6 Kisah Mumi Yang Masih Utuh Bertahun-Tahun, Seperti Sedang Tidur

oleh Ayu
09:02 AM on Feb 4, 2015

 

Mendengar kata mumi, mungkin kita akan teringat dengan mumi di Mesir. Namun ternyata, mumi tidak hanya berasal dari sana. Teknik pengawetan jenazah orang yang sudah meninggal ini juga diterap kan di masa lalu oleh banyak negara seperti Asia dan Eropa.

Baca Juga
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting
Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi

Bahkan ketika zaman semakin modern, makin banyak penemuan mengejutkan mengenai mumi yang sangat fenomenal. Ada beberapa kasus jasad yang masih seperti pertama kali meninggal, tak membusuk dan memiliki kisah mistis yang menggetarkan. Berikut ini adalah beberapa ulasannya.

1. Vladimir Lenin (1870 – 1924) :  RUSSIA

Dikenal sebagai sosok Bapak Komunisme di Rusia dan merupakan pimpinan Uni Soviet pertama. Namun Lenin meninggal di tahun 1924 dan penerusnya berpikir untuk menjaga jasadnya tetap utuh. Untuk itu, agar tubuhnya terjaga tetap sempurna, orang-orang melakukan pembalsaman yang cukup kompleks.

Vladimir Lenin (1870 - 1924) :  RUSSIA (c)EMLII
Vladimir Lenin (1870 – 1924) : RUSSIA (c)EMLII

 

Proses ini membuat jasad Lenin harus diinjeksi dengan formula khusus, kemudian dianalisa sedemikian rupa. Pakaiannya diganti setahun sekali sampai lima tahun sekali. Tubuhnya juga disiram dengan zat kimia yang membuatnya tampak sempurna bertahun-tahun kemudian, persis seperti hari kematiannya. Bikin merinding juga ya?

2. Eva “Evita” Perón (1919 – 1952) :  ARGENTINA

Mendengar namanya, mungkin yang ada dalam ingatan kita adalah lagu yang dinyanyikan Madonna, ‘Don’t Cry For Me Argentina’. Evita Peron adalah salah satu wanita yang paling dicintai di Argentina, apalagi sosoknya merupakan istri dari pimpinan Argentina saat itu, Juan Peron. Begitu cintanya Argentina pada wanita tersebut, jenazahnya sempat diawetkan dengan lilin dan gliserin.

Eva "Evita" Perón (1919 - 1952) :  ARGENTINA (c)EMLII
Eva “Evita” Perón (1919 – 1952) : ARGENTINA (c)EMLII

Sama seperti Lenin, tubuh Evita Peron benar-benar mirip seperti keadannya ketika baru pertama kali meninggal. Namun jasad perempuan dengan mind set luar biasa itu akhirnya dimakamkan dengan lebih bermartabat. Hal ini karena pada pemerintahan baru, tubuhnya pernah dicuri dan disembunyikan di Italia. Beberapa foto jenazahnya menunjukkan rambut pirang dan warna kulit yang masih hangat, sementara ia kelihatan seperti sedang tidur.

3. Rosalia Lombardo (1918 – 1920) :  ITALY

Rosalia Lombardo adalah gadis kecil yang baru berusia 2 tahun, namun hidupnya harus berakhir karena wabah penyakit pneumonia. Hal ini membuat sang ayah jadi sangat sedih dan terpukul. Oleh karena itu ia memutuskan untuk tidak mengubur jenazah putrinya.

Rosalia Lombardo (1918 - 1920) :  ITALY (c)EMLII
Rosalia Lombardo (1918 – 1920) : ITALY (c)EMLII

Dengan meminta bantuan pada seorang Embalmer bernama Alfredo Salafia, General Lombardo meminta agar tubuh Rosalia diawetkan. Begitu manisnya seperti puteri kecil yang sedang tertidur dan disebut sebagai Sleeping Beauty. Ada mitos yang beredar bahwa beberapa orang pernah melihat mata gadis kecil itu terbuka. Fakta lain menyebutkan bahwa saat dilihat menggunakan sinar X, nampak organ dalamnya masih utuh meski sudah bertahun-tahun.

4. St. Bernadette (1844 – 1879) :  FRANCE

Biarawati berhati mulia yang satu ini juga tidak kalah cantik dan fenomenal. Bukan hanya jasadnya yang masih cantik tersimpan di dalam biara, namun juga kisah kebaikan hatinya yang menjadi tauladan. Bernadette atau disebut juga Santa Bernadeta. Selama masa hidupnya, dalam kesakitan akibat TBC pun, Bernadetta masih melayani Bunda Maria dan umat gereja.

St. Bernadette (1844 - 1879) :  FRANCE (c)EMLII
St. Bernadette (1844 – 1879) : FRANCE (c)EMLII

Saat kematiannya, sebuah keajaiban terjadi 150 tahun kemudian. Dalam masa kanonisasi, jasadnya ditemukan masih dalam keadaan utuh sekalipun seabad lebih telah berlalu. Sejak saat itu, beberapa kali tubuhnya dirawat agar kemurnian itu tetap terjaga, namun beberapa bagian tubuh seperti wajah dan tangan telah dilapisi lilin agar tidak mengalami kerusakan. Hal ini dianggap sebagai keajaiban Sang Pencipta dan menjadikan Bernadetta disebut sebagai Santa.

5. La Doncella, Gadis Yang Dibekukan (antara 1450 dan 1480): Amerika Selatan

Penemuan mumi gadis pedalaman Indian ini ditemukan beberapa tahun lalu, tepatnya di 1999. Ia disinyalir sebagai salah satu dari anak-anak suku Inca yang dipersembahkan dalam sebuah ritual khusus. Dalam ritual tersebut, gadis yang disebut sebagai La Doncella ini konon diasingkan di puncak gunung secara terikat.

La Doncella, Gadis Yang Dibekukan (antara 1450 dan 1480): Amerika Selatan (c)EMLII
La Doncella, Gadis Yang Dibekukan (antara 1450 dan 1480): Amerika Selatan (c)EMLII

Di sana, La Doncella dibiarkan tanpa makanan, terasing, tanpa minum, hingga akhir hayatnya. Hal ini karena La Doncella sebelumnya diberi racun tidur yang terbuat dari coca dan chicha, sehingga ia akan tertidur pulas dan lelap sampai lama dan membeku di atas gunung. Ternyata setelah berabad-abad kemudian, tubuhnya masih dalam kondisi yang lumayan bagus dan bentuknya menyerupai gadis remaja yang tertidur.

6. Si Cantik Xiaohe ( Hidup 3800 Lalu): CHINA

Di antara semua mumi yang ditemukan dalam keadaan mongering, mumi XIaohe adalah salah satu yang cukup eksotis dan cantik. Rambutnya masih kelihatan merah kecokelatan dan bulu matanya masih mengatup lentik. Ekspresi mumi yang telah tirus itu pun masih menyisakan kecantikan masa hidupnya.

Si Cantik Xiaohe ( Hidup 3800 Lalu): CHINA (c)EMLII
Si Cantik Xiaohe ( Hidup 3800 Lalu): CHINA (c)EMLII

Diketahui Xiaohe tampaknya dari golongan pendeta wanita. Terlihat dari atribut pakaian yang ia kenakan dan segala barang bawaan yang menyatu dengan jasadnya. Xiaohe berbaring seperti sedang tidur, di dalam sebuah peti mati kayu yang bentuknya seperti kapal. Dilihat dari kerapihan dan bagusnya mumi Xiaohe saat ditemukan, diperkirakan ia berasal dari Xinjiang.

Hidup mati seseorang memang menjadi misteri. Namun Sang Pencipta menciptakan alam dengan kehidupan dan kematian di dalamnya menjadi harmonis, dengan penemuan-penemuan unik dan dipenuhi nilai historis. Ini bukan hanya tentang sesuatu yang bernilai spiritual, namun juga membuat kita belajar dan mengenal lebih banyak tentang nenek moyang, serta kisah-kisah berharga mereka.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA