Prabu Siliwangi, Gambaran Pemimpin Ideal yang Penuh Misteri

oleh Tetalogi
07:00 AM on Jan 14, 2016

Saat ini kisah seputar Prabu Siliwangi kembali diangkat dengan adanya sinetron yang mengambil tema raja yang legendaris tersebut. Sosok Prabu Siliwangi memang sudah menjadi sosok yang panutan dan dibanggakan oleh rakyat Sunda. Pasalnya ia dianggap sebagai seorang raja yang bijaksana dan merupakan pemimpin yang ideal.

Baca Juga : 8 Kerajaan yang Hampir Berhasil Menguasai Dunia

Baca Juga
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting
Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi

Meski begitu, kisahnya kehidupannya sendiri sebenarnya masih diliputi begitu banyak misteri. Berbagai macam teori dan perdebatan terus berkembang tentang asal-usul dan bahkan hilangnya keberadaan Prabu Siliwangi dan kerajaan Pajajaran.

1. Memerintah Kerajaan Zaman Pasundan

Dalam prasasti Batutulis, diceritakan bahwa Prabu Siliwangi yang memiliki gelar Sri Baduga Maharaja dinobatkan dua kali sebagai raja. Yang pertama adalah ketika menerima tahta Kerajaan Galuh dari ayahnya (Prabu Dewa Niskala) dan yang kedua adalah tahta Kerajaan Sunda dari mertuanya (Susuktunggal).

Ilustrasi Prabu Siliwangi [Image Source]
Ilustrasi Prabu Siliwangi [Image Source]
Dengan adanya peristiwa ini, maka Prabu Siliwangi kemudian menjadi penguasa dari Kerajaan Sunda dan kerajaan Galuh. Dalam masa pemerintahannya, diceritakan ia mampu memimpin dengan bijaksana dan bahkan tidak mau terlalu memberatkan rakyat dengan pajak. Ia juga memberikan kebebasan kepada rakyatnya untuk menganut kepercayaan atau agama apapun.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA