4 Kisah Ini Akan Membuatmu Lebih Berhati-hati Saat Menyimpan Uang

oleh Tetalogi
07:00 AM on Feb 10, 2016

Menabung itu memang perlu, tujuannya agar ketika suatu saat kita berada dalam keadaan darurat, kita masih punya uang untuk menyelesaikannya. Bank bisa menjadi tempat yang bagus untuk menyimpan uang karena keamananya.

Meski begitu, beberapa orang ternyata merasa lebih tenang ketika menyimpan uang di rumahnya sendiri. Tapi hati-hati, resikonya bukan cuma pencurian saja, tapi ada juga hal tak terduga lain yang bisa membuat uang tersebut malah musnah sia-sia.

Baca Juga
Fakta Silat Marunda, Warisan Maut Si Pitung yang Bikin VOC Terkencing-kencing Tak Berdaya
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting

Gaji Pegawai yang Terbakar

Haio Bin baru saja mengambil uang dari bank untuk membayar gaji karyawan. Namun karena sudah malam, ia membawa pulang uang tersebut dan menaruhnya di kompor. Keesokan harinya, istri Haio Bin bersiap memasak dan menyalakan kompor tua dari batu. Istri Haio Bin sebenarnya tahu perihal uang yang diletakkan suaminya di atas kompor, tapi ia lupa akan hal itu.

Uang yang terbakar [Image Source]
Uang yang terbakar [Image Source]
Saat menambahkan kayu bakar, barulah ia sadar ada bungkusan plastik di dalam tungku kompor. Meski sudah cepat-cepat memadamkan api, uang senilai 339 juta rupiah tersebut gagal diselamatkan dan musnah terbakar api. Hao Bin mencoba menukarkan uang tersebut ke bank, namun ditolak karena lebih dari setengahnya sudah hancur terbakar.

Uang Modal Nikah yang Hancur

Ibu Zhang, wanita dari Provinsi Jiangsu, China memutuskan untuk menyimpan uang senilai 100 Yuan atau setara dengan 219 juta rupiah di balik lantai dapur rumahnya. Wanita tersebut telah menabung selama 4 tahun untuk biaya pernikahan anaknya.

Uang lapuk [Image Source]
Uang lapuk [Image Source]
Ketika Zhang akhirnya memutuskan untuk menikah, ibunya teringat dengan uang tabungannya dan segera ia gali kembali. Tapi sayang, uang yang dikubur tersebut telah rapuh dan hancur ketika disentuh. Zhang bergegas pergi ke bank lokal dan meminta bantuan agar bisa mendapatkan ganti uang tersebut. Namun pegawai bank menyatakan ia mungkin tidak akan menerima ganti yang sama nilainya karena uang tersebut telah begitu rusak.

Tabungan 10 Tahun Rusak Dimakan Rayap

Cai Hou pernah merasa sakit hati dengan bank sehingga ia memutuskan untuk menyimpan uangnya selama 10 tahun di dalam lemarinya. Tapi sayang, uang yang telah ia simpan begitu lama ternyata malah rusak parah gara-gara dilahap rayap.

Uang dimakan rayap [Image Source]
Uang dimakan rayap [Image Source]
Wanita berusia 70 tahun tersebut telah menyimpan hingga 10 ribu Yuan atau kurang lebih setara dengan 19 juta rupiah. Ia berusaha menyatukan kembali uang-uang tersebut dan menukarnya ke bank, namun hanya 1.950 Yuan yang dalam keadaan baik dan bisa diganti. Hou harus merelakan sisanya terbuang sia-sia begitu saja.

Uang di Dalam Kasur yang Dibuang

Seorang perempuan Israel kelabakan gara-gara membuang kasur ibunya yang ternyata berisi uang 10 miliar rupiah. Ia pun kelabakan mencari kasurnya di tempat pembuangan akhir namun tetap tidak menemukan kasur milik ibunya.

Mencari kasur "mahal" [Image Source]
Mencari kasur “mahal” [Image Source]
Sebenarnya wanita tersebut bermaksud baik. Ia membelikan sebuah kasur baru sebagai hadiah untuk ibunya yang sudah tua. Karena itulah ia membuang kasur lama milik ibunya. Namun betapa kagetnya ia ketika ibunya mengatakan bahwa kasur tersebut berisi uang yang telah disimpan selama seumur hidupnya. Cerita ini mengingatkanmu pada salah satu cerita SpongeBob kan?

Memang sih, terkadang kita akan merasa aman saat menyimpan uang di rumah sendiri. Tapi sebenarnya resiko yang dimiliki bukan cuma pencurian saja, tapi juga kemungkinan uang jadi rusak karena faktor kelembaban atau dimakan binatang.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA