in

Momen Menyentuh di Dangdut Academy ini Membuat Semua Penonton Menangis

Dangdut di Indonesia saat ini memang sudah berkembang pesat. Bila dulu dangdut hanya dinikmati oleh beberapa orang dan hanya memiliki segelintir penyanyi kawakan, sekarang peggemar dangdut sudah merambah berbagai umur dengan penyanyi yang membludak. Tidak salah jika hal tersebut salah satunya disebabkan oleh munculnya acara pencarian bakan di bidang dangdut yang bernama Dangdut Academy atau D’Academy.

Acara yang setiap hari ditayangkan di salah satu televisi swasta Indonesia itu pertama kali tayang pada tahun 2014 dan langsung merebut hati masyarakat. Sampai saat ini mereka sudah memasuki musim keempat dan juga memiliki acara turunan lain seperti DA Asia, DA Selebritis, dan lainnya. Program yang dipandu oleh tiga presenter kondang dengan lima juri dan tiga orang komentator itu memang menarik untuk ditonton karena tak hanya menunjukkan bakat peserta tetapi juga banyak kelucuan serta cerita mengharukan di panggung.

Uniknya semua elemen dalam acara tersebut ternyata memiliki kisah-kisah sendiri yang selalu bisa menyentuh hati penonton. Entah itu dari sisi juri, pembawa acara, bahkan peserta. Dan berikut ini ada empat momen paling menyentuh sepanjang Dangdut Academy yang dikumpulkan dari berbgai sumber. Siap-siap tisu.

Pertemuan Mas Idayu dan sang anak

Para pecinta DA mungkin sudah tahu bahwa juri acara ini tak hanya berasal dari Indonesia, tetapi juga ada beberapa orang juri tamu yang salah satunya dari Malaysia yaitu Mas Idayu. Penyanyi kenamaan Malaysia itu sudah didaulat menjadi juri sejak musim pertama dan dia juga ternyata pernah dibuat tersedu-sedu di sana. Saat itu ketika seorang peserta menyanyikan lagu berjudul Keramat yang mengisahkan tentang ibu, penyanyi Malaysia itu tak sanggup menahan tangisnya.

Bahkan ketika waktunya memberi komentar dia tetap tak sanggup menahan tangis yang konon katanya nyanyian sang peserta membuatnya teringat dengan sang anak. Perempuan single parent ini memang tak biasa tinggal jauh dari anak tercintanya, oleh karena itu lagu tentang ibu tadi bisa sangat menyentuh hatinya. Belum lagi saat ternyata sang anak datang ke studio yang membuat hampir seluruh orang di sana menjadi saksi pertemuan haru ibu dan anak itu.

Curhat Kak Ros tentang anak

Lagi-lagi cerita tentang seorang ibu mewarnai panggung Dangdut Academy. Kisah kali ini datang dari juri asal Singapura, Rosalina Musa yang secara tidak sengaja menceritakan kisah hidupnya dalam panggung Dangdut Academy Asia 2 tahun lalu. Sebelumnya seluruh rekan juri, komentator, maupun host hanya tahu bahwa penyanyi cantik itu sudah menikah dan dikaruniai satu buah hati. Tapi perempuan yang kerap disapa Kak Ros itu ternyata bercerita bahwa dia dan suami mengadopsi buah hatinya tadi.

Rosalina Musa [image source]
Lebih lanjut Kak Ros memaparkan bahwa butuh waktu bertahun-tahun untuk pasangan ini mendapatkan anak. Dan sekalinya dinyatakan hamil ternyata kandungannya tidak sehat. Sampai suatu ketika dokter memberikan pilihan apakah ingin menyelamatkan sang bayi dalam kandungan atau sang ibu. Rosalina saat itu memilih untuk berkorban dan menyelamatkan bayinya, tapi karena bujukan sang suami yang menyatakan dia sangat mencintai istrinya itu maka Kak Ros mengorbankan buah cintanya dengan perasaan sedih. Kisah itu kemudian mengagetkan seluruh juri dan komentator, namun setelah itu mereka kembali menguatkan Rosalina Musa.

Peserta bertanding tanpa dukungan ibu

Kisah kali ini datang dari seorang peserta Dangdut Academy 4 bernama Mira. Beberapa waktu lalu saat peserta dari Banyuwangi ini tampil menyanyikan lagu Sumpah Benang Emas, juri Iis Dahlia tak segan memberikan beberapa kritikan positif untuknya. Tak disangka panggung Dacademy seketika menjadi sangat sedih saat Mira bercerita bahwa dia tak mendapat dukungan dari sang ibu layaknya peserta lainnya.

Perempuan Banyuwangi itu memaparkan bahwa ibunya tak ingin Mira menghubunginya kecuali sang ibu yang memberi kabar terlebih dahulu. Hal itu membuat Iis Dahlia kemudian menghampiri sang peserta sambil mengatakan dia bersedia menjadi pengganti ibunya selama pelatihan yang bisa kapan saja bisa dihubungi jika ingin bercerita tentang apapun. Penyanyi dangdut melankolis itu berbuat demikian karena mengerti pasti Mira merasa iri saat melihat peserta lain sangat dekat dengan sang ibu.

Rina Nose mandapatkan restu dari sang ayah

Momen menyentuh tak hanya dirasakan juri dan peserta saja, tetapi juga sang pembawa acara Rina Nose. Saat menjadi host dalam acara tersebut Rina sempat terlibat cinta lokasi dengan juri asal Brunei Darussalam bernama Fakhrul Razi. Cerita cinta Rina dan Fakhrul memang sempat jadi hal yang ditunggu-tunggu para penggemar karena saat itu mereka terlihat sangat meyakinkan dalam membina hubungan dan membawanya ke jenjang yang lebih serius.

Dalam suatu kesempatan, Fakhrul sempat menyatakan ingin sekali bertemu sosok ayah Rina dan mendapat restunya. Selama ini ketika mengobrol dengan ayah sang pujaan hati, penyanyi jazz Brunei itu mengaku selalu ingin menangis karena teringat ayahnya di rumah. Dan kemudian tanpa diduga sosok ayah Rina muncul dari belakang panggung dan awalnya dengan ragu Fakhrul menyalami beliau sebelum kemudian memeluknya sambil terisak. Momen itu membuat banyak netizen berharap hubungan mereka bisa segera diresmikan meskipun faktanya sekarang rina dan Fakhrul telah berpisah.

Panggung Dangdut Academy memang termasuk tak pernah sepi dari kisah-kisah seru, mulai dari yang membuat tertawa terbahak-bahak sampai menangis terisak-isak. Itulah mungkin yang membuat acara ini bisa bertahan bertahun-tahun dengan jumlah penggemar semakin bertambah. Yah semoga semakin lama musik yang identik dengan Indonesia ini semakin bisa mengambil hati masyarakat dengan konsep menarik dari acara yang menaunginya.

 

 

Written by Faradina

Leave a Reply

Meme-Meme ‘Absolutely Indonesian’ ini Bikin Kita Sadar Warga Indonesia itu Unik

Satudarah MC, Gengmotor Ciptaan Orang Indonesia yang Ditakuti Banyak Negara di Eropa