in

5 Cerita Mistis Hoax yang Sempat Gemparkan Indonesia

5. Kakek Sarung

Tidak puas dengan berita hoax ala Nenek Gayung dan Kakek Cangkul, rakyat Indonesia kembali dihebohkan dengan kehadiran Kakek Sarung. Kakek satu ini terkenal di awal-awal tahun 2015 dengan rumor yang tersebar lewat broadcast BBM. Rumor ini awalnya muncul di Medan dan meluas ke mana-mana, sama seperti dua fenomena sebelumnya.

Kakek Sarung
Kakek Sarung [ImageSource]
Jika Nenek Gayung dan Kakek Cangkul tidak suka ditanya, Kakek Sarung orangnya lebih supel dan suka ngobrol. Dia juga menawarkan sarung yang dibawanya untuk dijual seharga 5-10 ribu. Siapa yang membeli sarung tersebut, akan meninggal keesokan harinya. Kalau sampai Kakek Sarung yang jelas-jelas hoax ini masih muncul juga di bioskop, rakyat Indonesia memang benar-benar haus mistis.

Di saat warga negara lain berlomba-lomba menciptakan inovasi dan bersiap menuju persaingan global, rakyat Indonesia ternyata masih terjebak isu-isu tidak masuk akal seperti ini. Lebih parah lagi, isu ini malah dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk membuat film. Dan film itu meraup ratusan ribu penonton dengan produksi film yang ‘apa adanya’.

Baca Juga : 7 Legenda dan Misteri Gunung-Gunung di Indonesia yang Wajib Kamu Tahu!

Kita hendaknya sadar bahwa menyebarkan berita-berita hoax hanya akan membuat kehebohan dan kepanikan yang tidak ada gunanya. Kepanikan dan kehebohan kita akan dimanfaatkan orang lain, contohnya seperti para pembuat film tadi. Dan siapa tahu kalau gosip-gosip murahan ini hanyalah ciptaan seseorang yang ingin mengalihkan isu? (HLH)

Written by Centralismo

Leave a Reply

Penjelasan Logis di Balik Mitos yang Aneh Bin Ajaib

7 Tren Paling Digandrungi Namun Sering ‘Membunuh’ Orang!