Nabi Syits, Anak Terpandai Adam AS dan Perang Pertama di Dunia

Beliau adalah hadiah dari Allah kepada Adam atas kesabaran

oleh Arief Dian
16:00 PM on Mar 31, 2017

Nabi Syits AS, mendengar namanya saja pasti sangat asing di telinga kita. Ya, beliau merupakan salah satu nabi yang namanya tidak diabadikan dalam Al-Quran. Namun beliau ada dalam riwayat-riwayat para ulama seperti tafsir ibnu katsir. Dan sebagai salah satu rukun iman, kita wajib mempercayai kenabian beliau.

Syits AS merupakan salah satu nenek moyang umat manusia. Kisah hidupnya sangat menarik dan pastinya dapat diambil pelajarannya. Mengingat keadaan saat ini yang sering terjadi permusuhan dan perselisihan, kita harus belajar dari beliau. Simak ulasan berikut jika ingin mengetahui nabi Syits AS.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

“Hadiah” dari Allah SWT

Ilustrasi Syits AS [image source]
Nama Syits sendiri berarti yang ditunjuk, ditempatkan atau hadiah. Syits merupkan anak dari Nabi Adam AS yang memiliki kelebihan dari yang lain. Beliau memiliki kebijaksanaan serta ilmu yang luar biasa. Beliau juga dikenal adil dan taat terhadap perintah Allah SWT. Oleh karena itu nabi Syits lah yang ditunjuk sebagai penerus nabi Adam AS dalam memimpin umat manusia. Beliau menerima perintah khusus berupa suhuf yang berjumlah 50 lembar. Nabi Syits AS adalah anak soleh hadiah dari Allah SWT atas kesabaran nabi Adam kehilangan anaknya Habil. Beliau juga merupakan guru dari nabi Idris As.

Pesan nabi Adam pada Syits AS

Adam dan Hawa [image source]
Sebelum kewafatan nabi Adam AS, beliau menunjuk Syits AS agar memimpin umat manusia. Selain itu beliau juga memberikan lima pesan nasehat kepada nabi Syits AS. Pertama, jangan pernah merasa aman hidup didunia karena nabi Adam yang pernah hidup di surga dengan tenang pun, di keluarkan daripadanya. Kedua, jangan mengikuti keinginan hawa nafsu istri, karena hal tersebutlah yang membuat beliau memakan buah terlarang. Ketiga, pertimbangankan setiap perbuatan yang dilakukan agar tidak menyesal kemudian. Keempat, ketika hati merasa ragu, maka tinggalkanlah perkara tersebut. Terakhir, bermusyawarahlah bila ada suatu masalah.

Musik dan Zina pertama di dunia

Musik Pertama [image source]
Dikisahkan bahwa iblis mencoba menggoda keturunan Adam waktu itu. Iblis membisikkan dan meracuni pikiran mereka agar membuat sebuah alat yang mengeluarkan bunyi. Terciptalah seruling dan genderang. Inilah musik pertama tercipta di dunia. Para anak Adam menjadi lalai untuk menyembah Allah SWT padahal nabi Syits AS sudah berkali-kali mengingatkan. Bahkan mereka membuat pesta hingga mereka lupa diri karenanya. Di saat itulah pria dan wanita yang ada di sana digoda oleh iblis dan Syaitan. Timbul hubungan seksual tanpa ikatan perkawinan pertama di dunia.

Peperangan pertama di Dunia

Ilustrasi perang pertama [image source]
Atas perintah mendiang ayah beliau, nabi Syits mengajak keturunan Adam lainnya untuk memerangi Qabil. Ternyata para anak-anak Adam terbagi menjadi dua kelompok. Ada yang ikut dengan nabis Syits AS dan ada pula yang mengikuti Qabil. Dua kelompok tersebut menggunakan tanda-tanda khusus untuk mengenali pihaknya. Kelompok yang mengikuti nabi Syits AS akhirnya berperang dengan kelompok yang mendukung Qabil. Inilah peperangan pertama yang terjadi di muka bumi. Akhirnya pihak nabi Syits AS memenangkan pertempuran dan selanjutnya menawan Qabil di sebuah tempat yang panas hingga dia meninggal. Sebelumnya kematian Qabil, dia menanyakan pada nabi Syits, kenapa beliau tidak menjaga persaudaraan di antara mereka. Nabi Syits kemudian mengatakan kenapa Qabil sendiri tidak menjaganya. Akhirnya Qabil dibelenggu hingga akhir hayatnya.

Peristiwa Nabi Syits dan Qabil seharusnya mengajarkan kita agar saling menyayangi sehingga tidak pertumpahan darah. Jangan sampai sifat iri hati dan nafsu yang berlebihan membutakan mata kita. Semuanya kita kembalikan pada Allah SWT, karena hanya Dia yang mengetahui segala ilmu.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA