in

5 Sosok Muslim Abad Pertengahan yang Mungkin Lebih Cerdas Daripada Einstein

3. Zahrawi

Membicarakan tentang kedokteran yang berhubungan dengan Islam, maka bukan hanya tentang Avicenna saja tapi juga Zahrawi. Yup, pria yang lahir dengan nama Abul Qasim Khalaf ibn Al-Abbas Az- Zahrawi ini juga dikenal akan karya-karya fenomenalnya di bidang kedokteran.

Tak hanya Avicenna, Zahrawi juga membanggakan Islam berkat produk bukunya di bidang kedokteran [Image Source]
Tak hanya Avicenna, Zahrawi juga membanggakan Islam berkat produk bukunya di bidang kedokteran [Image Source]
Dalam salah satu bukunya berjudul Al Tasrif, Zahrawi memaparkan berbagai macam metode medis yang sangat kompleks untuk era medieval. Misalnya ilmu bedah, orthopedi, farmasi dan pengetahuan-pengetahuan umum tentang pengobatan medis. Tak cuma itu, dalam salah satu jilidnya Zahrawi juga menjelaskan tentang penggunaan kosmetika, mulai penggunaan hand lotion, deodoran dan juga pewarna rambut. Al Tasrif sendiri terdiri dari 30 jilid dan sukses jadi literatur kedokteran di dunia.

Zahrawi begitu dihormati di Eropa, bahkan bukunya jadi rujukan perkuliahan bangsa barat selama hampir 5 abad di era medieval. Salah satu muslim kebanggaan ini meninggal pada tahun 1013 dan namanya diabadikan menjadi salah satu jalan di Cordoba yakni Calle Albucasis.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Tipe Cowok yang Bisa Bikin Mertua Jatuh Miskin Jika Menikahi Anaknya!

8 Usaha Paling Aneh yang Digunakan Para Penjahat Menghindari Polisi