5 Misteri yang Pernah Menggegerkan Indonesia Tapi Masih Jadi Tanda Tanya

oleh Rizal
15:00 PM on Nov 8, 2015

Sebuah pertanyaan besar kerap menghampiri kita tentang eksistensi hal-hal yang berkaitan dengan klenik atau magis. Apakah yang seperti ini benar-benar ada atau hanya imajinasi yang terlalu kuat saja? Namun pada kenyataannya argumen logis kita seakan dipentalkan dengan berbagai kejadian mistis yang terlihat nyata di mata dan bahkan bisa disentuh wujudnya.

Ya, beberapa kejadian memang luput dari logika. Terutama yang ada di sekitar kita. Misalnya saja batu petir Ponari yang konon mampu menyembuhkan penyakit apa pun hanya dengan mencelupkannya dalam air. Jika kamu menganggap ini omong kosong, lantas kenapa orang-orang tidak berhenti berdatangan ke rumahnya? Percaya tak percaya, sebagian memang berhasil sembuh meskipun tak menampik pula banyak yang usahanya berakhir kosong tanpa hasil.

Baca Juga
4 Hal Negatif yang Mungkin Akan Dialami Masyarakat Jika Penggunaan KTP Sebagai Syarat SIM Card Terlaksana
Tukang Bakmi Bak Seleb, Gaya dan Dandanan Jamila “Janda” Dijamin Bikin Publik Melongo

Lalu apa sebenarnya batu ini dan kenapa bisa menyembuhkan? Sampai kini tidak ada yang berhasil mengungkapnya. Nah, selain si batu petir berikut adalah deretan kejadian misteri yang juga belum bisa diungkapkan hingga sekarang.

1. Wanita Perut Kawat

Santet adalah hal yang kebenarannya simpang siur hingga saat ini. Benda magis ini sering digambarkan sebagai bola api yang dikirim untuk mencelakai targetnya. Si korban yang terkena biasanya mengalami berbagai macam keganjilan. Mulai muntah paku, perut membesar, dan bisa juga dengan keluar kawat seperti yang dialami oleh seorang wanita bernama Noorsyaidah ini.

Medis masih gagal untuk menganalisa penyakit yang dimiliki Noor ini [Image Source]
Medis masih gagal untuk menganalisa penyakit yang dimiliki Noor ini [Image Source]
Ya, dari perutnya benar-benar keluar kawat yang mencuat panjang. Kejadian ini sendiri sudah dialami oleh wanita yang berprofesi sebagai pengajar tersebut hampir 17 tahun. Yang bikin kagum, Noorsyaidah tak percaya jika ini adalah perbuatan sihir termasuk santet dan sejenisnya. Kawat-kawat tersebut terus tumbuh dan lepas dengan sendirinya. Biasanya ada rentang waktu tertentu di mana kawat tersebut tak bertumbuh lagi. Namun selang beberapa waktu kemudian, kawat mengerikan itu kembali tumbuh. Terutama ketika bertepatan pada tanggal lahirnya. Setiap tahun seperti itu, menurut Noor.

Dokter pun dibikin bingung dengan kejadian ini. Belum pernah ada sejarahnya manusia mengalami hal seperti ini dilihat dari kacamata kedokteran. Pemerintah setempat pun berinisiatif untuk bisa mengobati penyakit aneh Noor secara gratis. Lalu, apakah sebenarnya benda satu itu? Bagaimana bisa keluar dari perut? Pertanyaan ini masih jadi misteri hingga sekarang. Bagi yang percaya hal-hal gaib, sudah pasti mereka melihat ini sebagai gangguan sihir.

2. Dede, Si Manusia Akar

Tree Man, begitu kata seorang dokter Amerika menyebut pria bernama Dede Koswara ini. Bagaimana tidak, di sekujur tubuh Dede terutama bagian kaki dan tangannya ditumbuhi semacam akar aneh yang terus tumbuh. Hingga pria ini pun kesulitan melakukan aktivitas gara-gara hal tersebut.

Dede Koswara kini mendapatkan penangangan intensif di rumah sakit [Image Source]
Dede Koswara kini mendapatkan penangangan intensif di rumah sakit [Image Source]
Masyarakat setempat menganggap jika ini sebuah kutukan. Namun ketika ditangani oleh medis, ternyata ini adalah sebuah penyakit super langka yang disebabkan oleh virus bernama Epidermodysplasia Verruciformis. Kejadian ini hanya dialami oleh satu banding sejuta orang saja di dunia. Virus langka ini sendiri dipercaya menyerang sistem imunitas Dede. Sehingga mereka akan terus tumbuh sampai sel-sel kekebalan tubuh bisa melawan balik.

Dede sekarang sudah dirawat secara intensif oleh para petugas di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung. Ia sudah menjalani hampir 14 kali operasi termasuk salah satunya dengan mengangkat ‘akar’ di kakinya seberat 2 kilogram.

2. Crop Circle di Sleman

Crop Circle sudah lama dipercaya sebagai media untuk menyampaikan pesan kepada manusia oleh para makhluk ekstraterestial alias alien. Meskipun begitu tak semua orang serta merta mempercayai hal tersebut. Ada yang beranggapan jika bentuk geometri luar biasa besar dan rumit tersebut adalah ciptaan manusia. Di Indonesia sendiri crop cirlce pernah ditemukan tepatnya di daerah Sleman, Yogyakarta.

Belum ada penjelasan yang pasti tentang fenomena crop circle di Sleman ini [Image Source]
Belum ada penjelasan yang pasti tentang fenomena crop circle di Sleman ini [Image Source]
Sama seperti fenomena crop circle yang lain, bentuk geometri yang ada di Sleman ini juga rumit dan berukuran lumayan besar. Hal ini pun membuat Lapan serta beberapa orang MIT, Amerika, melakukan penelitian. Masih belum jelas kesimpulannya. Namun anggapan ini adalah buatan manusia sepertinya diragukan. Apalagi crop circle katanya dibuat hanya dalam waktu semalam saja. Jika membandingkan kompleksnya geometri serta besarnya bentuk crop cicle tersebut, memang sangat mustahil untuk diklaim sebagai buatan manusia.

Seorang peneliti dari Undip juga menegaskan jika crop circle di Sleman itu bukanlah bikinan manusia. Ada jejak partikel di sana serta kandungan nitrogren yang berlipat ganda di padi-padi yang direbahkan. Misteri ini seakan mulai terjawab ketika seorang mahasiswa UGM mengaku sebagai penciptanya dengan dibantu 6 orang temannya. Meskipun begitu, pernyataannya dalam web tersebut diragukan.

4. Batu Petir Ponari

Sudah 6 tahun sejak pertama kali bocah bernama Ponari begitu terkenal dengan batu petirnya di tahun 2009 lalu. Kini Ponari sudah jadi remaja dan pengobatan sakti yang dilakukannya pun juga masih berjalan. Meskipun kini pasien yang datang ke rumahnya hanya bisa dihitung dengan jari. Ya, fenomena Ponari memang ajaib dan menyisakan tanda tanya besar.

Kenapa batu ini bisa menyembuhkan juga masih jadi misteri hingga kini [Image Source]
Kenapa batu ini bisa menyembuhkan juga masih jadi misteri hingga kini [Image Source]
Awal mulanya sendiri adalah ketika Ponari kecil menemukan sebuah batu setelah sebuah petir menyambar. Batu berwarna coklat kemerahan itu pun dibawanya pulang untuk ditunjukkan kepada orangtuanya. Ibu Ponari, Mukharomah, pun serta merta percaya. Bahkan sang nenek pun membuangnya ke sebuah semak-semak yang tak jauh dari rumahnya. Anehnya, batu tersebut kembali lagi.

Pasien pertama Ponari adalah seorang warga setempat yang menderita demam dan muntah-muntah. Ketika itu tanpa ada yang menyuruh, Ponari tiba-tiba mencelupkan batu tersebut ke sebuah gelas berisi air dan kemudian diminumkan kepada warga tadi. Ajaibnya, korban serta merta membaik. Kabar ini pun makin menyebar dan akhirnya Ponari terkenal sebagai dukun penyembuh. Ketika masih kecil dulu, jumlah pasiennya bahkan mencapai ratusan tiap harinya. Sampai sekarang masih belum diketahui secara pasti batu apakah ini. Kenapa bisa menyembuhkan dan bagaimana bisa terbentuk juga masih jadi pertanyaan yang tak terjawab.

5. Pohon Nangka Berbuah Pisang

Sebuah fenomena menghebohkan dialami oleh seorang pria bernama Faris asal Jember, Jawa Timur. Bagaimana tidak, pohon nangka yang ditanam di dekat rumahnya menghasilkan buah kombinasi antara nangka dan pisang. Kejadian ini pun menggemparkan banyak orang yang penasaran dengan kejadian tersebut. Beberapa orang menganggap ini adalah buah setan, karena sangat kejadian seperti ini sangat jarang dan mustahil.

Ada yang bisa menjelaskan kenapa hal ini bisa terjadi? [Image Source]
Ada yang bisa menjelaskan kenapa hal ini bisa terjadi? [Image Source]
Kalau dilihat dari dari kacamata sains, kejadian tersebut memang di luar akal. Pasalnya, kedua jenis tanaman ini berbeda genus, sehingga sangat mustahil untuk bisa disilangkan dengan mekanisme apa pun. Sementara ini, jawaban untuk fenomena misterius adalah lantaran mutasi genetis dan juga global warming.

Uniknya lagi, ternyata fenomena ini tidak terjadi di satu tempat saja. Selain di Jember, fenomena Nangka pisang ini juga pernah terjadi di Minahasa, Banten dan juga Sukabumi. Lalu sebenarnya kenapa hal ini bisa terjadi? Lagi-lagi tak ada yang bisa mengungkapkannya.

Lima hal di atas masih jadi hal yang diperdebatkan hingga sekarang tentang kebenarannya. Hasil penelitian juga belum bisa memberikan penjelasan yang ilmiah dan pasti tentang fenomena misterius tersebut. Hal ini pun jadi semacam bukti jika ternyata ada banyak hal yang tak melulu selalu bisa dijawab oleh ilmu pengetahuan dan logika. Nah, bagaimana menurutmu? Bagaimana fenomena di atas bisa terjadi?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA