in

5 Sosok Muslim Abad Pertengahan yang Mungkin Lebih Cerdas Daripada Einstein

4. Averroes

Meskipun namanya paling jarang didengar jika dibandingkan dengan semua orang di daftar ini, namun kiprahnya sama sekali tak bisa dianggap sebelah mata. Averroes yang juga dikenal sebagai Ibnu Rushd ini ahli dalam berbagai disiplin ilmu. Mulai dari filsafat, kedokteran dan juga ilmu fikih. Semua bukunya telah diterjemahkan ke dalam bahasa latin dan juga ibrani sehingga karyanya benar-benar mempengaruhi banyak orang terutama di Eropa.

Pemikiran Averroes yang sangat kritis dan logis membuatnya sangat dihormati bahkan oleh orang-orang non muslim [Image Source]
Pemikiran Averroes yang sangat kritis dan logis membuatnya sangat dihormati bahkan oleh orang-orang non muslim [Image Source]
Salah satu pencapaiannya yang paling greget adalah ketika Averroes mengulas tentang filsafat yang dikeluarkan Aristoteles. Komentarnya benar-benar sangat brilian dan bahkan sampai mempengaruhi para filsuf kristen Eropa kala itu. Tak hanya itu, Averroes juga mengulas karya-karya orang Islam sendiri seperti Avicenna dan juga Al Ghazali. Averroes yang meninggal pada tahun 1198 ini semasa hidupnya juga terkenal sebagai hakim.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Tipe Cowok yang Bisa Bikin Mertua Jatuh Miskin Jika Menikahi Anaknya!

8 Usaha Paling Aneh yang Digunakan Para Penjahat Menghindari Polisi