Kolaborasi Keren Musik Tradisional Indonesia Dengan Musik Barat

oleh Centralismo
08:00 AM on Feb 11, 2015

Indonesia memang sudah terkenal sebagai negara yang kaya akan seni dan budaya. Negara maritim ini memiliki ribuah etnis dan suku, dan masing-masing dari etnis dan suku itu memiliki kesenian unik di masing-masing daerah. Itu sebabnya Indonesia dikenal sebagai negara tujuan wisata budaya, di samping pemandangan alamnya yang indah.

Berikut ini kami akan sajikan beberapa penampilan mencengangkan yang mengusung musik instrumental khas Indonesia. Para musisi-musisi handal ini membawakan lagu “barat” yang sudah dikenal dunia, hanya saja dengan sentuhan khas Indonesia. Penasaran seperti apa kerennya lagu daur-ulang tersebut? Berikut kami sajikan lima lagu barat yang dicover dengan Musik Instrumen Indonesia

Baca Juga
Tak Banyak yang Tahu, Inilah Aksi Hebat Kepolisian Indonesia yang Begitu Disegani di Dunia
6 Cara Ini Bisa Dipakai Agar Tragedi ‘Panjat Pinang Maut’ Tak Terjadi Lagi

1. Mission Impossible versi Gamelan

Mission Impossible adalah film action yang menjadi box office di seluruh dunia. Sejak pertama kemunculannya, film yang dibintangi oleh Tom Cruise ini memang mencuri perhatian para penikmat film. Soundtrack dari film ini pun menjadi hits dan banyak menghiasi nada dering ponsel seseorang pada masa kejayaannya.

Kali ini lagu Mission Impossible dipadukan dengan Gamelan oleh salah satu seniman kenamaan Indonesia; Djaduk Ferianto. Seniman asal Jogjakarta ini mengaransemen ulang lagu Mission Impossible dengan memasukkan unsur gamelan. Di tengah-tengah penampilan, Djaduk juga menambahkan instrumen unik berupa kaleng yang ditarik dengan benang. Hasilnya? Sebuah fusion yang keren!

2. Lagu Umbrella Rihana versi Angklung

Siapa yang tidak kenal lagu Umbrella yang melejitkan nama artis Rihanna. Lagu ini sempat menjadi jawaran di chart TOP 40 Billboard selama berminggu-minggu. Lagu ini tidak salah lagi menjadi salah satu lagu yang mengantarkan Rihanna ke puncak kesuksesannya kini.

Lagu keren itupun dibawakan oleh seorang pria ini dengan menggunakan instrumen angklung. Para penonton tampak sangat antusias mendengar keunikan dan merdunya instrumen berbahan dasar bambu tersebut. Video klip ini disiarkan secara langsung di sebuah stasiun TV di Malaysia.

3. Symphony No. 5 Beethoven versi Angklung

Beethoven adalah salah satu musisi paling jenius dan paling besar yang pernah ada di dunia. Karya-karya musisi ini telah diabadikan dalam ratusan cover dan versi. Meski sudah lama wafat, namun karya-karya Beethoven tetap mempunyai arti spesial di hati penggemarnya.

Kali ini, dalam sebuah acara di Jepang, tiga wanita membawakan Symphony no. 5 gubahan Beethhoven dengan menggunakan angklung. Tidak disangka, angklung yang tampak sederhana bisa menghasilkan simfoni yang sangat indah dalam melantunkan lagu legendaris tersebut.

4. Mission Impossible Versi Angklung

Kali ini lagu Mission Impossible kembali dibawakan dengan instrumen khas Indonesia. Namun, kali ini alat musik yang digunakan adalah angklung. Ya, meski bentuknya tak tampak seperti alat musik, namun ternyata angklung telah mendunia dan menarik perhatian banyak orang karena keunikannya.

Grup musik yang memainkan lagu keren ini adalah orang-orang yang telah dilatih di Saung Udjo. Saung Udjo sendiri adalah nama tempat rekreasi budaya di Bandung, dimana anda akan mempelajari angklung dari seorang seniman kenamaan, Kang Udjo. Kang Udjo sendiri telah membawa angklung ke pentas dunia seperti di China, Amerika dan Australia.

5. A Thousand Years versi Sasando

Sasando adalah instrumen musik khas yang datang dari bagian Timur Indonesia. Instrumen ini bersuara lembut, sehingga sangat cocok untuk mengiringi lagu-lagu yang melankolis dan bertempo lambat. Suara dentingannya yang agak mirip harpa, membuat instrumen satu ini terdengar romantis.

Hal itulah yang coba dibuktikan oleh seorang seniman muda dari Rote, Brill. Brill membawakan lagu dari Christina Pery “A Thousand Years” dengan menggunakan sasando. Brill mendapat banyak sekali pujian dari pengunjung Youtube, baik dari dalam maupun luar negeri.

Kekayaan budaya Indonesia memang tidak akan ada habisnya untuk dibahas. Itu adalah salah satu karunia yang kita terima karena tinggal di daerah yang beragam suku dan budayanya. Selayaknya, kekayaan seni dan budaya ini menjadi pengingat kita untuk tetap menjaga persatuan dengan sesama rakyat Indonesia.

Masih ada banyak lagi lagu-lagu yang dicover menjadi keren dengan menggunakan musik instrumental Indonesia. Dari kelima video di atas, mana yang menjadi favorit anda? (HLH)

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA