Misteri Keberadaan Bigfoot di Indonesia yang Pernah Bikin Geger

oleh Rizal
07:00 AM on Oct 18, 2016

Di mata para penyuka kriptid, Indonesia selalu dianggap sebagai akuarium besar yang menyimpan monster-monster, khususnya yang berhubungan dengan kriptozoologi. Salah satu contohnya adalah Orang Bati di Pulau Seram yang berbentuk manusia kelelawar raksasa. Orang Bati sendiri selalu dianggap hanya hewan mitologi legendaris. Padahal menurut para penduduk sana makhluk seram ini memang ada, termasuk kesukaannya menculik manusia.

Tak hanya Orang Bati, Indonesia juga sering disebut sebagai rumahnya Bigfoot. Bigfoot selalu digambarkan sebagai manusia raksasa setengah kera yang hidup jauh di dalam hutan. Selama ini sudah ada beberapa bukti tentang Bigfoot di Indonesia. Mulai dari jejaknya di wilayah Kalimantan yang bikin heboh beberapa tahun lalu, sampai sebuah video yang baru-baru ini viral.

Baca Juga
Lolicon, Sindrom Ketertarikan Pada Gadis di Bawah Umur yang Ternyata ‘Berbeda’ dengan Pedophilia
Matoa, Buah Langka Asal Papua yang Super Lezat dan Harganya Bikin Dompet Meringis

Pertanyaannya, apakah benar Bigfoot memang ada di Indonesia? Tentu kita tak bisa menjawab pertanyaan itu dengan jawaban pasti. Namun, melihat tanda-tandanya, mungkin kita bisa bilang kalau makhluk besar itu memang ada di sini. Tapi, sebelum mempercayai hal tersebut, ada baiknya kalau kita simak dulu ulasan soal Bigfoot di Indonesia berikut.

Sekilas Tentang Bigfoot

Bagi orang Indonesia, Bigfoot mungkin adalah makhluk yang cukup asing. Tapi, bagi masyarakat luar sana, hewan kriptid ini sangat terkenal. Orang-orang selalu menggambarkan Bigfoot sebagai manusia raksasa yang mirip kera. Atau gampangnya mirip gorila berjambul tapi lebih besar dan berjalan tegak.

Rupa Bigfoot [Image Source]
Rupa Bigfoot [Image Source]
Berbicara dimensi, Bigfoot sendiri diperkirakan memiliki tinggi tubuh sekitar 3-4 meter atau lebih. Tapak kakinya juga cukup besar hampir sekitar 60 sentimeter. Menurut para peneliti hewan kriptid, Bigfoot adalah makhluk nokturnal yang keluar saat malam hari dan juga merupakan binatang omnivora.

Tempat Sering Ditemukannya Bigfoot

Bigfoot dikatakan hanya mendiami daerah dingin dan terpencil. Dan selama ini, Amerika Utara lah yang sering disebut sebagai rumahnya. Memang, sudah banyak sekali penampakan-penampakan Bigfoot di daerah ini. Terutama di wilayah hutan-hutannya.

Tak hanya Amerika Utara, Bigfoot atau yang disebut juga dengan Sasquatch ini pun sering terlihat di Kanada. Sama seperti di Amerika Utara, di Kanada juga cukup sering muncul penampakan Bigfoot. Mungkin karena begitu sering muncul di dua negara ini, maka kemudian orang-orang mengasosiasikannya sebagai rumah hewan misterius raksasa itu.

Bigfoot juga Dipercaya Ada di Indonesia

Sebenarnya tak hanya Amerika Utara dan Kanada, Indonesia pun juga sering kali disebut sebagai rumahnya para Bigfoot. Sebenarnya hal ini masuk akal mengingat daerah Indonesia yang sebagian masih berhutan-hutan lebat. Sehingga sempurna sebagai tempat persembunyian mereka. Misalnya di hutan-hutan Sulawesi atau Kalimantan.

Bigfoot dipercaya ada di Indonesia [Image Source]
Bigfoot dipercaya ada di Indonesia [Image Source]
Soal rumor Bigfoot di Indonesia, hal tersebut juga didukung beberapa penemuan menghebohkan. Misalnya soal jejak raksasa di Kalimantan pada tahun 2009 silam. Serta yang tak kalah heboh adalah video viral tentang Bigfoot di Indonesia beberapa waktu lalu yang bahkan jadi pemberitaan di luar sana.

Penemuan Jejak Bigfoot di Kalimantan

Desa Darok yang ada di Kalimantan Barat pernah dibikin geger di tahun 2009 lalu. Alasannya tak lain karena mereka secara tiba-tiba menemukan jejak kaki raksasa di salah satu jalan desa. Jejak kakinya sendiri cukup besar yakni hampir mencapai satu meter. Menurut warga setempat, jejak ini sebelumnya tidak pernah ada namun tiba-tiba saja muncul.

Jejak kaki raksasa di Kalimantan [Image Source]
Jejak kaki raksasa di Kalimantan [Image Source]
Yang bikin heboh lagi, ternyata kejadian ini pernah terjadi beberapa puluh tahun sebelumnya. Bahkan, kejadian yang pertama itu tak hanya memunculkan satu jejak saja tapi beberapa dan lokasinya agak berjauhan. Meskipun berita tentang jejak-jejak ini bikin heboh, tapi tak pernah ada penelusuran lebih lanjut. Lagi-lagi, bukti yang harusnya sangat nyata ini hanya berakhir mitos dan semacamnya.

Video Bigfoot di Indonesia yang Bikin Heboh

Berita terbaru soal Bigfoot di Indonesia jelas tentang video yang viral belakangan itu. Video ini pertama kali diunggah oleh Daily Star dan mendapatkan banyak tanggapan. Rata-rata para commenters meyakini kalau video itu memang asli, tapi tak sedikit pula yang menganggapnya hanya bualan.

Pada video di atas terlihat cukup jelas sosok yang besar berjalan pelan di muka sebuah air terjun. Kalau dilihat dari ukurannya dibandingkan dengan tinggi air terjun, memang nampak sekali kalau makhluk ini begitu tinggi. Video ini sendiri sudah ditonton puluhan ribu kali dan masih bikin penasaran orang-orang yang melihatnya. Kira-kira apakah ini memang Bigfoot? Hmm, susah ya untuk menentukannya. Tapi, bisa jadi itu memang si kera besar.

Bigfoot dan Indonesia sebenarnya bukan padu yang pas, lantaran makhluk ini lebih populer di benua Amerika. Tapi, dari kesamaan bukti-bukti yang ada, seperti Bigfoot sekarang bisa dikaitkan pula dengan Indonesia. Tapi, tentu saja hal tersebut belum benar-benar bisa dipastikan. Bigfoot selama ini memang selalu disangkal. Tapi, melihat dari banyaknya bukti yang beredar, kadang seolah susah untuk tidak percaya akan adanya makhluk besar ini. Bagaimana menurutmu?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
BERITA TERKAIT
BACA JUGA