Penampilan Musik Klasik Yang Gagal Elegan

oleh Tetalogi
15:00 PM on Aug 11, 2015

Bicara soal musik klasik, yang ada di kepala kita biasanya adalah sekumpulan orang-orang yang memakai jas dan bermain alat musik di sebuah gedung megah. Tentu saja penampilan konser musik seperti ini akan terkesan sangat elegan dan indah. Pasalnya, memainkan musik klasik memag membutuhkan konsentrasi yang cukup tinggi.

Nah, karena yang memainkan musik juga manusia, dan manusia adalah makhluk yang tidak pernah lepas dari kesalahan, maka kesalahan atau error juga pernah terjadi saat memainkan musik klasik. Lalu, bagaimana jadinya kalau musik klasik jadi gagal elegan?

Baca Juga
Jualan Pisang Goreng Hingga Tidur di ‘Bilik Asmara,’ Inilah 5 Hal Unik yang Dialami Pengungsi Gunung Agung
Nggak Terima Anaknya Ditegur, Orangtua Zaman Now Langsung Hajar Guru SMA di Kendari

1. Biola Rusak di Tengah Konser

Bermain musik butuh penghayatan dan konsentrasi tinggi. Itulah mengapa selalu ada peringatan untuk mematikan ponsel atau peringatan agar tidak bersuara saat sedang menonton orkestra agar tidak mengganggu konsentrasi para musisi yang sedang tampil. Tapi kadang, gangguan tidak datang dari penonton, tapi justru musisi itu sendiri.

Yuri Bashmet sedang begitu serius memainkan biolanya saat tiba-tiba biola tersebut rusak begitu saja di tengah konser! Tidak ada yang abadi, termasuk biola yang dibuat pada tahun 1758 oleh Paolo Testore dari Milan tersebut. Untungnya Yuri Bashmet cukup anggun dalam menghilangkan kekakuan dengan mengangkat bahu dan tertawa.

2. Konduktor yang Jatuh Dari Panggung

Panggung bisa jadi tempat yang didambakan setiap orang yang ingin terkenal atau populer. Tapi juga bisa menjadi kejatuhan seseorang. Setidaknya sih secara harfiah.

Konduktor yang malang ini berhasil melaksanakan konser orkestranya dengan sukses. Namun saat memberi penghormatan pada para penonton, ia malah terjatuh dan hilang dari panggung. Tapi, paling tidak konsernya sukses dan ia tidak mengalami cidera apa-apa.

3. Muntah Setelah Solo Drum

Dalam sebuah permainan orkestra, memainkan alat musik dengan solo adalah hal yang membanggakan. Jadi setiap musisi pasti ingin menampilkan yang terbaik saat mendapatkan giliran bermain solo. Tapi jangan terlalu bersemangat seperti pemuda ini, ya.

Permainan solo drum-nya bisa dibilang epic alias hebat. Dia bisa memainkan drum dengan begitu menakjubkan dan penuh semangat. Tapi sayangnya di akhir solo ia malah muntah di atas panggung.

4. Pemain Trumpet yang Pingsan

Apa menurutmu alat musik yang paling sulit untuk dimainkan? Jawaban setiap orang pasti berbeda, namun trumpet mungkin bisa jadi kandidat salah satu alat musik yang sulit untuk dimainkan dan bikin ngos-ngosan karena kamu perlu mengatur nafasmu dengan baik agar kejadian seperti yang ada di video ini tidak terjadi padamu.

Setelah memainkan bagian yang cukup panjang, pemain trumpet tersebut langsung pingsan. Mungkin ia kehabisan nafas karena terlalu bersemangat meniup trumpet? Tapi paling tidak ia pingsan setelah bagian trumpet sudah selesai.

5. Orkestra yang Berantakan

Orkestra biasanya identik dengan musik yang indah dan harmoni suara berbagai alat musik yang pas dan menakjubkan. Butuh ketepatan agar bisa memainkan sebuah komposisi dengan pas dan sempurna. Karena kalau tidak jadinya bisa seperti video berikut ini.

Musik yang seharusnya indah justru terdengar berantakan dan bikin sakit telinga. Tapi untungnya, kabarnya orkestra ini sengaja dibuat dengan menggunakan alat musik yang bukan keahliannya atau saling bertukar alat musik untuk memainkan komposisi ini sebagai lelucon. Hmm.. ada-ada saja.

6. Improvisasi Pemain Simbal

Ketika suatu lagu kebangsaan dimainkan, biasanya warga negara tersebut akan berdiri tegak untuk menunjukkan rasa hormat. Tentu saja, para pemain musik yang memainkan lagu kebangsaan juga harus memainkan musiknya dengan serius. Tapi saat terjadi kesalahan, pemuda ini mampu berimprovisasi dengan baik.

Saat memainkan simbal, salah satu simbalnya terjatuh sehingga ia dengan seketika jadi kebingungan. Tapi ia mampu mengatasinya dengan baik dan langsung menghadap bendera dan memberi hormat. Ya meskipun aa waktu beberapa detik saat ia menunjukkan kebingungannya, setidaknya ia tahu bagaimana memberi hormat pada lagu kebangsaannya.

7. Bonus Buat Mencerahkan Harimu! Yang Ini Bukan Fail, Tapi Orkestra yang Asyik Having Fun di Panggung!

Bagi kebanyakan orang, orkestra itu terkesan elegan dan kaku. Tapi kamu akan berubah pikiran setelah melihat orkestra di video berikut ini karena mereka memainkan musik dengan cara yang berbeda. Kamu akan tahu bahwa para musisi orkestra juga bisa bersenang-senang di atas panggung.

Begitulah jadinya jika komedi bertemu dengan musik klasik. Perpaduan tersebut memunculkan tontonan yang tidak hanya indah, tapi juga menghibur dan menarik untuk didengarkan.

Melihat video-video tersebut tentu akan mengubah pandangamu bahwa musik klasik itu kaku, bukan? Musik klasik juga bisa kok disajikan dengan cara yang seru dan menarik. Para musisi musik orkestra juga manusia biasa yang pernah melakukan kesalahan saat sedang bekerja. Jadi, musik klasik bukanlah musik yang kaku.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA