7 Negara Besar yang Kekuatan Militernya Bikin Korea Utara Ketawa

Bahkan tanpa Nuklir dan senjata kimia, Korut masih jauh unggul dari negara-negara ini

oleh Arief Dian
21:00 PM on Apr 10, 2017

Negara Korea Utara yang dipimpin oleh Kim Jong Un itu benar-benar ditakuti oleh dunia. Dengan bom nuklir dan senjata kimia yang dimilikinya sampai bikin Amerika dan Rusia harus mengasah otak agar tidak ada berhadapan langsung dengan negara ini. Dan jika dua negara adidaya saja pikir-pikir kalau mau melawan, apalah arti Korsel? Negara KPOP itu bahkan tak berani cari gara-gara walaupun sepele.

Militer Korut sangat hebat, tapi bagaimana jika nuklir dan senjata kimia tidak dihitung? Ternyata mereka masih sangat unggul. Bahkan melawan negara-negara besar pun mereka menang telak. Makanya tak heran kalau Kim Jong Un bakal tertawa keras seumpama negara-negara besar ini mencoba cari gara-gara. Lalu, mana saja negara besar yang bakal kalah telak jika berhadapan dengan Korut? Simak ulasannya berikut.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Spanyol, dengan kekuatan daratnya yang ecek-ecek

spanyol [image source]
Salah satu negara anggota NATO ini tidak bisa dibandingkan dengan Korea Utara. Hanya dengan jumlah 327 tank, jangan harap bisa selamat dari gempuran unit darat Korut yang mencapai 4,200 unit. Kurang dari satu jam, mungkin pasukan tank milik Spanyol sudah tunggang langgang. Apalagi Spanyol masuk daerah Mediterania yang hanya memiliki tiga musim, jelas sangat kalah kualitasnya dengan personel tentara Korea yang bisa bertahan di empat musim. Jangan bandingkan jumlah personelnya, tentara Spanyol hanya punya 125,000 atau sepertujuh jumlah personel Korut.

Meksiko, negara tanpa tank pulang saja kalau mau lawan Korut

Meksiko [image source]
Jangan mimpi negara ini mampu melawan Korea tanpa satu pun unit tank. Jelas sekali Korea Utara menang telak di darat. Tapi Meksiko masih dapat bertahan dengan 400 unit udaranya, meskipun nantinya juga bakal kalah dengan Korut yang punya 944 unit. Dari segi personel, negeri di Amerika Utara ini masih lebih baik ketimbang  Spanyol. Dengan 270, 000 unit, Meksiko masih bisa kalah dengan terhormat lawan Korea Utara.

Malaysia, mimpi banget mau lawan Korut

Malaysia [image source]
Dilihat dari manapun, tetangga kita yang satu ini sama sekali tidak bisa disandingkan dengan Korea Utara. Hanya dengan 110 ribu unit personel dan  74 tank bisa mati kutu andai mau melawan negara itu. Apalagi dibanding kan dengan kekuatan angkatan lautnya, Malaysia hanya memiliki 67 unit laut dan itu berarti tidak ada sepersepuluh angkatan laut negara yang dipimpin Kim Jong Un tersebut. Angkatan udara Malaysia juga hanya 244 unit, lawan Meksiko saja sudah kalah.

Norwegia bukan lawan sepadan bagi Korut

Norwegia [image source]
Negara yang mempunyai keindahan alamnya ini lebih baik jangan macam-macam dengan Korea Utara, salah-salah bakal hancur binasa. Norwegia hanya dengan 26 ribu personel, 52 tank dan 104 pesawat terbang, sangat jauh peringkatnya dari Korea Utara. Benar-benar tanpa harapan kalau negara dari semenanjung Skandinavia ini berhadapan dengan Korut. Satu-satunya hal bagus dari negara ini adalah anggaran pertahanannya sebesar $ 7,000,000 hanya berselisih $ 500,000 dolar dengan Korut.

Belanda, dulu mungkin penjajah tapi kini bukan apa-apa

Belanda [image source]
Seperti halnya Meksiko, negara ini sama sekali tidak memiliki tank. Hal ini jelas membuat perbedaan sangat jauh dengan Korea Utara. Apalagi personel yang ada hanya 50 ribu unit, pastinya sama sekali tidak membuat Kim Jong Un gentar. Dengan 164 unit udara dan 56 unit laut malah bikin Korea Utara membusungkan dada kalau lawan Belanda. Namun uniknya, negara ini memiliki anggaran mencapai $9,8 juta, sedangkan Korea Utara hanya memiliki $7,5 juta.

Uni Emirat Arab, menang kaya doang

Emirat Arab [image source]
Negara federasi para raja minyak ini juga tidak bisa disandingkan dengan Korea Utara. Hanya dengan 65 ribu personel, jelas membuatnya kalah telak. Namun dibandingkan negara yang lain, Uni Emirat Arab dibilang lumayan. Dengan 514 unit udara dan 545 tank, membuat Korea juga harus berpikir dua kali untuk menyerangnya. Namun masalah dana, negara ini jagoan. Dengan buget pertahanan hingga $ 14 juta, wah bikin Korut mati kutu soal uang.

Suriah, menang di darat

Suriah [image source]
Negara yang dipimpin oleh rezim Bashar al Assad ini memiliki keunggulan dengan negara lainnya. Suriah memiliki 4,500 unit tank, jauh lebih unggul dengan Korea Utara. Namun masalahnya Suria hanya memiliki 180 ribu unit personel dan 461 unit udara yang membuat Korut menang telak. Belum lagi anggaran pertahanan yang hanya $ 1,8 juta bikin Suriah harus berpikir dua kali untuk berperang dengan Korut.

Dilihat dari berbagai faktor, Korea Utara memang memiliki potensi militer yang luar biasa. Bahkan membuat beberapa negara besar seperti Suriah tidak berkutik dibuatnya. Belum lagi senjata nuklir dan kimia, malah membuat negara ini jadi tambah perkasa.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA