in

10 Nama Asli Band Indonesia Paling Mempengaruhi Corak Musik Tanah Air Era 90-an

9. Padi

Sempat menjadi band pembuka grup band Gigi, kelompok musik yang diisi oleh Fadly (vokal), Ari (gitar), Piyu (gitar), Rindra (bass) dan Yoyo (drum) ini ternyata juga pernah memiliki nama awal sebelum bernama Padi, yaitu Soda.

Padi [image source]
Padi [image source]
Hampir bersamaan melejitnya dengan Sheila on Seven, Padi berhasil menarik perhatian banyak pecinta musik di Tanah Air karena lagu-lagu yang mereka bawakan sangat easy-listening dan bernuansa beda dari kebanyakan musisi atau band di Indonesia pada saat itu.

10. Dewa

Grup band yang berasal dari Surabaya ini dibentuk pada tahun 1986 yang meraih kesuksesan dan menyaingi Slank di era 90-an. Dengan mengusung nama band DeWA 19, grup satu ini selalu meraup untung besar ketika mengeluarkan album atau manggung di banyak tempat di Indonesia.

Dewa [image source]
Dewa [image source]
Setelah beberapa anggota aslinya keluar, DeWA 19 berganti nama menjadi Dewa di era tahun 2000-an namun tetap menjaga kualitas musik mereka. Bahkan di tahun 2008, Dewa masuk dalam kategori “The Immortals: 25 Arti Indonesia Terbesar Sepanjang Masa” versi majalah musik Rolling Stone.

BACA JUGA: Dara Puspita, Band Wanita Indonesia Pertama di Balik Lagu ‘Surabaya’ yang Berhasil Merambah Eropa

Selain band-band di atas, memang ada beberapa grup lainnya yang juga berpengaruh terhadap warna musik di Indonesia di era 90-an, seperti Gigi, Java Jive, Kahitna, Basejam dan masih banyak lagi.

Written by Diah

Leave a Reply

5 Perang Kapal Selam Paling Mengerikan ini Membuat Laut Menjadi Medan Pertempuran

Ngaku Deh, Kamu Pasti Berharap 6 Alat Doraemon Ini Benar-benar Nyata