5 Teori Tentang Nabi Sulaiman yang Berhubungan dengan Indonesia

oleh Rizal
11:07 AM on Nov 8, 2016

Tentang kisah Nabi Sulaiman, tentu hampir semua orang sudah mengetahuinya. Ya, beliau ini adalah seorang Nabi dan juga raja yang kekayaannya luar biasa. Nabi Sulaiman juga memiliki kemampuan khusus untuk berkomunikasi dengan hewan dan juga benda tak biasa misalnya angin. Tak lupa pula kisah beliau dengan Ratu Saba yang ceritanya sangat dramatis dan penuh dengan pelajaran itu.

Berbicara soal kaitan, Nabi Sulaiman selalu dihubung-hubungkan dengan Israel. Banyak orang yang sangat yakin kalau Nabi Sulaiman tinggal di daerah tersebut dan bahkan meninggalkan semacam peti yang sampai hari ini masih dicari-cari. Tak hanya kaitan dengan Israel, sosok Nabi Sulaiman juga sering dihubungkan dengan Indonesia. Agak sulit dipercaya memang, tapi hal tersebut ternyata sudah pernah diteliti cukup lama oleh seorang pakar. Hasilnya cukup mencengangkan. Ternyata memang ada kaitan besar antara sang Nabi dengan Nusantara ini.

Baca Juga
Bukan Kegembiraan, 4 Lomba Agustusan Ini Justru Berakhir dengan Tragedi
Tak Melulu Miris, Ini Cerita dari Para Veteran yang Akhirnya Diperhatikan oleh Pemerintah

Lalu, kira-kira seperti apa sih hubungan antara Nabi Sulaiman dan Indonesia? Simak ulasannya berikut.

1. Candi Borobudur Peninggalan Nabi Sulaiman

Sebelumnya sudah cukup banyak bahasan tentang ini. Dan umumnya orang-orang yang membaca bakal tersenyum kecut saja dengan hal tersebut. Pasalnya, agak sulit memang menghubungkan Nabi Sulaiman dengan Borobudur. Keduanya, memiliki semacam kontradiksi. Apalagi Borobudur adalah candi Budha. Namun, menurut seorang pakar bernama Fahmi Basya, sangat banyak bukti yang menguatkan kalau candi ini memanglah peninggalan putra Nabi Daud tersebut.

Relief Tabut di Candi Borobudur [Image Source]
Relief Tabut di Candi Borobudur [Image Source]
Beberapa bukti di antaranya menurut Basya adalah relief-relief yang menggambarkan kisah hidup Nabi Sulaiman. Salah satunya adalah tabut atau peti berisi kitab-kitab dan juga tongkat Nabi Musa. Di Borobudur relief gambaran yang menunjukkan cerita tabut itu memang ada. Selain itu ada juga relief bergambarkan hewan-hewan yang seolah mengisyaratkan akan kemampuan Nabi Sulaiman yang bisa berkomunikasi dengan hewan.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA