Misteri Biksu yang Terpendam Dalam Patung Buddha Berusia 1.000 Tahun

oleh Ayu
09:15 AM on Feb 25, 2015

Penemuan dari masa lalu selalu memiliki misteri yang menarik untuk dikuak. Kerap kali, membuka tabir rahasia yang tersimpan ratusan tahun lamanya. Seperti sebuah penemuan mengejutkan yang baru-baru ini dilakukan pada sebuah patung Buddha berusia 1.000 tahun ini.

Penelitian yang dipimpin oleh Erik Bruijn pada sebuah patung Buddha berusia 10 abad ini, menghasilkan penemuan sebuah mumi di dalamnya. Diperkirakan kalau mumi itu adalah tubuh seorang biksu Buddha bernama Guru Liuquan. Sebenarnya, sudah banyak yang menyadari bahwa ada mumi di dalam patung Buddha tersebut, akan tetapi yang tidak mereka duga adalah hasil CT Scan yang diberikan pada patung abad 11-12 itu.

Baca Juga
Inilah 4 Bukti Kalau Pengguna Medsos yang Ada di Indonesia Polosnya Bukan Main
Tak Banyak yang Tahu, Inilah Aksi Hebat Kepolisian Indonesia yang Begitu Disegani di Dunia

Misteri Biksu Yang Terpendam Dalam Patung Buddha Berusia 1.000 Tahun DAILYMAIL
CT Scan dan endoskopi pada Patung Buddha (dailymail)

Dilansir dari Dailymail, setelah melakukan CT Scan dan endoskopi (penerawangan organ dalam  tanpa penyayatan), ternyata tidak ditemukan organ apapun di dalam tubuh mumi biksu tersebut. Mereka hanya menemukan sisa-sisa kertas bertuliskan kaligrafi China yang mengitari tubuhnya. Menurut rencana, mumi tersebut akan dibawa ke Budapest untuk dipamerkan di Museum Sejarah Alam Hungaria hingga Mei 2015.

Misteri Biksu Yang Terpendam Dalam Patung Buddha Berusia 1.000 Tahun 2 DAILYMAIL
Misteri Biksu (dailymail)

Meski disebut sebagai mumi, bagi para biksu, mereka menganggap tubuh pendahulu mereka ini tidak mati. Hanya saja senior mereka ini mencapai tingkatan teratas dalam dunia meditasi. Hal ini seperti dilansir dari International Business Times.

Misteri Biksu Yang Terpendam Dalam Patung Buddha Berusia 1.000 Tahun 3 DAILYMAIL
Misteri Biksu (dailymail)

Bulan lalu, juga ditemukan mumi seorang biksu yang masih dalam kondisi bermeditasi dan diperkisakan sudah berusia 200 tahun. Mumi itu diteliti sebagai guru dari seorang Lama  atau biksu legendaries asal Tibet yang tubuhnya juga tidak rusak meski bermeditasi hingga jiwanya tak lagi ada di dalam raganya.

Ternyata mumi tak hanya menjadi penanda kematian seseorang saja. Namun juga bisa memperlihatkan nilai spiritual seperti bentuk meditasi yang dilakukan oleh para biksu ini.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA