Inilah 5 Mobil Super Keren yang Digunakan oleh Presiden Indonesia Saat Dinas

Seperti inilah spesifikasi yang layak buat orang nomor satu di Indonesia

oleh Nikmatus Solikha
07:00 AM on Mar 22, 2017

Sudah selayaknya seorang pejabat di suatu negara mendapat fasilitas mobil dinas. Terlebih orang tersebut memiliki jabatan nomor satu, patutlah diberi kendaraan paling wow. Alat transportasi tersebut haruslah berada di atas rata-rata dari segi keamanan dan juga kenyamanan.

Dari zaman presiden Soekarno, Indonesia memang selalu memberikan kendaraan yang terbaik bagi pemimpin negeri. Berikut ini adalah deretan mobil super keren dari generasi Ir. Soekarno hingga sampai presiden Jokowi.

Baca Juga
10 Atlet SEA Games 2017 Asal Indonesia Ini Nggak Cuma Bikin Bangga, tapi juga Cantik Jelita
Fakta Android Oreo, Sistem Operasi Terbaru Keluaran Google dengan 7 Fitur Super Canggih

Buick-8 yang dulu digunakan oleh presiden Soekarno

Setelah resmi menjadi negara yang merdeka, mobil Buick-8 adalah kendaraan yang digunakan oleh pemimpin pertama bumi pertiwi ini. Bukan hanya menemani saat berkeliling, mobil ini juga menjadi saksi bagaimana Ir. Soekarno berjuang mempertahankan kemerdekaan antara tahun 1945 hingga 1949.

buick-8 yang digunakan Ir. Soekarno [image source]
Mobil spesial ini merupakan type Limited-8 yang dikeluarkan oleh Buick pada tahun 1939. Kapasistasnya sendiri adalah 320 ci atau 5.247 cc. Di setiap silindernya terdapat 8 silinder yang dapat menghasilkan tenaga hingga 141 hp pada kecepatan 3.600 rpm.

Mercedes-Benz 500SEL Limousine digunakan oleh presiden Soeharto

Mobil mewah ini diluncurkan pada tahun 1987. Mobil yang digunakan oleh presiden ke-2 republik Indonesia ini juga disebut-sebut setara dengan mobil dinas Ratu Elizabeth II dan Presiden Bill Clinton. Jenis kendaraan yang diciptakan oleh pabrik di Jerman ini memiliki tipe mesin M117.963 dan dilengkapi delapan silinder dengan kapasitas 5.0L.

Mercedes-Benz 500SEL Limousine [image source]
Jika dibandingkan dengan mobil yang digunakan Ir. Soekarno, Mercedes-Benz ini sedikit lebih unggul, karena memiliki kecepatan 220 km/jam sementara mobil dinas presiden pertama memiliki kecepatan 210 km/jam.

Mercedes-Benz S600 digunakan empat presiden RI

Mobil ini mulai digunakan pemimpin negara sejak tahun 1995. Kendaraan yang diluncurkan pada tahun 1994 ini memiliki spesifikasi yang nggak kalah tangguh dari tipe sebelumnya. Berbeda dengan jenis mobil dinas presiden sebelumnya yang hanya mengutamakan mesin.

Mercedes-Benz S600 [image source]
Mobil ini juga sudah dilengkapi dengan standart keamanan yang sangat tinggi. Pada bodi dan kacanya juga antipeluru. Tak heran jika mobil ini merupakan kendaraan paling lama yang digunakan oleh presiden mulai dari Presiden Soeharto, Habibie, Gus Dur, Megawati hingga Susilo Bambang Yudhoyono.

Mercedes-Benz S600L digunakan Presiden SBY

Pada masa kepemimpinan periode ke-2 SBY, beliau mulai berganti kendaraan. Saat itu, Mercedes-Bens S600L dengan model W221  adalah pilihan yang dianggap terbaik. Mobil yang keluar pada tahun 2008 ini bisa dibilang kendaraan dengan sistem proteksi tertinggi.

Mercedes-Benz S600L [image source]
Tak hanya mampu menahan serangan senapan, mobil ini juga bisa menahan serpihan bom. Sementara untuk mesin, alat transportasi ini memiliki 12 silinder Biturbo sehingga mampu mengeluarkan tenaga sampai 517 daya kuda. Di dalamnya juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti koneksi internet, televisi, AC, sampai tabung oksigen.

Mercedes-Menz S600L Pullman Guard

Merupakan mobil terbaru yang digunakan oleh Presiden Jokowi. Kendaraan ini dikenal bukan hanya sebagai media perjalanan, namun juga pelindung selama pimpinan Indonesia berada di luar. Bisa dibilang jika alat transportasi ini merupakan yang paling aman di dunia. Biasanya, mobil ini hanya digunakan oleh pemimpin negara. Sama seperti sebelumnya, kendaraan ini dibuat dengan material antipeluru.

mobil-presiden-jokowi [image source]
Tak hanya itu, Mercy keluaran 2008 ini juga tahan senjata ringan hingga granat tangan. Tak sampai di sana, transportasi ini juga memiliki pemadam kebakaran otomatis yang mengunci penyebaran api. Juga dilengkapi dengan pengaturan udara segar dengan sistem kontrol untuk membuka kaca jendela secara elektronik. Dibekali dengan mesin 6.000 CC V12 dengan tenaga 525 daya kuda.

Itulah lima mobil yang digunakan oleh para pemimpin Indonesia dari generasi ke generasi. Semua mewah dan keren. Tapi, mungkin kamu sudah dengar soal mobil dinas Pak Jokowi yang ternyata pernah mogok beberapa hari yang lalu. Hmm, sepertinya presiden butuh untuk beli mobil dinas yang baru nih.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA