Ruqyah dan Metode Pengusiran Setan Lain yang Masih Diterapkan Manusia Hingga Sekarang

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Nov 4, 2016

Disadari atau pun tidak, manusia dan jin atau makhluk turunan hidup berdampingan sejak lama. Keduanya sama-sama menjalankan kehidupannya secara terpisah meski bangsa jin atau setan kerap mengganggu manusia. Ada yang berusaha menghasut manusia untuk tidak melakukan ibadah, melakukan kejahatan, hingga merasuki tubuh manusia untuk melakukan take over.

Dalam bahasa sehari-hari pengambil alihan tubuh manusia oleh bangsa lelembut dinamakan kerasukan. Seseorang yang mengalami kerasukan akan kehilangan kesadaran tubuhnya. Perilaku, gaya bicara, dan lainnya mengikuti makhluk yang merasukinya hingga dia disadarkan dan makhluk itu dikeluarkan dalam tubuhnya.

Baca Juga
4 Hal Negatif yang Mungkin Akan Dialami Masyarakat Jika Penggunaan KTP Sebagai Syarat SIM Card Terlaksana
Tukang Bakmi Bak Seleb, Gaya dan Dandanan Jamila “Janda” Dijamin Bikin Publik Melongo

Dalam kebudayaan yang berkembang di dunia, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengeluarkan makhluk halus itu. Cara umum yang dilakukan di Indonesia adalah ruqyah dengan bantuan seorang kiai atau dibawa ke dukun. Berikut uraian lengkap tentang metode pengeluaran setan dan jin dari tubuh manusia.

1. Ruqyah

Metode pertama yang sering digunakan untuk menyembuhkan atau menyadarkan seseorang yang kerasukan adalah dengan ruqyah. Dalam Islam, ruqyah adalah metode penyembuhan dan perlindungan seseorang dari penyakit yang sifatnya fisik dan nirfisik. Penyakit yang tidak tampak itu biasanya berasal dari jin atau setan yang menyebabkan kehidupan manusia menjadi terganggu.

Ruqyah [image source]
Ruqyah [image source]
Dalam ruqyah, seseorang yang mengalami gangguan dari makhluk halus akan dibacakan ayat-ayat suci secara berulang-ulang. Apabila dalam tubuh terdapat jin atau makhluk sejenisnya, dia akan merasa kepanasan dan tidak tahan. Pada akhirnya makhluk itu akan keluar sendiri karena tidak tahan dengan siksaan yang dirasakan.

2. Ruqyah Syirikiyah

Ruqyah Syirikiyah adalah metode pengusiran makhluk halus yang dilakukan oleh seseroang tanpa menggunakan ayat suci dari Alquran. Pengusiran ini dilakukan dengan rapalan japa mantera yang dilakukan berulang-ulang. Selain dengan ucapan, pengusiran juga dilakukan dengan benda-benda tertentu semisal pusaka atau benda yang memiliki kekuatan gaib di dalamnya.

disembuhkan oleh dukun [image source]
disembuhkan oleh dukun [image source]
Pengusiran setan dengan metode ini dilakukan oleh dukun atau paranormal. Dengan menggunakan ilmu yang mereka miliki, makhluk halus yang ada di tubuh manusia bisa dikeluarkan secara halus atau paksa. Biasanya dalam pengeluaran ini, dukun akan melakukan ritual yang cukup kompleks dan kadang tidak sesuai dengan keyakinan yang dianut banyak orang.

3. Eksorsisme

Dalam agama Kristen dan Katolik, tradisi pengusiran roh atau jin jahat di dalam tubuh manusia juga dilakukan sejak dahulu kala. Individu yang diketahui mengalami kerasukan akan ditempat dalam tempat tertentu, biasanya kasur dengan tangan terikat kalau kelakuannya jadi liar. Setelah individu yang mengalami kerasukan diposisikan dengan benar, mereka akan mulai melakukan ritual-ritualnya.

Eksorsisme [image source]
Eksorsisme [image source]
Dalam kepercayaan ini, individu yang kerasukan jin atau iblis jahat harus segara diberi perlakuan agar fisik dan pikirannya tidak terganggu. Untuk mengeluarkan iblis itu, mereka akan merapalkan ayat-ayat dari kitab mereka lalu menggunakan semacam salip untuk mengusir makhluk yang ada di dalam tubuh. Oh ya, individu yang melakukan ini percaya kalau dalam tubuhnya mengalir kekuatan yang berasal dari triniti. Dengan keyakinan dan doa, kekuatan itu akan keluar dan digunakan untuk mengusir iblis dengan sempurna.

4. Pengusiran ala Shinto

Pengusiran setan juga terjadi di Jepang. Kalau Anda melihat beberapa film atau anime yang diproduksi oleh negara matahari terbit ini, aksi pengusiran arwah akan kerap dipraktikkan. Biasanya pendeta dari Shinto akan melakukan semacam ritual dengan peralatan lengkap termasuk kertas-kertas mantera dan benda-benda lain yang dianggap memiliki tuah.

pengusiran ala Shinto [image source]
pengusiran ala Shinto [image source]
Ada dua cara pengusiran roh yang dilakukan di Jepang. Pertama adalah dengan cara paksa di mana setan akan langsung diusir dengan sesuatu yang membuatnya tidak suka. Cara kedua dilakukan dengan memenuhi kemauannya. Banyak makhluk halus atau yokai yang masih memiliki masalah di dunia nyata. Jika masalah ini bisa diselesaikan, mereka akan mudah dikeluarkan.

Inilah contoh-contoh metode pengusiran setan atau jin jahat yang masuk ke dalam tubuh manusia. Metode ini tetap dilakukan terutama jenis-jenis ruqyah yang dewasa ini juga banyak bermunculan di layar kaca.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA