4 Mesin Perang Mematikan ini Lahir dari Kejeniusan Seorang Archimedes

oleh Rizal
10:00 AM on Dec 18, 2015

Barang kali mereka para pecinta mekanik fisika dan matematika tak terima dengan judul ini. Bagaimana bisa seorang Archimedes si ilmuwan brilian sekelas Newton itu sampai mengotori tangannya dengan berbuat demikian? Tapi, tak perlu risau jika kamu adalah salah satu pengagum filsuf Yunani ini. Pasalnya, mesin perang mematikan tersebut bukan benar-benar dibuat dengan kedua tangannya.

Ya, benar, Archimedes, seperti yang kita ketahui, adalah otak di balik banyak mekanisme canggih yang implementasinya masih dipakai hingga sekarang. Sistem ulir, katrol, serta mekanika lain tercipta dari buah pemikirannya. Sayangnya, dengan berbekal pengetahuan ini ternyata banyak orang yang memanfaatkannya untuk hal-hal buruk. Misalnya adalah deretan mesin perang yang akan kita kulik kengeriannya setelah ini.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Mungkin Archimedes tak ikut berdosa lantaran sejak awal ia tak pernah menginginkan penemuannya untuk dikemas dengan versi jahat seperti ini. Terlepas dari hal tersebut, berikut adalah deretan alat perang mematikan yang terinspirasi dari buah cerdas sang pemikir itu.

1. Cakar Mematikan Archimedes

Alat ini berbentuk seperti katrol, di mana ia dirangkai dengan tambahan tali besar serta baja berbentuk cakar besar di bagian ujung tali. Mekanisme alatnya dengan dilontarkan ke arah target dengan menggunakan hukum katapel. Bandul cakar yang ada di ujung sana akan merobek perut kapal musuh hingga akhirnya tenggelam. Alat ini juga bisa melakukan fungsi menarik kapal musuh agar bisa lebih dekat lagi dan kemudian dihabisi dengan brutal.

cakar archimedes
Cakar Archimedes ini jadi salah satu senjata perang mematikan yang pernah bikin Romawi ketar ketir [Image Source]
Kota Syracuse yang ada di Sisilia, Italia, pernah menggunakan alat perang ini. Kala itu Romawi akan mengekspansi kota ini. Namun Syracuse punya benteng besar lengkap dengan cakar Archimedes di tepi pantai mereka. Sehingga begitu kapal Romawi terlihat berbondong-bondong, maka segera pasukan melemparkan cakar Archimedes ini. Alat ini menurut sejarah sukses membuat Romawi frustasi berat.

2. Sinar Penghancur Archimedes

Namanya mungkin terdengar kekanak-kanakan, namun secara fungsi, Sinar Penghancur Archimedes memang bisa menghancurkan. Alat ini sebenarnya sangat sederhana. Hanya mengandalkan cermin dan juga sinar matahari. Mekanismenya adalah dengan memantulkan sinar matahari dan kemudian diarahkan ke target. Dulu orang-orang memakai alat ini dengan penampang cermin yang luar biasa besar. Hasilnya, musuh pun dibuat terbakar dan akhirnya hancur.

Meskipun sederhana, senjata berbekal hukum Archimedes ini sangat ditakuti [Image Source]
Meskipun sederhana, senjata berbekal hukum Archimedes ini sangat ditakuti [Image Source]
Romawi lagi-lagi pernah menjadi korban dari alat ini. Kapal-kapal mereka tenggelam setelah sebelumnya terbakar hebat oleh alat unik dan sederhana tersebut. Jika tak percaya penampang cermin ini bisa menimbulkan kerusakan, coba lakukan percobaan sendiri di rumah. Kelemahan alat perang ini hanya satu. Ya, apalagi kalau bukan malam hari.

3. Katapel Mekanis yang Mematikan

Dibandingkan alat perang lain, katapel ini mungkin terkesan sangat biasa. Padahal apa yang dilakukannya benar-benar greget dan tertulis sejarah sebagai senjata perang paling mematikan, dan bisa dibilang terlalu canggih untuk zamannya. Secara umum, mungkin mekanismenya memang katapel biasa. Namun, yang satu ini disematkan hukum-hukum Archimedes, sehingga menghasilkan katapel yang luar biasa.

Berbekal mekanisme kompleks ala Archimedes, ketapel ini menjadi lebih mematikan dari yang pernah ada [Image Source]
Berbekal mekanisme kompleks ala Archimedes, ketapel ini menjadi lebih mematikan dari yang pernah ada [Image Source]
Katapel ini dirangkai menggunakan alur-alur yang rumit. Namun pada intinya, alat ini mampu melontarkan benda apa pun yang beratnya berkali-kali proyektil katapel biasa yang bisa dibilang gila itu. Senjata ampuh ini diimplementasikan banyak negara. Sekali lagi, jika bukan karena Archimedes, alat yang terlalu canggih pada masanya ini takkan pernah lahir.

4. Ulir Archimedes

Yang satu ini mungkin bukan alat perang, namun eksistensinya lebih penting dari senjata-senjata macam apa pun. Ulir Archimedes ini punya fungsi sebagai alat pengangkut barang dari satu tempat ke tempat lain dengan cara yang unik dan sangat mudah. Ulir Archimedes berbentuk sebuah tabung yang di dalamnya ada semacam ulir berputar dengan sekat-sekat yang lebar. Nah, celah-celah ini yang digunakan sebagai tempat barang-barang yang akan dikirim.

Meskipun bukan untuk perang, eksistensi alat ini juga tak kalah penting sebagai media transportasi barang-barang [Image Source]
Meskipun bukan untuk perang, eksistensi alat ini juga tak kalah penting sebagai media transportasi barang-barang [Image Source]
Ulir Archimedes sangat fungsional, tak hanya bisa mengirimkan air tapi juga mesiu dan juga ranjau-ranjau, atau apa pun itu. Penggunaan ulir cerdas ini seringkali dari atas ke bawah atau melawan gaya gravitasi. Sehingga tak perlu para tentara melakukan kerja berat dan bisa fokus dengan hal yang lain. Mekanisme ini sekarang juga masih digunakan di banyak industri.

Kita tak bisa menyalahkan Archimedes lantaran penemuannya justru digunakan untuk perang yang mungkin sudah menumpahkan banyak darah. Teknologi memang seperti ini, tergantung siapa yang menggunakannya. Ketika ia pakai untuk kebaikan maka akan berguna sekali, namun sebaliknya, ia juga bisa membawa kehancuran besar.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA