7 Museum Paling Aneh di Amsterdam, Belanda

oleh Alfry
07:57 AM on Mar 13, 2015

Amsterdam terkenal sebagai kota museum. Hal ini dibuktikan dengan adanya lebih dari 400 museum dan galeri seni yang tersebar di dalam kota tersebut. Jumlah ini membuatnya menjadi kota yang memiliki museum paling banyak di dunia. Tidak ada kota di dunia yang memiliki museum sebanyak Amsterdam.

Baca Juga: 4 Kejahatan yang Sering Terjadi di Bandara, Waspadalah!

Umumnya di kota lain museum menyimpan barang-barang tertentu yang memiliki nilai sejarah. Namun Amsterdam memiliki banyak sekali jenis museum mulai dari museum kopi, kacamata, piano, berlian, keju, bir, tas serta masih banyak lagi yang lainnya. Berikut ini museum-museum yang memiliki koleksi paling aneh di Amsterdam.

Baca Juga
Tukang Bakmi Bak Seleb, Gaya dan Dandanan Jamila “Janda” Dijamin Bikin Publik Melongo
Fakta Silat Marunda, Warisan Maut Si Pitung yang Bikin VOC Terkencing-kencing Tak Berdaya

1. Museum Vrolik – Hii, Museum ini Mengoleksi Jasad Manusia Cacat

Museum Vrolik merupakan rumah bagi koleksi spesimen patologis, embrio, tengkorak dan tulang aneh serta kelainan anatomi lainnya. Spesimen-spesimen tersebut dikumpulkan oleh Gerardus Vrolik (1755-1859) yang tidak lain adalah seorang ilmuwan Belanda yang paling tersohor di masanya. Vrolik merupakan pelopor dalam bidang teratologi atau studi terhadap masalah cacat.

Museum Vrolik (c) Flickr
Museum Vrolik (c) Flickr

Setelah kematiannya, koleksi-koleksi ini dibeli oleh sekelompok warga negara Belanda dan ditawarkan pada pemerintah kota Amsterdam untuk ditempatkan di suatu lembaga yang bernama Athenaeum Illustre, sebuah lembaga ini yang kemudian menjadi University of Amsterdam.

Selanjutnya: Torture Museum – Berisi Koleksi Alat Penyiksaan Manusia

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA