8 Minuman Manjur dan Berkhasiat yang Hanya Bisa Anda Temukan di Indonesia

oleh Adi Nugroho
15:00 PM on Sep 18, 2015

Indonesia menyimpan banyak sekali keragaman yang tiada batas. Mulai dari budayanya, bahasanya, hingga makanan dan minumannya. Beberapa minuman tradisional di Indonesia terkenal tak hanya karena enaknya saja. Tapi juga karena khasiatnya yang mampu membuat tubuh jadi lebih sehat, bugar dan mengusir penyakit ringan seperti flu.

Minuman ini banyak sekali dijual di daerahnya, bahkan termasuk minuman khas yang layak kita coba jika datang ke daerah tersebut. So, inilah delapan minuman asli Indonesia yang terbukti manjur dan berkhasiat. Bersiaplah untuk mencoba cita rasa Indonesia yang hebat ini!

Baca Juga
Dinobatkan Jadi Atlet Tercantik dan Terseksi SEA Games 2017, Ini Lho Pesona Lindswell Kwok Yang Bikin Indonesia Bangga
Inilah 4 Bukti Kalau Pengguna Medsos yang Ada di Indonesia Polosnya Bukan Main

1. Jamu

Tidak bisa dipungkiri lagi jika minuman satu ini menjadi ciri khas Indonesia. Bahkan banyak orang dari luar negeri yang penasaran dengan jamu ini. Khasiatnya sangat beragam, mulai dari menyembuhkan batuk, meningkatkan nafsu makan, menurunkan panas, meredakan rasa capai di tubuh, hingga mampu meningkatkan vitalitas.

Jamu Tradisional [image source]
Jamu Tradisional [image source]
Jamu dibuat dari berbagai macam bahan herbal yang ada di Indonesia. Pembuatannya yang selalu bebas dari bahan berbahaya, membuat jamu selalu jadi incaran sebagai obat tradisional. Jenis jamu yang umum diketahui ada beras kencur, kunir asam, dan juga cabe puyang. Anda pernah mencoba jenis jamu apa saja?

2. Wedhang Uwuh

Wedhang Uwuh adalah salah satu minuman tradisional Indonesia yang sangat berkhasiat. Terutama untuk mengobati masuk angin dan menghangatkan badan. Minuman ini berasal dari Yogyakarta, tepatnya di daerah Imogiri. Wedhang Uwuh memiliki rasa manis, hangat dan aroma rempahnya yang cukup kuat.

Wedhang Uwuh [image source]
Wedhang Uwuh [image source]
Dalam bahasa setempat, Uwuh memiliki arti sampah. Dan memang benar, wedhang ini terbuat dari racikan daun kering, kayu secang kering, jahe, dan juga rempah lainnya. Untuk menambah rasa manis ditambahkan gula batu yang akan mencair jika terkena air panas. Wedhang Uwuh adalah minuman khas yang wajib anda coba jika kebetulan berada di Yogyakarta.

3. Bir Pletok

Anda jangan membayangkan minuman bir yang bagi sebagian agama dianggap haram karena kandungan alkoholnya. Bir Pletok tidaklah minuman beralkohol. Namun minuman menyehatkan yang terbuat dari rempah-rempah asli Indonesia. Rasanya manis dan hangat hingga cocok dikonsumsi saat musim dingin.

Bir Pletok [image source]
Bir Pletok [image source]
Bir Pletok adalah minuman khas dari Betawi. Terbuat dari kapulaga, serai, kayu manis, kayu secang untuk warna merah, serta gula. Semua bahan dimasak dalam wadah dan dihasilkan minuman berwarna merah nikmat. Untuk yang satu ini anda pasti pernah mencobanya.

4. Limun Sarsaparilla

Dewasa ini pasti akan sangat sulit mendapatkan minuman jenis limun. Namun di masa lalu, minuman limun atau cola asli Indonesia ini banyak terdapat di warung-warung. Bahkan anak-anak sering meminumnya di kala siang yang sangat panas. Limun ini sekarang susah dicari namun masih ada yang bertahan dan eksis hingga sekarang, namanya Limun Sarsaparilla.

Limun Sarsaparilla [image source]
Limun Sarsaparilla [image source]
Minuman ini memiliki fungsi untuk mengobati masuk angin. Efek karbonasi dari minuman akan membuat kita sendawa dengan cepat. Selain itu, limun Sarsaparilla juga mengandung bahan alami yang baik untuk tubuh. Jadi enggak cuma minum air berbuih saja kan?

5. Teh Talua

Teh Talua adalah minuman tradisional dari Sumatra Barat. Jika di Jawa mungkin versi teh Talua adalah STMJ. Namun bahan sadar teh ini menggunakan air teh yang nantinya akan dicampur dengan telor ayam kampung, gula, jeruk nipis dan beberapa ramuan tradisional yang berbeda-beda di setiap warung.

Teh Talua [image source]
Teh Talua [image source]
Teh Talua sangat disukai oleh kaum adam di daerah Sumatra Barat. Setelah mengkonsumsi teh ini, biasanya tubuh akan semakin enteng dan enak buat tidur. Jika anda kebetulan sedang berada di Sumatra Barat, jangan sungkan untuk mencoba kehebatan Teh Talua ini.

6. Sarabba

Sarabba adalah minuman yang sangat khas dari Makassar. Secara sekilas mungkin bentuknya seperti STMJ yang banyak di Pulau Jawa. Namun elemen bahan dalam minuman ini sedikit berbeda. Ada campuran santan yang membuat tingkat kekentalan minuman jadi tinggi. Selain itu, cara masaknya juga beda. Sarabba di masak di atas api hingga mendidih baru disajikan.

Sarabba dan cemilan [image source]
Sarabba dan cemilan [image source]
Elemen penting dari Sarabba adalah penggunaan gula merah sebagai pemanis. Selain itu bubuk merica, biji pala, dan kayu manis berperan sebagai rempah-rempah utama. Sarabba biasanya disajikan saat malam hari atau saat suasana sedang dingin. Jika kebetulan ke Makassar, tak lengkap rasanya jika tak meminum Sarabba sembari makan jajanan khas setempat.

7. Sari Lidah Buaya

Lidah buaya ternyata tak hanya baik untuk membuat rambut jadi indah. Tapi juga bisa dibuat minuman yang sangat bermanfaat. Bahkan terbukti menyembuhkan panas dalam. Lidah buaya yang jarang dikonsumsi ini ternyata memiliki kandungan serat yang tinggi, vitamin, serta mineral lain yang bagus untuk tubuh.

Sari Lidah Buaya [image source]
Sari Lidah Buaya [image source]
Jika anda kebetulan datang ke Kalimantan, jangan lupa mencoba minuman segar yang sangat cocok diminum saat siang hari. Pemerintah Kalimantan telah mengembangkan usaha ini agar menjadi ciri khas daerah yang sangat berbeda dengan daerah lain. So, kira-kira seperti apa ya rasanya lidah buaya? Apa tidak pahit? Buktikan sendiri ya!

8. Susu Telur Madu Jahe (STMJ)

The last but not least: STMJ! Minuman ini benar-benar asli Indonesia yang sangat berkhasiat. Bahkan ada di seluruh penjuru Indonesia terutama di Pulau Jawa. Kedai-kedai STMJ biasanya akan menjual minuman dengan bahan dasar susu segar, jahe, kuning telor (bisa ayam jawa atau bebek), dan madu ini dalam berbagai jenis. Tergantung dengan kebutuhan para penikmat.

STMJ [image source]
STMJ [image source]
Ada yang standar, ada yang dicampur dengan coklat, ada juga yang dicampur dengan ramuan Ma’jjun agar meningkatkan vitalitas pria. Jika badan anda sedang capai, maka disarankan mengkonsumsi minuman ini sebelum tidur. Esok hari, dijamin badan akan segar dan siap beraktivitas lagi dengan semangat.

Itulah tujuh minuman asli Indonesia yang sangat bermanfaat. Dari tujuh minuman di atas, mana saja yang pernah anda minum. Dan mana saja yang ingin anda coba rasa dan manfaatnya? Selamat mencoba!

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
error put content