5 Misteri yang Hanya Ada di Kuliner Indonesia

oleh Centralismo
09:27 AM on Feb 9, 2015

Perpaduan dari begitu banyak budaya di Indonesia menghasilkan keragaman kuliner yang nikmat. Masing-masing daerah di Indonesia punya makanan khas yang siap membuat lidah kita bergoyang. Meski banyak sekali kuliner Indonesia yang diadaptasi dari masakan India dan Cina, namun bumbu dan rempah khas Indonesia membuat rasanya jauh lebih spesial.

Selain kekayaan dalam segi rasa dan penyajian, ada beberapa hal yang unik dari kuliner Indonesia. Berikut ini adalah beberapa hal “misterius” dalam kuliner, yang hanya akan kita temui di Indonesia. Apakah ada penjelasan dan sejarah di balik keunikan tersebut?

Baca Juga
4 Kejadian Generasi Micin Pingin Ngeksis Tapi Gak Tahu Tempat Ini Sempat Netizen Geram
5 Jasa Chairul Huda Semasa Hidup yang Membuat Dirinya Jadi Sosok Tak Tergantikan

1. Nasi Padang yang Dibungkus Jumlahnya Lebih Banyak

Jika anda penggemar masakan-masakan Padang, maka warung Padang adalah tempat pertama yang anda tuju jika sedang lapar. Di sini anda akan makan masakan yang nikmat tanpa perlu repot-repot memasak, mengingat masakan Padang rata-rata memakan waktu pengolahan yang lama. Masakan jenis apapun yang anda inginkan, tinggal tunjuk.

Nasi Padang Bungkus (C)kaskus
Nasi Padang Bungkus (C)kaskus

Namun, jika anda perhatikan baik-baik, jumlah nasi yang diberikan warung Padang jika anda membelinya dalam bungkusan jauh lebih banyak dari jika anda makan di dalam warung. Hampir semua Warung Padang menerapkan peraturan ini tanpa ada aturan tertulis. Konon, aturan ini diberlakukan agar orang yang membungkus nasi tersebut bisa berbagi dengan anggota keluarga lainnya di rumah. Namun, alasan pasti dari aturan ini masih menjadi misteri.

Demikianlah beberapa keunikan dalam dunia kuliner di Indonesia. Dari sini bisa kita lihat bahwa kuliner tidak hanya dibentuk dari unsur-unsur rasa dan tekstur, namun juga interaksi sosial. Kuliner menjadi jembatan bagi banyak orang dari latar belakang berbeda.

Keunikan kuliner Indonesia adalah salah satu dari banyak unsur yang membuat negara kita ini disenangi oleh banyak negara lain. Keramahan orang Indonesia seakan menjadi pelengkap dari kenikmatan kulinernya. Selamat berkuliner dan tetap bangga jadi orang Indonesia!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA