7 Langkah Anti Deg-degan Saat Mudik Naik Pesawat

oleh Maya Galuh
10:14 AM on Jul 16, 2015

Bisa dibilang, mudik menggunakan alat transportasi udara alias pesawat terbang memang paling praktis. Selain waktu tempuh lebih pendek juga tidak terlalu capek. Seberapa jauhpun, maksimal hanya 1 hari perjalanan saja itupun berhenti di beberapa bandara untuk transit. Nah jika Anda berencana untuk mudik lebaran menggunakan pesawat terbang, bukan berarti tidak ada persiapan yang dilakukan lho.

Tips mudik naik pesawat terbang
Tips mudik naik pesawat terbang [ImageSource]
Jangan sampai Anda melewatkan tips-tips mudik lebaran menggunakan pesawat terbang di bawah ini:
Baca Juga
4 Bukti Gregetnya Orang Indonesia Kalau Ada Bahaya, Kayak Sudah Hilang Urat Takutnya
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer

1. Biasanya pengecekan di bandara untuk barang bawaan penumpang itu jauh lebih ketat. Jadi hati-hati jika membawa aneka obat-obatan pribadi. Jelaskan pada bagian keamanan jika perlu ya, jangan sampai disita karena nanti Anda kerepotan jika sakit Anda kambuh tiba-tiba.
2. Untuk bagasi pesawat, tiap penumpang dibatasi 20kg untuk domestik dan 30kg untuk antar negara. Ini saatnya Anda menguji kemampuan packing yang ringan tapi semua keperluan penting terbawa.
3. Otomatis, Anda tidak bisa membawa barang bawaan yang besar ataupun berat bukan? Hindari membawa aneka keperluan yang bisa dibeli ulang di kampung halaman. Sayang lho kalau sampai harus bayar biaya tambahan untuk bagasi, karena chargenya cukup mahal.
4. Jangan lupa gembok koper Anda yang dimasukkan ke dalam bagasi. Dunia penerbangan di Indonesia masih rawan dengan pencurian barang di dalam tas atau koper yang dimasukkan ke dalam bagasi pesawat. Lebih baik lagi jika barang berharga dimasukkan tas dan ditaruh di kabin pesawat saja.
5. Jangan sampai datang telat, menjelang mudik atau hari libur lebaran seperti ini, antrian check in pasti mengular dan tidak ada prioritas bagi Anda yang pesawatnya akan segera terbang. Jadi datang lebih awal lebih baik, segera check in dan masukkan bagasi dan menunggu di terminal yang ditentukan.
6. Jika membawa anak-anak apalagi masih bayi, usahakan agar mereka tenang dengan cara Anda masing-masing. Jika ada bayi menangis atau cranky di dalam pesawat nantinya akan sangat mengganggu bagi penumpang lain.
7. Bawa makanan dan minuman secukupnya, siapa tahu pesawatnya delay dan Anda harus menunggu lebih lama di bandara.

Selamat mudik! Untuk tips terakhir adalah mudik menggunakan kendaraan pribadi (mobil) bisa dibaca pada artikel selanjutnya ya!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA