in

8 Misteri di Indonesia yang Mungkin Belum Pernah Anda Ketahui Sebelumnya

7. ‘Benteng’ raksasa di dasar laut Papua

Papua adalah salah satu pulau terbesar di Indonesia. Banyak sekali keindahan sampai dengan kemisteriusan yang dapat ditemukan di daerah paling ujung timur Indonesia ini, salah satunya adalah sebuah tembok raksasa yang mirip sebuah benteng di dasar laut Papua.Tepatnya di lepas pantau bagian utara Papua, tembok yang diperkirakan memiliki panjang sekitar 110 km dengan tinggi sekitar 1.860 meter dan lebar 2.700 meter serta mempunyai bentuk yang lurus sempurna ini dapat diketahui dengan menggunakan Google Map dengan koordinat 1°59’46.9”S dan 141°29’24.6239”E.

‘Benteng’ raksasa di dasar laut Papua [ image source ]
‘Benteng’ raksasa di dasar laut Papua [ image source ]

Sayangnya, pada tahun 2012 lalu, pihak Google justru menghilangkan gambar tersebut sejak bulan Januari 2012 lalu tanpa sebab. Memang tidak ada penjelasan apapun atau juga penelitian lebih jauh untuk menguak misteri tembok atau benteng raksasa di Papua ini, akan tetapi jika dipikir secara kasar, dahulu kala sebelum zaman es mencair, daratan di bumi rata-rata masih menjadi satu.

Bahkan dulunya, diyakini bahwa Papua dan Australia juga menjadi satu daratan. Hal itu dapat dibuktikan dengan terdapatnya beberapa satwa atau flora yang mirip dari keduanya. Ketika masih menjadi satu daratan, ada ‘pihak’ yang sengaja membuat struktur bangunan tersebut dan pastinya bukan manusia untuk tujuan tertentu.

Setelah zaman es mencair, banyak daratan di seluruh dunia terpecah dan terbagi menjadi lebih kecil lagi. Dari sinilah, kemungkinan bahwa bangunan tersebut juga tenggelam ke dasar laut karena efek es mencair. Bahkan keberadaan tembok raksasa di dasar laut Papua ini juga dikaitkan dengan keberadaan struktur bangunan kuno dan misterius di dasar laut Jepang.

Written by Diah

Leave a Reply

Ini 5 Fakta Peristiwa Bersejarah di Bulan Maret yang Harus Kamu Ketahui

Waspada! Selain Mentawai, 7 Daerah Indonesia Ini Juga Rawan Gempa