7 Tips Mandiri Agar Mudik Seru Naik Mobil Sendiri

oleh Maya Galuh
10:22 AM on Jul 16, 2015

Sesungguhnya mudik paling menantang itu adalah membawa mobil sendiri. Kenapa? Selain Anda harus mempersiapkan banyak hal juga Anda sendirilah sopirnya (kecuali membawa sopir tapi ini jarang terjadi).

Mudik naik mobil
Mudik naik mobil [ImageSource]
Nah agar perjalanan mudik lebaran tahun ini lancar tanpa hambatan, siapkan beberapa hal ini yuk:
Baca Juga
4 Lomba Agustusan Greget Ala Suku Dayak Ini Dijamin Bakal Bikin Kamu Melongo
6 Efek Mengerikan Akibat Penggunaan Steroid untuk Membesarkan Otot, Cowok-Cowok Buka Mata Deh!

1. Siapkan tenaga yang prima, baik untuk yang menyetir ataupun yang tidak. Perjalanan darat rawan kena macet ataupun durasi yang sangat lama di jalan.
2. Servis mobil Anda terlebih dulu, ganti sparepart yang perlu diganti. Ini menghindari mogok di tengah jalan dan untuk keamanan. Bayangkan jika di tengah jalan, tengah malam di jalan yang sepi lalu mobil Anda ‘rewel’? Jangan pelit untuk keluar uang dalam mempersiapkan hal ini.
3. Bawalah ban serep dan juga keperluan untuk ‘pertolongan pertama’ jika mobil ‘ngambek’ di tengah jalan. Aneka obeng dan mungkin juga air aki serta oli cadangan boleh dibawa.
4. Walau bisa membawa barang banyak, tapi kondisikan juga mobil Anda. Misal kendaraan Anda kecil seperti Honda Jazz lalu rute mudik cukup menantang, terlalu berat barang bawaan bisa menyebabkan macet di tengah jalan lho.
5. Membawa mobil sendiri itu enaknya adalah Anda bisa fleksibel istirahat kapan saja. Tidak ada salahnya membuat daftar di mana saja ada rest area dan juga SPBU untuk istirahat. Bisa juga Anda membawa bekal makanan bikinan sendiri yang awet seperti aneka kering, rendang, abon dan masih banyak lagi.
6. Jika jarak mudik sangat jauh, pastikan untuk rajin check isi tangki ya. Biasanya lupa untuk melihat speedo lalu tiba-tiba bensin sudah hampir habis dan SPBU masih entah di mana. Tidak lucu kan jika kehabisan bensin di tengah jalan.
7. Anda mengajak serta anak-anak saat mudik? Membawa selimut tebal dan bantal untuk mereka tiduran juga disarankan. Agar buah hati tidak terlalu capek dan akhirnya jadi rewel. Sekarang juga banyak tersedia minimarket untuk sekadar membeli minuman dingin ataupun snack untuk si kecil.

Nikmati perjalanan Anda, jangan terlalu diforsir. Lebih baik lagi jika berangkatnya lebih awal lebih baik, jadi bisa sampai ke kampung halaman dengan tepat waktu.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA