Inilah 4 Motor Jadul yang Sering Dianggap Rongsokan, Namun Kalau Dijual Harganya Bikin Jantungan

Seperti kata orang, makin tua semakin menjadi

oleh Arief Dian
12:00 PM on Aug 6, 2017

Motor adalah kendaraan paling merakyat bagi penduduk Indonesia. Selain murah, juga praktis untuk digunakan kemana-mana, jadi wajar banyak yang memilikinya. Namun kadang, ada pula orang yang menganggap motor ibarat sebuah pakaian. Oleh sebab itu dipilihlah yang paling baru dan tercanggih, agar tidak kalah gengsi dengan yang lain. Meskipun mungkin bakal merogoh kocek yang luar biasa banyak yang penting tampil bergaya.

Usut punya usut, tidak semua orang berpikiran seperti itu. Pasalnya banyak pula yang malah lebih memilih mencari kendaraan jadul buat tunggangannya. Dan tidak tanggung-tanggung harga yang mereka tawarkan untuk motor jadul itu bisa jauh lebih tinggi dari kendaraan generasi sekarang. Lalu motor jadul mana saja yang jadi incaran itu? Simak ulasan berikut.

Baca Juga
7 Mobil Jadul Legendaris yang Keberadaannya Masih Sangat Diandalkan

Motor jadul seharga satu unit mobil

Dari tampilannya mungkin bisa dibilang ketinggalan zaman banget. Namun ternyata harga jualnya bisa melampaui satu unit mobil bekas loh. Ya, motor Jerman keluaran tahun 50-an ini memang punya keunikan tersendiri. Selain CC dari NSU Super Max yang sudah 250 CC, tampilannya juga kece abis untuk zaman itu.

Setara satu mobil [image source]
Apalagi motor tipe ini digadang sebagai yang pertama kali mencapai kecepatan 200 mph, jadi wajar kalau sampai banyak orang yang memburunya. Bukan hanya isapan jempol, NSU Super Max dihargai sampai Rp 48 juta per unitnya. Kalau melihat kelangkaan dan semua prestasinya, sepertinya bukan hal yang aneh kalau NSU yang satu ini dihargai segitu.

Yamaha RX-125 Twin seharga satu motor baru

Mungkin dulu kita bisa dengan mudah menemukan motor yang satu ini. Sekarang agaknya jadi lebih sulit, namun masih tetap bisa dijumpai di jalan raya. Dulu, Yamaha RX-125 Twin memang menjadi salah satu primadona pada tahun 1976, namun sayang sekarang banyak orang yang menganggapnya sebagai sebuah rongsokan.

Masih primadona hingga sekarang [image source]
Dianggap remeh oleh sebagian orang, ternyata kalau dijual sepeda jadul ini punya harga yang bikin jantungan. Bayangkan saja satu ini Yamaha RX-125 Twin lengkap dengan STNK dan BPKBnya, dijual dengan harga Rp 20 juta. Setara dengan motor baru, barang yang sering dianggap rongsokan ini ternyata bikin melongo mereka yang dulu pernah menyepelekannya.

Honda Benly  s 110c, jadi incaran para kolektor

Istilah makin tua makin jadi, sepertinya juga berlaku pada jual beli motor. Seperti yang satu ini, sebuah produk keluaran Honda tahun 70-an kini jadi primadona para kolektor. Memang mungkin jika dilihat dari segi performa bakal kalah saing dengan kendaraan zaman sekarang, namun keunikannya tidak bisa digantikan. Ya, produk Honda Benly S110 C ini memang benar-benar jadi buruan banyak orang.

Buruan kolektor [image source]
Bayangkan saja di sebuah toko online ada yang sampai menawarkan harga mencapai Rp 16 juta. Kalau dibandingkan dengan kendaraan zaman sekarang, mungkin sudah dapat motor yang paling baru. Namun demikian, motor jadul tersebut masih saja ada pembelinya. Namanya juga barang langkah, makin tua tambah tinggi harganya.

Yamaha RX King yang masih menjadi “Raja”

Banyak yang bilang kalau sudah bukan zamannya untuk memiliki kendaraan sejenis RX King ini. Selain performa mesinnya yang tertinggal jauh dengan kendaraan sekarang, banyak yang mengira kalau itu benda rongsokan. Alhasil, kendaraan macam begini jadi dijual di toko bekas atau “dimuseumkan”. Namun faktanya, masih banyak orang yang mau membeli sepeda seperti ini, dihargai ugal-ugalan lagi.

Motor jadul tapi mahal [image source]
Untuk satu unit Yamaha RX King ternyata dijual mencapai Rp 20 juta per-unitnya. Percaya atau tidak, mungkin kalian anggap rongsokan, namun ternyata banyak kolektor yang tak segan mengeluarkan koceknya demi mendapatkan barang ini.

Kesamaan dari semua motor itu adalah kebanyakan orang menganggap mereka barang biasa, namun setelah dijual ternyata harganya bukan main. Bukan hanya di zamannya saja mereka bisa berjaya, namun sekarang ini pun, banyak motor jadul ini tetap jadi primadona.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA