Mengulik Mitos Larangan Memakai Baju Hijau di Pantai Parangtritis yang Bikin Banyak Orang Takut

Jangan nekat menggunakan baju berwarna hijau jika tak ingin sial.

oleh Endah Boom
12:00 PM on Sep 14, 2017

Pantai Parangtritis memang salah satu pantai yang paling terkenal dan populer di Yogyakarta. Hal ini memang tak mengherankan, sebab Parangtritis memiliki pesona keindahannya tersendiri dan juga kisah mistisnya yang selalu mengundang rasa penasaran. Ditambah lagi dengan legenda keberadaan si Ratu Penguasa Laut Selatan, Nyi Roro Kidul.

Kalau mendengar nama Nyi Roro Kidul kok rasanya merinding, ya. Membayangkan sosoknya yang berasal dari alam lain dengan selendang hijau dan paras yang begitu menyihir, bikin bulu kuduk berdiri. Apalagi dengan banyaknya mitos yang berkaitan dengan sosoknya, seperti larangan memakai baju hijau saat berkunjung ke Parangtritis. Karena konon katanya yang pakai baju hijau bisa jadi budak Nyi Roro Kidul, hm benarkah begitu?

Baca Juga
4 Mitos yang Dipercaya Banyak Orang Indonesia Tentang Mereka yang Baru Saja Pulang Haji
Menguak Kisah Haru Ceko, Pria yang Nekat Tato Peta Indonesia di Seluruh Wajahnya

Entah Sejak Kapan Mitos Pantang Memakai Baju Hijau Bermula

Mitos memakai baju berwarna hijau [Image Source]
Tak bisa dipastikan sejak kapan mitos soal larangan memakai baju hijau di Parangtritis bermula. Mitos ini beredar dari mulut ke mulut. Karena cerita mistis dan misterinya yang begitu kuat, banyak yang meyakini bahwa jika mau selamat di Parangtritis jangan pakai baju warna hijau. Hal ini berkaitan dengan Nyi Roro Kidul yang konon menyukai warna hijau.

Yang Memakai Warna Hijau Bisa Diperbudak Nyi Roro Kidul?

Bakal diperbudak Nyi Roro Kidul jika nekat memakai baju berwarna hijau [Image Source]
Mitos yang satu ini agak serem sebenarnya. Ada yang menyebutkan bahwa orang yang memakai baju hijau saat berada di Parangtritis besar kemungkinan mendapat “perhatian khusus” dari Nyi Roro Kidul. Khususnya pria berpakaian hijau, kalau Nyi Roro Kidul sudah naksir, bisa-bisa pria tersebut akan diculik dan diperbudak olehnya. Meski mungkin tak bisa sepenuhnya dinalar akal sehat, tapi itulah mitos yang diyakini oleh banyak orang. Kamu sendiri, bakal percaya nggak sama mitos seperti itu?

Nekat Memakai Baju Hijau Bisa Mengalami Hari Sial

Jika nekat bisa menjadi hari sial bagimu [Image Source]
Ada juga yang bilang kalau ada orang yang nekat memakai baju hijau saat berada di Parangtritis akan mengalami hari sial. Seperti tiba-tiba merasa ditarik ombak yang begitu besar. Yang terburuk adalah hilang ditelan ombak. Tapi kalau dipikir-pikir lagi memang ombak di Parangtritis itu sangat besar dan kuat. Baju apapun yang kita pakai, kalau tidak hati-hati kita juga bisa terseret ombak dan hilang di tengah lautan. Ketinggian ombak pun kabarnya bisa mencapai 5-7 meter. Kebayang kan kalau ombak setinggi itu tiba-tiba melahap tubuh kita? Dalam hitungan detik kita bisa hanyut dan hilang. 

Demi Keamanan Memang Sebaiknya Tidak Memakai Baju Hijau

Hindari menggunakan baju berwarna hijau [Image Source]
Jadi begini, warna air laut Parangtritis itu memang agak kehijauan. Kalau kamu memakai baju hijau dan terseret arus (tapi amit-amit deh jangan sampai kejadian), maka tim SAR nantinya akan kesulitan menemukanmu. Warna bajumu hijau dan hilang di tengah laut yang juga kehijauan, tim SAR bakal mengalami hambatan sendiri untuk menemukanmu. Memang untuk amannya sih, pakai baju warna lain yang lebih ngejreng saja kali, ya.

Keganasan ombak Parangtritis itu tak semata-mata karena berhubungan dengan mitos Nyi Roro Kidul. Tapi karena memang Parangtritis memiliki arus yang disebut rip current. Apa itu rip current? Ini adalah arus balik yang terjadi di bawah permukaan laut. Arus ini bisa menyeret seseorang yang berada di dekatnya dengan begitu ganas sampai ke tengah laut. Setiap kali mengunjungi pantai, kita memang harus selalu menjaga diri dan selalu berhati-hati. Jangan sampai nekat melakukan hal yang aneh-aneh dan membuat kita malah celaka sendiri nantinya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules Inilah Mongrel Mob, Gangster Selandia Baru yang Namanya Mulai Jadi Pembicaraan di Dunia 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Miris! Bukan Kebahagiaan, Pengantin Ini Malah Dibuat Malu oleh Wedding Organizer Kisah John Kei, Preman Gahar Sang 'Godfather of Jakarta' yang Kini Menempuh Jalan Kebenaran Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA