuntikkan banyak modal ke negeri itu. Oh ya, dalam beberapa tahun ke depan, Nigeria akan menjadi negara papan atas dunia, mungkin kejar-kejaran dengan Indonesia.

2. Mesir

Tidak bisa dimungkiri lagi kalau Mesir menjadi salah satu pentolan paling atas sebagai negara paling kaya di Afrika. Sebagai negara yang memiliki cukup banyak sumber daya alam berupa minyak bumi, Mesir cukup mampu membangun kota-kota menjadi sangat besar. Negara ini mampu mampu memanfaatkan apa yang ada menjadi pemasukan yang sangat besar.

Mesir [image source]
Selain dari minyak bumi, pemasukan utama dari Mesir adalah bidang pariwisata. Setiap tahun jutaan orang dari seluruh dunia datang untuk menyaksikan piramida yang indah dan juga makam dari firaun yang menguasai daratan itu selama ribuan tahun. Pemasukan selanjutnya dari Mesir didapat dari Terusan Suez. Kapal yang melintas harus membayar pajak sehingga sektor ini memberikan pemasukan yang sangat besar.

3. Afrika Selatan

Afrika Selatan atau negerinya Nelson Mandela adalah salah satu negara di Afrika yang menjadi destinasi unggulan para turis. Setiap tahun, jutaan orang akan mengunjungi Afrika sehingga negeri ini akan dipenuhi oleh orang bermata biru, berkulit putih, dan berambut pirang. Sangat kontras dengan penduduk asli yang berkulit gelap dan bekerja serabutan di sektor pertanian.

Afrika Selatan [image source]
Afrika Selatan mendapatkan banyak pemasukan dari sektor pariwisata. Banyak investor menanamkan modal di sana dan mempekerjakan orang asing pula. Akibat aksi ini, ketimpangan sosial di Afrika Selatan menjadi sangat besar. Gap antara si miskin dan si kaya sangat jauh sehingga tindak kriminal kerap terjadi. Aksi pembunuhan dan pencurian di Afrika Selatan menjadi tinggi karena banyak warga lokal merasa diperlakukan dengan tidak adil.

4. Algeria

Terletak di kawasan utara Afrika yang dekat dengan Eropa, Algeria dikenal sebagai negara yang cukup kaya. Bahkan bisa sebanding dengan Mesir yang peradabannya sudah terbangun sejak ribuan tahun yang lalu. Algeria memiliki satu kota bernama Algiers yang merupakan kota terbesar di dunia dan memiliki potensi yang sangat menakjubkan terutama bidang sejarah, arkeologi, dan pariwisata.

Algeria [image source]
Yang menyebabkan negeri ini menjadi maju dan mampu membangun kota-kotanya menjadi megah adalah industri bidang energi. Dengan industri ini, negeri ini mampu mengekspor produknya ke pasar dunia dan mendapatkan income yang sangat besar. Oh ya, meski negeri ini kaya, tingkat pengangguran pada anak mudanya juga sangat tinggi.

Inilah negara di Afrika yang ternyata sangat kaya dan dipenuhi bangunan mewah dan megah. Di negeri ini kebudayaan modern telah berkembang sehingga Afrika mulai berbenah menuju arah yang lebih baik. Hebat!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA