6 Museum Makanan Yang Wajib Dikungjungi Pecinta Kuliner

oleh Alfry
09:30 AM on Mar 5, 2015

Orang pergi berlibur sesuai dengan minat masing-masing. Sebagai contoh, traveler yang hobi trekking akan lebih memilih liburan ke daerah yang memiliki wisata alam yang menantang. Lain halnya mereka yang hobi makan, pasti mempertimbangkan destinasi wisata ke wilayah yang memiliki makanan khas yang menggugah selera.

Jika mengaku pemburu kuliner maka Anda harus memasukkan museum makanan yang ada di dunia ini ke dalam daftar kunjungan Anda berikutnya. Mulai dari museum ramen di Jepang hingga museum cokelat di Inggris yang semuanya akan makin membangkitkan selera makan Anda. Dilansir dari CNN, berikut museum makanan tersohor di dunia.

Baca Juga
4 Hal Negatif yang Mungkin Akan Dialami Masyarakat Jika Penggunaan KTP Sebagai Syarat SIM Card Terlaksana
Tukang Bakmi Bak Seleb, Gaya dan Dandanan Jamila “Janda” Dijamin Bikin Publik Melongo

1. Museum Ramen Shin – Yokohama, Jepang

Dilihat dari namanya saja sudah ketahuan jika di didalam museum ini pasti isinya full dengan makanan klasik orang Jepang yang disebut dengan ramen. Buat traveler pecinta makanan mi klasik asal negeri samurai ini bisa datang ke museum ini. Di sana Anda akan mendapatkan banyak pengetahuan tentang sejarah makanan ini.

Museum Ramen Shin-Yokohama berada di prefektur Kanagawa, kota Yokohama, Jepang. Museum ini dibagi menjadi beberapa lantai dengan fungsi yang berbeda. Di lantai pertama, terdapat pameran tentang sejarah ramen. Di sini pengunjung bisa melihat mangkuk tradisional yang digunakan untuk menyajikan ramen pada zaman dahulu.

Museum Ramen Shin (c) Wikimedia
Museum Ramen Shin (c) Wikimedia

Pengunjung bisa melihat replika Shitamachi atau kota tua Tokyo di museum ini tepatnya ada di ruang bawah tanah. Shitamachi adalah kawasan dimana terdapat sembilan restoran yang masing-masing menyajikan varietas ramen setiap regional. Tak ketinggalan pula dipamerkan sebuah penemuan terbaru yang tidak asing bagi pelajar maupun mahasiswa di sana, yaitu ramen instan.

2. Frietmuseum di Bruges – Belgia

Anda pecinta berbagai makanan yang terbuat dari kentang? Nah jika iya ada baiknya Anda juga mengunjungi museum yang didedikasikan khusus untuk kentang goreng. Museum ini satu-satunya di dunia dan hanya ada di Belgia. Pemiliknya adalah Cedric dan Eddy Van Belle.

Mereka berdua ternyata orang yang tertarik dengan museum-museum aneh. Mereka juga mendirikan museum pencahayaan domestik di negaranya. Jadi jika Anda berkunjung ke museum kentang goreng ini selain mendapatkan pengetahuan tentang sejarah kentang, Anda juga akan dihibur dengan atraksi pencahayaan.

Frietmuseum di Bruges (c) Wikipedia
Frietmuseum di Bruges (c) Wikipedia

Di lantai dasar museum pengunjung diajak menyaksikan pameran kentang yang pertama kali ditemukan. Kentang tersebut ditemukan di Peru pada 10 ribu tahun yang lalu. Tidak hanya berkeliling melihat koleksi kentang saja jika berkunjung ke museum ini. Anda juga punya kesempatan untuk mencoba mencicipi beberapa kentang goreng secara langsung. Kenyang!

3. Museum Udon di Kyoto – Jepang

Selain ramen hidangan khas Jepang yang populer adalah udon. Udon adalah makanan sejenis mie yang dibuat dari tepung terigu dan berbentuk tebal serta agak lebar. Dengan mengunjungi museum ini, para wisatawan akan mendapat ilmu yang berhubungan dengan makanan ini. Karena udon sendiri memiliki 35 varietas yang berbeda.

Museum Udon di Kyoto (c) Wikipedia
Museum Udon di Kyoto (c) Wikipedia

Ide awal pembuatan museum Udon yang ada di Kyoto ini karena tidak adanya restoran udon yang menyediakan semua varietas udon dari berbagai wilayah sehingga pemilik museum, Tomoaki Takaya berinisiatif mendirikan museum Udon. Di museum ini para pengunjung bisa melihat 35 jenis udon dari berbagai daerah di Jepang.

4. Museum Keju Belanda – Alkmaar, Belanda

Anda tahu ini nama apa? Gouda, Edam, Leerdammer, Leyden, Maaslander, Maadam. Tidak salah jika Anda menjawab itu adalah nama-nama kota di Belanda. Tapi yang perlu Anda tahu bahwa nama-nama yang disebutkan tadi juga merupakan jenis keju lho.

Museum Keju Belanda (c) holland.com
Museum Keju Belanda (c) holland.com

Jika mau mengetahui lebih dalam tentang keju Anda bisa berkunjung ke museum keju di Alkmaar, Belanda. Museum ini berada tepat di lantai atas gudang timbang keju Alkmaar. Di sana pengunjung akan disuguhkan tampilan interaktif cara pembuatan keju plus pameran perangkat pembuatan keju yang lengkap. Pertunjukan ini akan memakan waktu selama 15 menit dan pengunjungpun akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat seputar pambuatan keju.

5. York Chocolate Story – York, Inggris

Museum bertema cokla di York, Inggris ini didedikasikan untuk industri coklat yang telah berjasa membangun kota york dari usaha mereka mangolah coklat. Kota York adalah kota yang ada di Inggris utara itu memang berbeda dari kota-kota lain di negaranya. Saat kota lain tumbuh dan berkembang dari hasil perdagangan emas, wol, baja dan batu bara, kota York maju pesat karena cokelat.

Cokelat York (c) yorkschocolatestory.com
Cokelat York (c) yorkschocolatestory.com

Selama lebih dari 300 tahun, cokelat telah membesarkan nama kota York di mata dunia. Jika mengunjungi museum ini Anda akan melihat berbagai jenis olahan coklat yang diproduksi oleh industri pembuatan coklat di kota tersebut. Meski kini kota York telah banyak berubah namun tetap menjadi rumah bagi cokelat di Inggris.

6. Museum Kimchi – Seoul, Korea Selatan

Di buka sekitar tahun 1995 museum makanan di Korea Selatan ini telah dikunjungi lebih dari 100 ribu orang. Ini juga merupakan satu-satunya museum makanan yang dibangun di negara tersebut. Lantas jenis makanan apa yang ada di museum ini?

Museum Kimchi (c) Flickr
Museum Kimchi (c) Flickr

Seperti namanya, Museum Kimchi berisi makanan khas Korea Selatan sejenis acar yang dinamakan kimchi. Bahkan di dalam museum ini tersimpan banyak sekali buku referensi dan makalah akademis tentang produk makanan tersebut. Semuanya tertata dengan rapi dalam sebuah perpustakaan.

Bagi pengunjung yang berminat untuk tinggal lebih lama, maka bisa mengikuti kursus di museum ini. dalam kursus para tamu akan diajari membuat kimchi dan cara menyajikannya. Anda berminat?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA