in

Dulu Sempat Mengaku Nabi, Seperti Ini Nasib Ahmad Musaddeq dan Para Petinggi Gafatar Sekarang

Tahun lalu, aliran Gafatar yang dianggap sesat oleh pemerintah, sempat menjadi bahan perbincangan di kalangan netizen. Ya, pasalnya sang pemimpin ajaran tersebut, Ahmad Musaddeq mengaku adalah seorang nabi yang diutus menyebarkan kepercayaan yang dianut. Alhasil karena sangat bertentangan dengan aqidah ajaran agama yang ada, Gafatar pun dicap sesat dan harus dibubarkan.

Sudah hampir satu tahun berlalu, kira-kira bagaimana ya kabar ajaran sesat itu sekarang? Apakah Ahmad Musaddeq masih gencar mengajarkan apa yang dianut? Atau malah sebaliknya, dia bertobat dan kembali ke jalan yang benar. Penasaran dengan keadaannya sekarang? Simak ulasan berikut.

Komunitas Gafatar Sendiri sudah resmi bubar sejak 2015

Semenjak berita mengenai organisasi yang dianggap sesat ini viral di masyarakat, beberapa pihak mendesak agar Gerakan Fajar Nusantara atau biasa disingkat Gafatar agar membubarkan diri. Sebenarnya semua itu dilakukan selain untuk menghindari penyebaran ajaran Gafatar yang dianggap sesat itu, juga untuk melindungi para penganutnya sendiri.

Organisasi gafatar [image source]
Pasalnya banyak sejarah kelam beberapa para pengikut aliran sesat yang bersih kukuh mengikuti ajarannya akan terkena penghakiman massa. Alhasil, organisasi Gafatar sudah bubar secara resmi tahun 2015, para pengikutnya pun sudah kembali berbaur di masyarakat dan memilih bertaubat.

Tidak semua eks Gafatar langsung diterima

Ternyata tidak semua para eks Gafatar bisa dengan mudah kembali pada masyarakat terutama mereka yang berada di Kalimantan. Ya, di sana para eks Gafatar dulu mengalami pengusiran dan pembakaran rumah-rumah mereka. Alhasil para mantan penganut agama yang di pimpin oleh Ahmad Musaddeq itu harus mengungsi di ke beberapa daerah di Indonesia seperti Surabaya dan Jakarta.

Nasib eks Gafatar [image source]
Di tempat pengungsian itu pun masih banyak kendala yang dihadapi, semisal bantuan yang tak kunjung datang, truma, serta kekhawatiran jika kelak mereka tidak lagi diterima oleh masyarakat. Beruntung masalah ini dapat diselesaikan, meskipun membutuhkan waktu yang sedikit lama karena banyaknya kendala.

Sang pengajar aliran tersebut, mengaku pernah melakukan tobat

Siapa sangka kalau Ahmad Musaddeq sebagai penyebar aliran yang dianggap sesat itu pernah beberapa kali melakukan pertobatan. Hal ini terjadi tepatnya tahun 2007 saat Ahmad Musaddeq kalah debat dengan Said Aqil ketua pengurus PBNU hingga akhirnya mengaku ingin kembali ke jalan yang benar.

Ahmad Musaddeq [image source]
Akan tetapi  yang ada justru ajaran Qiyadah al-Islamiyah (nama sebelum Gafatar) justru malah berkembang secara diam-diam untuk menambah pengikut serta mengajak mereka untuk berkumpul ke Kalimantan supaya aman. Alhasil gerakan Gafatar mulai tercium terutama dari salah satu akun media sosialnya dan dicap menyebarkan aliran sesat oleh pemerintah dan MUI.

Lalu bagaimana nasib si Ahmad Musaddeq sendiri?

Sang kepala dari organisasi dan aliran ini akhirnya harus bersiap menempati hotel prodeo karena dianggap menyebarkan ajaran sesat dan penodaan agama. Tepat pada bulan Maret lalu, Musaddeq dan para petinggi Gafatar divonis dengan hukuman lima tahun penjara sebagai ganjaran atas perbuatannya. Namun uniknya meskipun Gafatar sudah bubar secara resmi, namun para pendukung Musaddeq juga masih banyak ditemui pada sidang itu yang datang dari berbagai daerah.

Para pimpinan Gafatar [image source]
Meskipun sudah divonis, beberapa kali pentolan Gafatar ini ingin mengajukan banding, namun sepertinya hal itu tidak pernah dilakukan hingga sekarang. Hukuman lima tahun ini dianggap sebagai vonis pada Musaddeq yang paling lama mengingat dulu pada awal penyebaran agamanya di tahun 2007, dia pernah mendekam dua tahun di penjara.

Dan ya, itulah keadaan sang pemimpin dan ajarannya yang sempat menghebohkan Indonesia itu.   Entah sampai sekarang Gafatar sendiri masih ada atau tidak, tak diketahui secara jelasnya. Namun yang pasti kita mesti lebih jaga diri agar tidak terjerumus pada ajaran-ajaran aneh yang mungkin saja menyebar saat ini.

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

5 Nugget Pisang yang Lagi Happening se-Nusantara Ini Bakal Membuatmu Merem Melek Saking Enaknya

Fenomena Bahasa Jawa di Bandara Dubai, Keunikannya yang Dicintai Bikin Kita Bangga