4 Bukti yang Menunjukkan Jika Nabi Sulaiman Adalah Manusia Terkaya yang Pernah Ada

oleh Rizal
15:00 PM on Oct 24, 2015

Dengan gaji jutaan per detik, Bill Gates pernah tercatat namanya sebagai orang yang paling kaya di dunia. Kekayaannya kala itu mencapai $ 80,1 miliar atau setara dengan Rp 1.051 triliun! Bicara orang paling kaya di era kekinian, Bill Gates jelas kandidat utamanya. Namun ketika parameternya di ubah menjadi orang paling kaya sepanjang sejarah manusia? Jawabannya tidak lain adalah Nabi Sulaiman.

Banyak diceritakan di literatur, bahkan Al-Qur’an tentang kekayaan Nabi Sulaiman yang jumlahnya memang sangat melimpah. Bahkan jumlahnya jauh dari apa yang kita bisa bayangkan. Ada seorang ahli yang pernah membandingkan kekayaan Bill Gates dengan Nabi Sulaiman. Ketika dikalkulasi, kekayaan pemilik Microsoft ini hanya sekitar 8 persen saja dari total kekayaan Nabi Sulaiman. Ini hanya gambaran saja, walaupun pada kenyataannya kekayaan Nabi Sulaiman mungkin berkali-kali lipat dari itu.

Baca Juga
Dinobatkan Jadi Atlet Tercantik dan Terseksi SEA Games 2017, Ini Lho Pesona Lindswell Kwok Yang Bikin Indonesia Bangga
Inilah 4 Bukti Kalau Pengguna Medsos yang Ada di Indonesia Polosnya Bukan Main

Memang sulit untuk menentukan secara pasti berapa jumlah kekayaan Nabi Sulaiman. Namun beberapa bukti berikut seperti sudah lebih dari cukup sebagai gambaran betapa kayanya beliau. Berikut ulasannya.

1. Nabi Sulaiman Pernah Memberi Makan Seluruh Makhluk Hidup

Ada sebuah cerita menarik yang mungkin bisa kita jadikan gambaran betapa kayanya Nabi Sulaiman. Kisah ini adalah tentang beliau yang suatu ketika ingin ‘membantu’ Allah untuk memberi makan seluruh makhluk hidup. Nabi Sulaiman pun berdoa dan Allah mempersilakannya.

Hanya sekali makan seekor ikan raksasa menghabiskan jatah semua makhluk yang disediakan oleh Nabi Sulaiman [Image Source]
Hanya sekali makan, seekor ikan raksasa menghabiskan jatah semua makhluk yang disediakan oleh Nabi Sulaiman [Image Source]
Lalu dikumpulkan lah makanan-makanan dari segala penjuru untuk ditempatkan di sebuah lapangan yang sangat luas. Kemudian berkumpul juga makhluk-makhluk Allah yang jumlahnya jutaan. Nabi Sulaiman pun mengkalkulasi jika jumlah makanan yang menggunung ini cukup untuk semua makhluk Allah. Namun apa yang terjadi ternyata sangat tidak terduga.

Ketika itu Allah menyuruh seekor hewan raksasa sejenis ikan untuk mengambil makanan pertama kali. Alangkah terkejutnya Nabi Sulaiman ketika si ikan ini mampu melahap semua makanan tersebut tanpa sisa sedikit pun. Nabi Sulaiman pun sujud dan menangis sejadi-jadinya lantaran ia sudah merasa sombong dengan berbuat demikian. Pelajaran yang bisa diambil dari kisah ini adalah jangan pernah merasa sombong dengan apa yang kita punya. Kisah ini juga jadi bukti jika Nabi Sulaiman memang benar-benar sangat kaya.

2. Nabi Sulaiman Memiliki Bala Tentara Berupa Manusia, Hewan, dan Jin

Mungkin lumrah bagi orang-orang kaya untuk memiliki pengawal dan bodyguard. Namun jika dibandingkan dengan Nabi Sulaiman, maka satu manusia pun tidak bisa mengunggulinya. Mungkin presiden bisa dikawal dengan jutaan tentara, namun Nabi Sulaiman memiliki pasukan yang tak terhingga dari gabungan manusia, hewan, bahkan jin.

Pasukan Nabi Sulaiman sangat banyak. Terdiri dari manusia, hewan dan juga bangsa jin [Image Source]
Pasukan Nabi Sulaiman sangat banyak. Terdiri dari manusia, hewan dan juga bangsa jin [Image Source]
Diceritakan dalam Al-Qur’an jika Allah memampukan Nabi Sulaiman untuk menundukkan hewan-hewan, manusia dan jin untuk taat kepadanya. Bahkan diceritakan pula jika masing-masing pasukan Nabi Sulaiman punya keistimewaan sendiri yang sangat jauh bandingannya dari siapa pun. Misalnya jin Nabi Sulaiman yang mampu membawa sang Nabi pergi ke suatu tempat dengan sekejap mata saja.

Bahkan pernah diceritakan pula jika pasukan jin dan manusia Nabi Sulaiman mampu memindahkan istana Ratu Balqis dalam hitungan detik, bahkan kurang. Satu lagi, Nabi Sulaiman  juga mampu memerintah angin. Dari sini makin tak bisa disangkal jika Nabi Sulaiman adalah penguasa terhebat dan paling kaya di muka bumi.

3. Istana Nabi Sulaiman Paling Megah di Dunia

Diceritakan di banyak literatur, Nabi Sulaiman memiliki istana yang megah luar biasa. Besarnya sendiri tidak terkira, namun yang jelas sejauh mata memandang istana Nabi Sulaiman seperti tidak ada ujungnya. Di dalamnya sendiri bertaburan batu-batu mulia, ada juga taman-taman, dan kolam-kolam penuh air, serta sering diceritakan pula jika di dalam istana juga ada sebuah air terjun.

Tak hanya besar dan luas, istana Nabi Sulaiman juga megah dan bertahtakan kemewahan di setiap sudutnya [Image Source]
Tak hanya besar dan luas, istana Nabi Sulaiman juga megah dan bertahtakan kemewahan di setiap sudutnya [Image Source]
Pintu gerbangnya sendiri terbuat dari kaca dengan pilar-pilar menjulang yang jumlahnya sangat banyak. Di dekat singgasananya, terdapat sebuah ruangan sangat luas dengan lantai yang seolah-olah adalah genangan air padahal kaca. Di dalam Al Qur’an diceritakan ketika itu ratu Bilqis sampai menjinjing pakaiannya hingga betis ketika melewati tempat ini. Namun ketika Nabi Sulaiman mengatakan itu hanya kaca sang ratu pun tertunduk malu dan mengakui kehebatan Nabi Sulaiman.

4. Harta Peninggalan Nabi Sulaiman

Hingga kini ada sebagian orang yang percaya jika Nabi Sulaiman meninggal sebuah warisan harta yang sangat banyak. Konon harta ini terkubur di sebuah tempat yang disimpan dalam sebuah peti yang terbuat dari emas. Peneliti menduga jika peti ini terletak di Kuil Sulaiman yang letaknya sendiri masih simpang siur.

Gambaran peti warisan Nabi Sulaiman yang tengah dicari-cari banyak orang [Image Source]
Gambaran peti warisan Nabi Sulaiman yang tengah dicari-cari banyak orang [Image Source]
Tak cuma berisi harta, dikatakan pula jika di dalam peti tersebut ada Batu 10 Perintah yang dimiliki oleh Nabi Musa. Batu ini juga jadi harta paling berharga yang nilainya tak bisa diukur dan akan jadi benda paling menggemparkan jika berhasil ditemukan. Belakangan para peneliti berhasil menerjemahkan sebuah petunjuk yang tertulis dalam bahasa Ibrani. Petunjuk ini menyimpulkan jika letak Kuil Sulaiman kemungkinan menyebar di Timur Tengah.

Jadi, apakah harta karun Nabi Sulaiman benar-benar ada? Tidak diketahui dengan pasti. Namun yang pasti meskipun tanpa adanya harta ini, tak mengurangi ketakjuban kita tentang kehebatan dan kekayaan Nabi Sulaiman.

Dari deretan ulasan di atas, jelas sudah jika tidak ada satu orang pun yang kekayaannya melampaui Nabi Sulaiman. Bahkan kita saja tak sanggup untuk mengira-ngira berapa jumlah harta yang dimiliki beliau. Namun ada pelajaran yang bisa kita ambil dari kisah ini. Hal tersebut adalah tentang bagaimana sang Nabi menyikapi hartanya. Meskipun kaya luar biasa, namun tidak pernah Nabi Sulaiman merasa sombong. Memang, harta sejatinya adalah titipan. Akan ada saat dimana kita harus mengembalikannya suatu saat kelak.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA