in

4 Mitos yang Dipercaya Banyak Orang Indonesia Tentang Mereka yang Baru Saja Pulang Haji

Tradisi Cium Tangan [image sourcce]

Kepulangan jamaah haji selalu ditunggu-tunggu oleh sebagian besar warga Indonesia. Tidak hanya keluarga, para kerabat, teman-teman, hingga tetangga juga sudah menanti kedatangan mereka. Kloter pertama jamaah haji Indonesia yang dijadwalkan pulang ke tanah air pada tanggal 5 September 2017 lalu, pasti sudah bebaring nyaman di kediaman masing-masing. Berbeda dengan kloter-kloter selanjutnya, masih ada yang belum sampai ke tanah air hingga hari ini.

Banyak sekali mitos yang dipercayai orang Indonesia akan orang yang baru saja pulang dari tanah suci, apalagi naik haji. Mereka dipercaya membawa keajaiban dari ibadahnya yang hampir 40 hari tersebut. Tak heran jika memang banyak yang menunggu kepulangan para jamaah haji, bahkan ada pula orang tak dikenal yang sengaja ikut menyambut agar mendapat sisa-sisa keajaiban yang dibawa mereka. Apa saja, sih keajaiban yang dibawa pulang oleh jamaah haji dan dipercaya banyak orang? Berikut ulasannya.

Masih Diikuti Malaikat

Haji yang total panjangnya selama 40 hari itu merupakan ibadah wajib bagi umat muslim. Jika memang mampu maka umat Nabi Muhammad SAW ini diwajibkan untuk pergi berhaji. Jaman sekarang sudah tidak banyak kendala yang harus dihadapi jika menempuh perjalanan haji. Banyak biro perjalanan juga yang sudah menyediakan paket haji plus untuk yang belum kebagian kuota dari Kementerian Agama RI.

Masih Diikuti Malaikat [image source]
Banyak orang di berbagai belahan Indonesia berbondong-bondong untuk menyambut kepulangan para jamaah haji. Mereka dipercaya masih diikuti malaikat hingga tiba di kediaman. Hal tersebut diartikan bahwa mereka adalah orang suci karena diikuti oleh malaikat. Sedangkan orang-orang yang bisa berada di dekat jamaah haji yang baru pulang bisa kecipratan sedikit kesuciannya. Mungkin kalian mau coba? Mumpung masih ada jamaah haji yang belum pulang, lho.

Cium Tangan, Minta Didoakan Agar Segera Menyusul

Frasa “agar segera menyusul” ini sebenarnya agak identik dengan pernikahan. Namun, kali ini berbeda. Doa agar segera menyusul ini berarti bisa segera pergi haji ke tanah suci. Bagi sebagian orang yang percaya mitos bahwa jamaah yang baru pulang haji membawa keajaiban, ya ini salah satunya.

Tradisi Cium Tangan [image source]
Cara terampuh agar kita bisa segera menyusul ke tanah suci adalah dengan mencium tangan mereka yang baru pulang haji. Hal tersebut dipercaya bisa menghantarkan kita mengikuti jejak mereka. Setelah menciumi tangannya jangan lupa untuk ikut serta minta didoakan dan juga mendengarkan pengalaman mereka di sana, agar paling tidak punya bekal sebelum bertandang ke Makkah dan Madinah.

Diperciki Air Zam Zam

Meminum air zam zam yang disuguhi di rumah jamaah yang baru pulang haji merupakan hal yang biasa. Memang, hal tersebut juga akan berpengaruh baik kepada tubuh, apalagi meminum air zam zam yang dibawa langsung dari Makkah. Akan tetapi, tradisi yang berbeda dilakukan masyarakat Madura. Mereka percaya jika diperciki air zam zam oleh mereka yang baru pulang haji, maka wajahnya akan berseri dan juga kesehatan akan selalu meliputinya.

Tradisi Diperciki Air Zam Zam [image source]
Entah bagaimana bisa warga satu Madura mengantre untuk diperciki air zam zam oleh haji dan hajjah di sekitar rumah mereka. Namun memang tradisi tersebut yang mereka pegang teguh agar mendapat keberkahan orang yang bisa dekat dengan Ka’bah secara langsung. Wah, bisa dicoba, nih!

Doa Mereka yang Baru Pulang Haji Biasanya Dikabulkan

Banyak yang percaya bahwa orang yang mampu naik haji mendapat keistimewaan yaitu dibersihkan segala dosa-dosanya. Sehingga, setelah pulang haji mereka menjadi orang yang kembali suci. Hal tersebut juga berpengaruh bagi orang-orang di sekitar mereka. Bagaimanapun, para warga akan berbondong-bondong mendekat agar mereka juga tertular sedikit berkah yang dibawa dari tanah suci.

Jamaah Haji Indonesia [image source]
Hal satu ini juga tidak luput diminta ketika bertandang ke kediaman haji dan hajjah yang baru saja pulang. Ya, meminta doa. Jika mencium tangan dipercaya bisa membawa kita ikut menyusul pergi ke tanah suci, kali ini doa apapun yang kalian inginkan dipercaya bisa terkabul jika didoakan oleh haji dan hajjah yang baru saja pulang. Kira-kira kalau kalian mau minta doa apa?

Itulah sekian hal yang dipercaya menjadi keajaiban mereka yang baru pulang haji dari tanah suci. Hari ini masih belum terlambat untuk bertandang ke rumah para haji dan hajjah yang baru pulang. Paling tidak kalian bisa menciumi aroma tanah suci langsung!

Written by Harsadakara

English Literature Graduate. A part time writer and full time cancerian dreamer who love to read. Joining Boombastis.com in August 2017. I cook words of socio-culture, people, and entertainment world for making a delicious writing, not only serving but worth reading. Mind to share your thoughts with a cup of asian dolce latte?

Leave a Reply

Menguak Kisah Haru Ceko, Pria yang Nekat Tato Peta Indonesia di Seluruh Wajahnya

Kisah Misteri di Balik Pantangan Mengucap “Lada” di Dago Pakar, Jangan Berani Coba-Coba!