Musisi Buta Ini Bikin Gitarnya Sendiri dari Kaleng Bekas, Tapi Penampilannya Keren Banget!

oleh Rizal
03:17 AM on Jul 2, 2015

Music is part of life, ungkapan ini sama sekali nggak berlebihan mengingat hampir seluruh penduduk di Bumi pasti menyukai lantunan lagu yang indah. Terlepas apa pun genre-nya. Musik juga nggak punya batasan, siapa pun suka silahkan menikmatinya. Nggak terbatas juga pada saudara kita yang difabel. Bahkan banyak di antara mereka kerap membuat para music lover terpukau lewat skill bernyanyi atau bermain musiknya.

Nah, ada nih seorang musisi keren yang sepertinya pas banget dijadiin inspirasi. Perkenalkan Wesseh Freeman, musisi buta yang punya suara keren dan juga skill bermain gitar luar biasa. Uniknya lagi, ia hanya menggunakan benda-benda nggak terpakai sebagai alat musiknya.

Baca Juga
4 Hal Negatif yang Mungkin Akan Dialami Masyarakat Jika Penggunaan KTP Sebagai Syarat SIM Card Terlaksana
Tukang Bakmi Bak Seleb, Gaya dan Dandanan Jamila “Janda” Dijamin Bikin Publik Melongo

Wesseh pun memukau banyak orang lewat berbagai video yang diunggah di Youtube. Nah, buat kamu yang butuh motivator dalam bermusik, nggak ada salahnya meneladani sosok satu ini biar makin fire up.

1. Penampilan Memukau dalam Segala Batasan

Hukum bermusik yang dipahami banyak orang adalah ketika skill dikombinasikan dengan instrumen yang bagus, maka akan tercipta performance yang memukau. Sayang sekali teori ini dipatahkan secara dramatis oleh Wesseh. Gimana nggak, tanpa alat dan skill memadai ternyata nggak membatasi dirinya untuk menciptakan pertunjukan menawan.

Wesseh Freeman bermusik dalam keterbatasan [Image Source]
Wesseh Freeman bermusik dalam keterbatasan [Image Source]
Tentu aja pria yang akrab disapa Weesay ini juga buta secara musikalitas. Jangankan notasi, chord yang dimainkannya pun random dan ngasal. Tapi entah kenapa hasilnya keren banget seperti musisi normal. Mungkin inilah yang kata orang-orang disebut gift.

2. Gitar dari Kaleng Oli

Weesay memukau nggak hanya lewat skill-nya dalam bermain musik. Netizen yang menyaksikan aksinya di Youtube terpukau dengan gitar handmade yang dipakainya. Kalau biasanya istilah handmade merujuk kepada gitar custom buatan pengrajin, handmade versi Weesay benar-benar beda.

Ini nih gitar andalan Weesay [Image Source]
Ini nih gitar andalan Weesay [Image Source]
Yup, gitar ini benar-benar dibikin oleh tangannya sendiri. Berbekal kaleng oli bekas, sebuah kayu, jari-jari velg bekas dan sebuah senar abal-abal, jadilah gitar keren dan cuma Weesay yang bisa maininnya. Udah ada beberapa orang yang mencoba gitar ini dan positif out of tone alias nglantur bunyinya. Tapi di tangannya si pria 37 tahun, bunyinya jadi sangat merdu.

3. Pencapaian Terbaik Weesay

Segala batasan yang dimiliki Weesay sama sekali nggak menghalanginya untuk membuat pencapaian keren dalam bermusik. Seperti ketika ia diminta untuk menciptakan jinggle sebuah produk makanan asal Amerika Serikat.

Weesay pernah didapuk untuk bikin sebuah jinggle dan sukses besar [Image Source]
Weesay pernah didapuk untuk bikin sebuah jinggle dan sukses besar [Image Source]
Berbekal kemampuan bermusiknya serta kecintaannya terhadap musik reggae, ia pun sukses memenuhi harapan si pemberi tugas. Uniknya, jinggle tersebut sempat diunggah ke Youtube dan mendapat sambutan yang luar biasa. Banyak orang yang kemudian menyebut Weesay memang berbakat dalam musik.

4. Reaksi Pertama Kali Memainkan Gitar Asli

Jika selama ini Weesay bermain dengan gitar buatan yang nggak rupa bentuknya itu, gimana kira-kira ketika ia bermain dengan menggunakan gitar asli? Pembuktiannya dilakukan lewat sebuah video berikut.

Alih-alih gelagapan, Weesay justu bermain tanpa kesusahan sedikit pun. Jari jemarinya begitu lihai meskipun gitar ini benar-benar asing untuknya. Ditambah lagi ia juga memainkan alat ini secara terbalik. Namun melodi yang dihasilkannya tetap konsisten dan ciamik.

Selain faktor talented dan gift tersebut, alasan kenapa Weesay bisa melakukan hal hebat seperti ini adalah karena ia konsisten. Hampir setiap hari ia bernyanyi dan memainkan gitarnya. Sehingga meskipun matanya nggak berfungsi normal, jari-jarinya pun lincah memetik dawai gitar unik yang cuma satu-satunya di dunia itu.

Buat kamu yang lagi belajar musik, kalau Weesay yang serba dalam keterbatasan ini aja bisa bikin sesuatu yang keren, kamu juga bisa melakukannya. Bahkan kamu diuntungkan dengan penglihatan yang normal. Jadi, berhenti mengeluh dan mulailah ciptakan musik yang bagus.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA