5 Cara Sakti untuk Punya Mobil Sendiri Meskipun Gaji Hanya 2 Jutaan

Kata siapa gaji kecil nggak bisa punya mobil?

oleh Bima Utama
12:00 PM on Apr 17, 2017

Kebutuhan manusia untuk hidup sangat banyak. Mulai yang primer seperti makan, pakaian, sampai perumahan. Tapi lebih banyak lagi kebutuhan yang sekunder. Orang bilang nggak wajib ada. Tapi bisa jadi kebutuhan utama kalau untuk mendukung karir atau keluarga. Salah satu kebutuhan sekunder yang paling banyak dikejar orang adalah punya mobil.

Mungkin saja saat ini kamu hidup dengan gaji Rp 2 jutaan. Mungkinkah kamu bisa punya mobil tahu depan, atau dua tahun lagi misalnya? Agak sulit memang, dan butuh banyak pengorbanan. Tapi bukan hal yang mustahil, karena kuncinya cuma di pengaturan keuangan saja. Artinya tergantung bagaimana pintar-pintarnya kamu mengatur aliran masuk dan keluar penghasilanmu. Ikutin aja tips berikut ini, agar kamu bisa beli mobil meskipun gajimu cuma 2 jutaan.

Baca Juga
Fakta Silat Marunda, Warisan Maut Si Pitung yang Bikin VOC Terkencing-kencing Tak Berdaya
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting

1. Rajin dan rutin menabung

Ini yang paling dasar banget. Rasanya sulit kita dapetin mobil atau barang apa aja yang mewah, kalau kita hidup boros. Kamu bisa membiasakan menabung, meskipun mulai dari duit recehan. Mulai dari koin! Daripada recehan disia-siakan, mending kamu masukan dalam celengan. Pernah dengar, kisah pasutri pedagang makanan kecil asal Ponorogo yang bisa beli motor secara tunai pakai duit receh? Mereka gigih menabung tiap hari selama enam tahun sampai dapat duit sebanyak Rp 18 juta lho!

Ilustrasi menabung [Image Source]
Kebiasaan menabung tidaklah mudah, bahkan buat banyak orang, jadi tantangan hidup. Coba deh kamu hitung, kalau kamu bisa nabung tiap hari lima ribu rupiah aja, sebulan dapat 150 ribu. Tinggal kali setahun dapatnya sudah sekitar Rp 1,8 juta. Semakin banyak nabung duitnya bisa dipakai untuk DP mobil.

2. Menabung emas di Pegadaian

Tantangan terbesar menabung adalah godaan untuk berhenti atau mengambil duit di celengan. Ada saja alasan untuk membobolnya. Ada cara lain menabung dalam bentuk uang, sedikit demi sedikit, tapi sulit buat diambil. Kamu bisa menabung dalam bentuk emas salah satunya seperti yang disediakan oleh PT Pegadaian. Mereka memiliki produk tabungan emas.

Tabungan emas [Image Source]
Tinggal buka rekening, kamu bisa mulai menabung emas setiap hari kerja di kantor Pegadaian terdekat. Kamu bisa menabung minimal setara harga seperseratus gram emas, atau kira-kira mulai 5-6 ribu rupah. Ringan kan? Nah, kamu baru bisa ambil tabunganmu kalau nilai tabungan sudah mencapai setara 5 gram emas, atau setara 2,5-3 juta rupiah. Kamu boleh mengambilnya dalam bentuk uang tunai atau fisik emas. Bisa dijadikan tambahan uang muka mobil kan?

3. Menabung Lewat Arisan Keluarga atau Teman

Nggak kepikir kan kalau kamu bisa menabung lewat arisan? Karena biasanya kegiatan arisan itu monopolinya emak-emak di kampung, padahal itu bisa dilakukan siapa saja, baik keluarga maupun teman-teman sekantor. Cara ini juga bisa jadi tambahan buat dapatkan mobil impian.

Ilustrasi arisan [Image Source]
Misalnya, kamu coba memulai arisan dengan teman-teman kantor. Kalau iuran arisan per bulannya, misalkan Rp 300 ribu. Kalau peserta arisan di kantor ada 20 orang, maka dana arisan yang terkumpul Rp 6 juta tuh. Saat kamu dapat arisan, nah itu bisa jadi DP mobil juga kan?

4. Realistis Memilih Mobil Sesuai Anggaran

Setelah uang muka mobil bisa kamu dapatkan melalui cara-cara di atas, kamu bisa mulai pilih mobilnya. Mobil baru tentu membutuhkan anggaran yang lebih besar daripada yang bekas. Jika kamu butuh fungsinya daripada tampilannya, maka lebih baik berburu mobil bekas aja. Banyak lho yang masih OK, baik tampilan maupun kekuatan mesinnya.

Realistis dalam memilih mobil [Image Source]
Mobil buatan Jepang dan Korea lebih murah dari keluaran pabrik Eropa. Misalnya kamu dapatkan mobil idamanmu, yang bekas, seharga 50 juta rupiah, hitunglah berapa angsuran atau cicilan setiap bulannya apabila kamu bayar uang mukanya 20-30%. Bisa kamu cari lewat kalkulator cicilan mobil di internet. Dapatkan jangka waktu pinjaman yang panjang, minimal 4-5 tahun. Jadi bisa terjangkau banget angsuran setiap bulannya dengan sisa anggaranmu.

5. Menambah Penghasilan Sampingan

Secara prinsip, kamu bisa sih beli mobil bekas dengan gaji minimal. Masalahnya tentu timbul ketika kamu ingin mobil yang lebih bagus, agak mahal atau tahunnya muda. Kamu tentu harus menambah pundi-pundi penghasilanmu. Nah, artinya waktu libur dan senggangmu bisa kamu manfaatkan untuk cari duit tambahan.

Iustrasi kerja part time [Image Source]
Mungkin kamu akan heran, bahwa di luar sana banyak banget kerja freelance yang bisa kamu lakukan. Misalnya, dengan menjadi konsultan finansial, sales leasing mobil, sales asuransi jiwa dan kesehatan, marketing property, sampai jadi pengemudi ojek online. Semua kerjaan itu dijamin bisa nambah income. Asalkan bisa ngatur waktunya dengan jadwal kerja tetap kamu yang udah ada.

Jadi siapapun bisa beli mobil kalau mau dan butuh. Meskipun saat ini gajinya kecil dan rasanya tidak mungkin membeli mobil. Tetapi dengan ketekunan dan kedisiplinan berhemat dan menabung, apalagi kalau kamu dapat sumber penghasilan tambahan. Mobil impian kamu bisa cepat muncul di garasi. Silahkan dicoba tipsnya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA