Misteri Aramu Muru yang Konon Menjadi Gerbang Menuju Dunia Lain

oleh Nikmatus Solikha
08:00 AM on Feb 13, 2017

Dipercaya bahwa Aramu Muru diciptakan lebih dulu dari peninggalan suku Inca. Meski demikian, masih menjadi misteri kapan dan siapa yang membangun tempat tersebut. Dilihat sekilas, Aramu Muru memang terlihat seperti bangunan yang pekerjaannya belum diselesaikan oleh si tukang batu.

Namun, di sisi lain banyak orang yang percaya jika Aramu Muru merupakan portal menuju dunia lain. Lokasi ini kerap dihubung-hubungkan dengan ‘Gerbang Matahari’ yang ditemukan di Tiwanaku. Begitu banyak sekali pendapat tentang Aramu Muru. Sebenarnya, apa yang melatar belakangi misteri tersebut? Berikut ini adalah lima misterinya.

Baca Juga
Nggak Terima Anaknya Ditegur, Orangtua Zaman Now Langsung Hajar Guru SMA di Kendari
4 Fakta Mengenai Beberapa Petinggi TNI yang Dilarang Menginjakkan Kaki di Amerika

Lokasi Aramu Muru

Portal batu raksasa ini terletak di tempat yang sangat tak biasa, yaitu hutan batu Hayu Marca atau “Kota Para Dewa” di sekitar tepi Danau Titicaca. Dilihat dari bangunannya, Arumu Muru memang terlihat aneh. Ada semacam jembatan, patung dan juga gua-gua aneh. Sekilas seperti proses erosi yang alami.

Bentuk Aramu Muru [image source]
Namun belum bisa dipastikan apakah bentuk tersebut hasil alam ataukah karya manusia. Pada zaman dulu, ada sebuah terowongan yang saat ini ditutup oleh batu. Hal itu untuk mencegah agar tidak ada lagi orang yang memasukinya. Bukan tanpa alasan, melainkan terlalu banyak kecelakaan di lokasi tersebut. Namun, hal itu justru membuat orang penasaran mengingat banyaknya isu bahwa terowongan tersebut menuju Tiahuanaco.

Mimpi Jose Luis Delgado Mamani

Pada tahun 90-an, seorang pemandu wisata bernama Jose Luis Delgado Mamani mengalami mimpi yang tak biasa. Di mana ia melihat gunung merah aneh dengan gerbang dipotong di dalamnya. Ia melihat ada cahaya biru bersinar dari pintu portal yang terbuka. Hingga suatu hari, Manami menemukan gunung persis dengan mimpinya.

Jose Luis Delgado Mamani [image source]
Mamani pun langsung pergi ke lokasi gunung tersebut meski penduduk sekitar mencoba menghalangi. Tak lama kemudian, berita tentang Aramu Muru pun menyebar sampai ke internasional. Hal tersebut tak lepas dari cerita mistis yang menyelimuti lokasi tersebut tentang portal ke dunia lain.

Legenda yang Menyelimuti

Konon, di masa lalu para pahlawan besar kerap melewati gerbang ini untuk bergabung dengan para kelompknya. Dipercaya juga jika para dewa melalui tempat ini ketika kembali ke bumi untuk melihat kerajaan.

warga sekitar percaya legenda aramu muru [image source]
Legenda juga mengatakan bahwa portal ini hanya terbuka untuk sementara waktu di abad ke-16. Waktu itu adalah ketika conquistador Spanyol membantai orang-orang Inca dan menjarah begitu banyak harta di kota Cusco.

Mitologi yang terkenal hingga kini

Situs legendaris ini merupakan salah satu inspirasi bagi banyak cerita dan juga teori kontemporer. Misalnya saja, orang-orang mengatakan jika kedatangan para dewa saat ini terkadang bisa diamati. Konon, ada waktu di mana terlihat penampakan semacam cahaya berwarna biru yang sangat misterius dari ceruk.

ilustrasi cahaya biru [image source]
Makhluk bersinar tersebut juga keluar dari portal itu. Cerita lain mengatakan jika dalam setahun, ada waktu tertentu di mana tebing ini akan menjadi transparan. Para peneliti kegiatan paranormal juga melaporkan jika bola biru bersinar muncul di sini.

Petualangan mistis Aramu Muru

Lokasi ini kerap menarik perhatian wisatawan yang berminat pada hal mistis. Aramu Muru dinilai cukup misterius untuk mencari pengalaman, terlebih saat melangkah masuk ke dalam ceruk dan menyandarkan kepala ke tebing. Beberapa orang yang melakukan hal tersebut konon melihat bintang-bintang, sebagian lainnya bahkan melihat kolam api, ada pula yang bercerita bahwa mereka mendengar suara musik yang berirama.

petualangan mistis di aramu muru [image source]
Hingga zaman modern ini, legenda-legenda tentang Aramu Maru terus bermunculan entah dari mana. Salah satu pendapat baru tersebut menjabarkan bahwa situs Aramu Muru merupakan peninggalan kuno alien yang mengunjungi bumi.

Begitu banyak mitos yang mewarnai Aramu Muru. Tak jelas pula mana yang benar. Namun, secara sederhana Aramu Muru bisa dijelaskan sebagai bangunan candi yang belum selesai. Meski demikian, keindahan situs ini mempesona banyak mata, hingga memunculkan inspirasi tentang cerita-cerita mitologi yang terus saja melebar.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA