in

5 Sosok Muslim Abad Pertengahan yang Mungkin Lebih Cerdas Daripada Einstein

2. Al Khawarizmi

Harus diakui jika aljabar adalah salah satu cabang ilmu matematika yang bikin otak mumet. Meskipun begitu, mungkin kamu pernah melontarkan pertanyaan unik seperti, “siapa sih yang bikin sistem perhitungan seperti ini? Mengerjakannya saja sudah susah apalagi menciptakannya”. Percaya atau tidak si penemu mekanisme hitung unik ini ternyata bukan ilmuwan barat, melainkan seorang muslim bernama Al Khawarizmi.

Aljabar yang sulit luar biasa itu adalah salah satu hasil karya Al Khawarizmi [Image Source]
Aljabar yang sulit luar biasa itu adalah salah satu hasil karya Al Khawarizmi [Image Source]
Al Khawarizmi memang dikenal sebagai salah satu matematikawan paling jenius sepanjang abad. Salah satu karya terbaiknya adalah yang bikin pusing tadi, yakni aljabar. Tak hanya itu, Al Khawarizmi juga yang telah menemukan berbagai rumus matematika lain yang dipakai di era modern. Seperti teknik penyamaan penyebut dan pembilang pada pecahan, trigonometri, persamaan linear dan juga notasi kuadrat.

Selain hal-hal hebat tersebut, Al Khawarizmi juga dikenal sebagai ketua proyek pemetaan dunia pada zaman Khalifah Al Ma’mun. Hasil dari pemetaan ini kemudian ditulis ulang oleh orang-orang Eropa dan kemudian membawa dampak luar biasa. Al Khawarizmi meninggal pada tahun 850an dengan meninggalkan banyak sekali warisan di bidang kelimuan.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Tipe Cowok yang Bisa Bikin Mertua Jatuh Miskin Jika Menikahi Anaknya!

8 Usaha Paling Aneh yang Digunakan Para Penjahat Menghindari Polisi