Kaliurang Unisi, Mobil Listrik Cerdas Kreasi Mahasiswa UII yang Siap Bikin Bangga Negeri Ini di Kompetisi Internasional

Dalam waktu dekat mobil ini akan bertarung melawan kompetitor dari negara lain. Mudah-mudahan juara!

oleh Nikmatus Solikha
09:00 AM on Aug 18, 2017

Indonesia sejatinya punya banyak banget bibit unggul yang berpotensi membawa bangsa ini lebih maju lagi. Terbukti kan, sebenarnya orang-orang Indonesia punya kecerdasan yang nggak kalah dari negara-negara maju lainnya. Mungkin, kita memang dibuat takjub dengan orang-orang di Jepang yang menciptakan robot sebagai pelayan restoran. Tapi, Indonesia juga punya lho orang-orang berbakat yang menciptakan mobil listrik super canggih yang bahkan bisa update status sendiri.

Beberapa tahun belakangan ini, mahasiswa Fakultas Teknologi Industri dari Universitas Islam Indonesia Yogyakarta memang aktif mengembangkan mobil listrik. Dan terbukti, hasil kerjasama dosen dan para pelajar tersebut membuahkan hasil yang cukup gemilang.

Baca Juga
Mengenal Sosok Alex Evert Kawilarang yang Pernah Menampar Pipi Presiden Soeharto
5 Kasus Manusia Diselamatkan Hewan Buas, Bukti Jika Binatang juga Punya Nurani

Keistimewaan mobil buatan mahasiswa UII

Sebuah mobil mungkin bisa diciptakan oleh mahasiswa teknik lain. Namun, inovasi yang dibuat oleh mahasiswa UII emang bikin orang berdecak kagum. Lantas, apa yang membedakan mobil buatan anak-anak UII ini? Yang spesial adalah teknologi yang membuat mobil listrik tersebut punya kemampuan IoT atau Internet of Things.

Mobil Kaliurang anak UII [image source]
Mobil yang diberi nama Kaliurang tersebut bisa dikendalikan dengan sistem operasi Android. Bisa dibilang, mobil Kaliurang ini mirip seperti Skynet dalam film Terminator yang dibintangi oleh Arnold Schwazeneger. Karena teknologi tersebut, pengguna juga bisa mengecek semua indikator mobil melalui perangkat genggam.

Mobil ciptaan yang bisa update status

Kebayang nggak sih gimana canggihnya mobil yang bisa update status sendiri? Iya, otomatis! Terkesan mustahil ya, tapi ternyata Kaliurang Unisi mampu melakukannya lho! Mobil canggih tersebut bisa menulis status Facebook dan juga Twitter dengan sendirinya, tanpa ada yang mengendalikan.

Mobil yang bisa update status [image source]
Semua aksi yang dilakukan mobil satu ini bakal dishare di sosial media. Biasanya, yang kerap dishare mobil tersebut adalah suhu, meski kadang juga update status tentang kecepatan. Para programer di tim UASC sih mengatakan kalau kecanggihan tersebut sebagai ‘Server Berjalan’

Ditantang buat balap internasional

Kehebatan para mahasiswa Universitas Islam Indonesia yang tergabung dalam tim Ulil Albab Student Center (UASC) memang makin diakui saja. Terbukti, mobil buatan mereka ‘Kaliurang Unisi’ ditantang buat ikutan lomba balap mobil listrik Formula SAE tingkat Internasional tahun 2017.

Mobil yang ditantang untuk go internasional [image source]
Lomba tersebut rencananya bakal diadakan di tiga negara, yaitu Jepang, Australia dan Italia. Sebelumnya, tim UASC yang mengembangkan teknologi mobil listrik yang terintegrasi dengan android sudah mengantarkan mereka menjadi juara 1 di kategori best technology di Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) di tahun 2016.

Terkendala masalah dana

Kompetisi internasional tinggal selangkah lagi, tapi sayang sampai saat ini anggota tim masih kebingungan terkait soal dana pengembangan mobil listrik. Setidaknya, total biaya yang dibutuhkan sekitar Rp. 5 miliar. Uang tersebut dipergunakan untuk mencukupi keperluan produksi mobil listrik sebesar Rp 1,5 miliar dan Rp. 3,5 miliar untuk biaya akomodasi di negara lokasi kompetisi. Karena kendala tersebut, hasil karya cemerlang tim UASC pun berada di ujung tanduk.

Para mahasiswa cerdas yang butuh dukungan [image source]
Namun, Menteri Pemuda dan Olahraga (MENPORA) hingga saat ini masih menyampaikan dukungannya agar Tim Mobil Listrik UII bisa melanjutkan cita-cita untuk tampil di level internasional. Sebagai bentuk dukungan, pihaknya juga berkomitmen untuk memberikan rekomendasi dan upaya untuk menggalang sponsor.

Perkembangan kerja keras para mahasiswa memang cukup menarik perhatian dunia. Semoga adanya kendala dana dapat segera diatasi, dan pemerintah juga bisa memberikan apresiasi dan dukungan dalam bentuk dana. Dengan prestasi dari mahasiswa UII ini, semoga menjadi inspirasi bagi para pelajar lain untuk terus berkarya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules Inilah Mongrel Mob, Gangster Selandia Baru yang Namanya Mulai Jadi Pembicaraan di Dunia 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Miris! Bukan Kebahagiaan, Pengantin Ini Malah Dibuat Malu oleh Wedding Organizer Kisah John Kei, Preman Gahar Sang 'Godfather of Jakarta' yang Kini Menempuh Jalan Kebenaran Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA