Mukesh Ambani, Si Pengusaha Terkaya di India yang Kisah Hidupnya Bikin Takjub!

oleh Endah Boom
11:54 AM on Jul 27, 2016

Tak ada kesuksesan yang terjadi begitu saja. Bahkan untuk mencapainya, dibutuhkan usaha dan perjalanan yang cukup panjang. Seperti kesuksesan yang diperoleh Mukesh Ambani. Sosoknya saat ini dikenal sebagai pengusaha terkaya di India. Tapi jelas kesuksesan itu tak diperoleh dengan mudah seperti membalik telapak tangan.

Kisah hidup Mukesh bisa dibilang cukup menakjubkan. Membaca kisah perjalanan hidupnya pun akan bikin kita melongo. Seperti apa cerita lengkapnya? Yuk, langsung ikuti kisahnya yang dirangkum dalam sejumlah poin berikut ini.

Baca Juga
5 Fakta Gahar Pesawat Buatan Anak Bangsa N219 yang Bakal Bikin Negara Tetangga Iri
Deretan 10 Paskibraka Cantik Pembawa Bendera Pusaka Di Upacara Istana Kepresidenan yang juga Pantas Membawa Hatimu

1. Tumbuh dari Keluarga Pebisnis

Mukesh lahir tanggal 19 April 1957 di Aden, Yaman. Dia memiliki dua saudara perempuan, Dipti Salgaoncar dan Nina Kothari serta satu adik laki-laki, Anil Ambani. Ayahnya, Dhirubhai Ambani tadinya bekerja di sebuah perusahaan di Yaman sebelum akhirnya pindah ke Mumbai tahun 1958 untuk membangun bisnis di bidang jual beli rempah-rempah. Kemudian, Dhirubhai beralih ke bisnis tekstil yang kemudian tumbuh menjadi bisnis yang sukses dan besar.

Tumbuh dari Keluarga Pebisnis
Tumbuh dari Keluarga Pebisnis [image source]
Mukesh bersekolah di Hill Grange High School, Mumbai bersama adiknya. Kemudian, ia berkuliah di Institute Of Chemical Technology, Matunga dan mendapat gelar sarjana di jurusan Teknik Kimia. Setelah itu, ia kuliah di Standford University dan mendapat gelar Masters in Business Administration (MBA). Lulus kuliah S2, Mukesh kemudian membantu ayahnya mengembangkan Reliance Industries.

2. Mengembangkan Bisnis yang Terus Sukses

Tahun 1981, Mukesh resmi bergabung di Reliance Industries dengan ayahnya. Mukesh bergabung sebagai penggagas integrasi dari tekstil ke serat polyester hingga kemudian ke hasil olahan minyak bumi. Di tangan Mukesh, banyak mengalami kemajuan.

Mengembangkan Bisnis yang Terus Sukses
Mengembangkan Bisnis yang Terus Sukses [image source]
Dhirubhai tak hanya merupakan sosok ayah bagi Mukesh tapi juga guru. Mukesh belajar banyak dari ayahnya. Termasuk soal prinsip dalam berbisnis. Dhirubhai menanamkan bahwa cuma mengejar uang semata tak akan membuat seseorang bisa jadi seorang pengusaha sukses. Uang nanti akan mengikuti. Yang terpenting adalah bagaimana fokus mengembangkan bisnis itu sendiri. Tak heran jika Reliance Industries berhasil menyediakan lapangan kerja untuk 25 ribu tenaga kerja dan memiliki 3 juta pemegang saham yang juga berperan besar dalam kesuksesan perusahaan.

3. Setelah Ayahnya Meninggal, Mukesh Jadi Pewaris Perusahaan

Karena penyakit stroke, Dhirubhai meninggal dunia tahun 2002. Perusahaan pun diwariskan pada Mukesh dan adiknya, Anil. Saat menjabat sebagai pemimpin, Mukesh membuat perusahaan berkembang pesat. Reliance Industries pun ikut bergerak di sektor gas dan pertambangan.

Setelah Ayahnya Meninggal, Mukesh Jadi Pewaris Perusahaan
Setelah Ayahnya Meninggal, Mukesh Jadi Pewaris Perusahaan [image source]
Mukesh dikenal sebagai sosok yang berani melebarkan sayap bisnisnya. Tercatat ia berhasil mengembangkan perusahaannya di sejumlah bidang, tak hanya di bidang garmen tapi juga perminyakan, gas, dan asuransi. Belum lagi dengan sejumlah anak perusahaannya yang bergerak di bidang ritel. Menurut majalah Forbes, kekayaan Mukesh diperkirakan sudah mencapai 22.6 miliar dolar atau sekitar 297,529 triliun rupiah. Wow, kebayang nggak tuh betapa fantastisnya kekayaan yang dimilikinya.

4. Memiliki Rumah Mewah yang Super Mahal

Setelah menikah dengan Nita Ambani, Mukesh dikarunia tiga orang anak, dua orang putra bernama Akash dan Anant, dan seorang putri bernama Isha. Mukesh tinggal bersama keluarganya di sebuah rumah mewah yang super mahal. Rumah yang dibangun di tengah kotak Mumbai ini diberi nama Antilia. Antilia ini memiliki 27 lantai dengan tinggi 570 kaki. Ukuran rumah ini bahkan bisa dibilang setara dengan menara 40 lantai saking tingginya.

Memiliki Rumah Mewah yang Super Mahal
Memiliki Rumah Mewah yang Super Mahal [image source]
Antilia memiliki sebuah garasi yang bisa memuat 168 mobil. Selain itu, rumah super mewah ini dilengkapi dengan ruang olahraga pribadi juga bioskop. Dan tahu berapa jumlah staf di rumah ini? Jumlahnya ada 600 orang. Rumah pribadi sudah macam hotel saja, ya. Antilia pun menjadi salah satu tempat tinggal pribadi yang pernah ada di dunia. Nilainya bahkan diperkirakan lebih dari 1 miliar dolar.

5. Keluarga Tetap Nomor Satu

Tahun 2009 lalu, pernikahan Nita dan Mukesh sudah mencapai 25 tahun. Mukesh sering memaparkan dalam wawancara bahwa keluarga sangatlah penting. Sesibuk apapun hari-harinya, Mukesh selalu berusaha menghabiskan hari minggunya bersama ibu, istri, dan anak-anaknya. Foto keluarga atau foto mendiang ayahnya selalu ada di setiap ruang rumahnya.

Mukesh Dikenal sebagai Penyuka Petualangan
Mukesh Dikenal sebagai Penyuka Petualangan [image source]
Mukesh dikenal tak suka merayakan ulang tahun. Meski begitu, Mukesh selalu mengistimewakan setiap keluarganya. Sang istri di hari ulang tahunnya pernah dihadiahi sebuah pesawat jet seharga 62 juta dolar. Pesawat jet tersebut dikabarkan didesain khusus dengan dilengkapi fasilitas hi-end music, televisi sateit, wi-fi, kamar tidur utama, dan kamar mandi dengan berbagai jenis pancuran.

6. Terlibat dalam Sejumlah Aksi Sosial

Sang istri, Nita Ambani terlibat di sejumlah kegiatan amal dan proyek sosial. Bidang yang paling sering digeluti, antara lain bidang penanganan bencana, pendidikan, dan manajemen sumber daya manusia. Nita sebenarnya ingin menjadi seorang penari. Namun, saat kuliah ia lebih memilih jurusan desain interior dan pendidikan guru. Saat ini, ia menjadi direktur Dhirubhari Ambani International School.

Terlibat dalam Sejumlah Aksi Sosial
Terlibat dalam Sejumlah Aksi Sosial [image source]
Meski berpredikat sebagai orang terkaya di India, Mukesh dikenal sebagi pribadi yang sederhana. Dia seorang vegetarian dan sangat menyukai masakan tradisional India. Ia juga bisa dibilang sebagai orang yang tak gila merek (brand). Dia tak masalah memakai apapun asalkan nyaman.

7. Mukesh Dikenal sebagai Penyuka Petualangan

Mukesh merupakan pribadi yang dikenal sebagai pemburu petualangan (adventure seeker). Ia selalu tahu tujuannya dan akan mencapai tujuan itu dengan cara yang paling logis atau masuk akal. Di samping itu, Mukesh juga sangat mengedepankan aspek kegigihan dan kemampuan untuk terus mau mengembangkan diri dalam soal pekerjaan.

Keluarga Tetap Nomor Satu
Keluarga Tetap Nomor Satu [image source]
Belajar dari pengalaman jatuh bangun yang pernah dialaminya di usia yang masih belia, Mukesh juga mengutamakan rasa percaya (trust). Namun, dia juga selalu siap dengan sejumlah rencana untuk memastikan perusahaannya tetap bisa bertahan.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya 5 Bercandaan Presiden Soekarno yang Lebih Kocak Dari Stand Up Comedy Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri
BERITA TERKAIT
BACA JUGA