5 Misteri Istana Presiden yang Masih Jadi Tanda Tanya Hingga Hari Ini

oleh Rizal
07:00 AM on Jun 19, 2016

Sudah menjadi hal yang lazim kalau setiap negara itu pasti memiliki bangunan khusus kepresidenan. Misalnya Amerika dengan White House-nya, atau pun Rusia dengan Gedung Kremlin-nya. Indonesia pun demikian. Bahkan di sini setidaknya ada enam bangunan kepresidenan.

Membahas bangunan kepresidenan di Indonesia adalah hal yang unik. Tak hanya karena fisik bangunannya yang rata-rata adalah peninggalan pemerintah kolonial, tapi juga tentang cerita-cerita unik yang ada di dalamnya. Ya, sudah jadi rahasia umum kalau di istana-istana negara di Indonesia kerap terjadi hal-hal unik yang sampai saat ini tetap jadi misteri yang belum terpecahkan.

Baca Juga
Bukan Kegembiraan, 4 Lomba Agustusan Ini Justru Berakhir dengan Tragedi
Tak Melulu Miris, Ini Cerita dari Para Veteran yang Akhirnya Diperhatikan oleh Pemerintah

Mulai dari yang bikin merinding sampai kisah aneh bin ajaib, berikut adalah misteri seputar istana-istana kepresidenan Indonesia yang mungkin kamu belum mengetahuinya.

1. Rumor Istana Merdeka yang Penuh Hantu

Sudah jadi rahasia umum kalau Istana Merdeka itu penuh hantu. Hal ini dilihat dari aspek bangunannya yang sudah sangat tua serta bukti-bukti yang ada. Untuk bukti, salah satunya datang dari kesaksian anak-anak Gus Dur yang mengaku kerap dijahili oleh makhluk halus di tempat itu.

Istana Merdeka [Image Source]
Istana Merdeka [Image Source]
Tak hanya itu, di istana juga dikatakan ada bagian yang sangat seram yakni di lantai empat. Saking seramnya, bahkan petugas kebersihan pun tak sanggup membersihkan bagian itu. Rumor ini perlahan hilang tatkala Gus Dur mulai membuka pintu-pintu istana untuk khalayak umum.

2. Misteri Angkernya Ranjang Bung Karno

Selain lantai empatnya yang angker, salah satu bagian dari Istana Merdeka yang juga cukup seram adalah kamar Bung Karno. Ya, diketahui jika di kamar ini kerap terjadi hal-hal mistis. Alhasil, sepeninggal Bung Karno tak ada yang berani menempatinya. Bahkan Megawati yang notabene merupakan putri kandung Sang Putra Fajar juga tak berani menempatinya.

Tempat tidur Bung Karno yang ditempati Jokowi [Image Source]
Kamar Bung Karno yang ditempati Jokowi [Image Source]
Meskipun kental dengan nuansa mistisnya, namun bukan berarti tak ada yang berani menempatinya. Ya, pada akhirnya kamar ini ditempati oleh Presiden Jokowi. Hebatnya, sang presiden mengaku tidak mengalami gangguan apa pun selama ada di kamar tersebut.

3. Pohon Ki Hujan yang Misterius

Masih ada satu lagi keanehan yang ada di Istana Merdeka, yakni sebuah pohon yang diberi nama Ki Hujan. Pohon ini usianya sangat tua, bahkan lebih tua dari Istana Merdeka sendiri. Dan seperti pohon tua kebanyakan, Ki Hujan juga punya misterinya sendiri.

Ki Hujan [Image Source]
Ki Hujan [Image Source]
Bukan tentang mistis, tapi bagaimana pohon tersebut mampu tetap berdiri meskipun digoncang angin hebat. Jadi, di awal tahun 2012 lalu pernah terjadi angin ribut di Istana dan hampir menumbangkan sebagian besar pohon di sana. Ajaibnya, Ki Hujan tetap berdiri tegak padahal ia ditopang oleh banyak tiang.

4. Istana Gedung Agung Juga Kental Dengan Keangkeran

Selain Istana Merdeka di Jakarta, di Yogyakarta juga ada istana kepresidenan bernama Gedung Agung. Seperti yang kamu tahu, dulu Indonesia sempat berpindah ibukota di Yogyakarta pada awal-awal masa kemerdekaan. Dan sebagai tempat tinggal presiden kemudian dipilihlah Istana Gedung Agung ini.

Istana Gedung Agung [Image Source]
Istana Gedung Agung [Image Source]
Nah, yang unik dari istana ini adalah nuansanya yang juga tak kalah menyeramkan. Bangunan yang berdiri di tahun 1832 ini juga memiliki berbagai cerita mistis. Salah satunya adalah sosok penunggu gaib yang ada di banyak sisi gedung. Serta cerita-cerita tentang para saksi mata yang pernah mendengar suara-suara seperti tentara berbaris di halaman depan istana ini padahal tak kelihatan wujudnya.

5. Misteri Penunggu Gaib di Istana Bogor

Selain yang ada di Yogyakarta dan Jakarta, bangunan kepresidenan juga ada di Bogor, namanya adalah Istana Bogor. Bangunan yang mirip dengan White House itu pada awalnya dibangun sebagai tempat tinggal Gubernur Hindia Belanda. Kemudian seiring dengan berjalannya waktu kepemilikannya pun jatuh ke pemerintahan Indonesia.

Istana Bogor [Image Source]
Istana Bogor [Image Source]
Sama seperti dua bangunan kepresidenan lainnya, Istana Bogor ini juga diliputi hal-hal yang menyeramkan. Mulai dari penampakan, sampai gangguan-gangguan makhluk halus. Hal tersebut sendiri diakui oleh ibu negara Hartini yang mengaku jika tempat ini memang ada penunggunya.

Kalau menurut kepercayaan masyarakat, bangunan lama bekas Belanda memang akan selalu seperti ini. Seram dan penuh dengan cerita-cerita mistis. Sepertinya hal yang sama juga dialami oleh deretan istana negara di atas. Tapi, terlepas dari kemistisan yang ada, deretan istana negara di atas juga merupakan ikonnya Indonesia. Makanya, kita harus tetap membanggakannya.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA