7 Negara Ini Punya Misil Senjata Nuklir Terbanyak di Dunia

oleh Tetalogi
07:00 AM on Apr 11, 2016

Dunia sekarang ini sepertinya telah menjadi tempat yang semakin mengerikan untuk ditinggali. Negara-negara di dunia berlomba menciptakan senjata pemusnah masal seperti bom atom dan nuklir. Saat ini saja, di dunia sudah ada cukup banyak senjata nuklir untuk bisa dengan mudah menghancurkan bumi.

Jika bom nuklir terbesar di dunia, Tsar Bomba sampai dijatuhkan, maka efeknya akan menciptakan bola api dengan radius 3km dan radiasi seluas 8km, serta ledakan udara mencapai 12 hingga 30 km. Artinya, semua makhluk hidup sejauh 30 km dari pusat ledakan akan terbunuh seandainya bom ini dijatuhkan. Jadi bayangkan saja jika seandainya perang dunia 3 benar terjadi dan melibatkan negara-negara pemilik misil nuklir terbanyak di dunia ini.

Baca Juga
Dinobatkan Jadi Atlet Tercantik dan Terseksi SEA Games 2017, Ini Lho Pesona Lindswell Kwok Yang Bikin Indonesia Bangga
Inilah 4 Bukti Kalau Pengguna Medsos yang Ada di Indonesia Polosnya Bukan Main

1. India

India terhitung memiliki 100 misil nuklir dan memulai program risetnya sejak tahun 1967. Tes nuklir pertamanya yang mengejutkan dunia dilaksanakan pada tahun 1974 dan tes keduanya pada tahun 1998. Hingga saat ini India memang belum secara resmi mengumumkan atau berkomentar tentang berapa banyak senjata nuklir yang dimilikinya.

India [Image Source]
India [Image Source]
Negara tersebut mengaku memiliki peraturan ketat yang mengatakan bahwa senjata tersebut tidak akan pernah digunakan sebagai senjata penyerang dan hanya untuk pertahanan seandainya mereka diserang terlebih dulu oleh negara lain.

2. Pakistan

Program nuklir Pakistan diulai pada tahun 1972 di bawah kepemimpinan Perdana Menteri Zulfiqar Ali Bhuto pada tahun 1972. Awal dimulainya program ini adalah karena negara tetangganya, India yang juga melakukan pengembangan senjata nuklir.

Pakistan [Image Source]
Pakistan [Image Source]
Bhuto segera mengikuti program riset nuklir India setelah melakukan uji coba pertamanya yang mengejutkan. Kemudian setelah melakukan uji coba yang kedua, Pakistan juga ikut meledakkan 5 tes nuklir di distrik Chagai. Kini, Pakistan sudah memiliki lebih banyak misil nuklir sebagai cadangan militernya.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
error put content