Inilah Sajian Menu ‘Merakyat’ di Pernikahan Anak Jokowi

oleh Adi Nugroho
14:28 PM on Jun 10, 2015

Kebayang tidak seperti apa menu-menu jika orang peting atau pejabat tinggi lagi mantu? Pasti sangat enak, mewah dan ditangani khusus oleh koki terkenal. Selain itu jika ditaksir, harga set menunya pasti selangit. Lantas apakah hal semacam ini berlaku di pernikahan anak Jokowi?

Menu merakyat pernikahan anak Jokowi

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Berdasarkan bocoran tim konsumsi dan koki pernikahan anak Jokowi, inilah kumpulan menu-menu yang pasti ada di sana. Penasaran seperti apa? Yuk, kita simak bersama-sama.

1. Nasi Liwet

Bayangan kita sepertinya meleset jika menu-menu dalam pernikahan anak sulung Jokowi sangat mewah. Ternyata menu makanan utamanya sangat sederhana. Bahkan tergolong bisa didapatkan oleh masyarakat kecil di Solo.

Nasi Liwet adalah makanan khas dari Solo. Nasi ini memiliki rasa mirip dengan nasi uduk. Dimasak menggunakan santan dan memiliki rasa sangat gurih. Nasi liwet biasanya disajikan di atas daun pisang dengan lauk utama sayur labu siam. Sebagai pelengkap ditambahkan suwiran ayam dan diberi siraman semacam santan kental gurih yang disebut areh.

Nasi Liwet Solo [image source]
Nasi Liwet Solo [image source]
Beberapa versi dari nasi liwet menggunakan lauk pendamping  berupa ikan teri dan ikan jambal roti. Selain itu sayur pendukung lainnya bisa berupa kacang panjang dan juga petai.  Nasi liwet sangat gampang di dapatkan di Solo. Dan merupakan makanan yang bisa dimakan kapan saja dari pagi hingga malam. Ke Solo belum pas jika belum menyantap hidangan sederhana namun bercita rasa tinggi ini.

2. Tengkleng

Tengkleng adalah makanan lain yang merupakan kuliner khas Kota Solo. Tengkleng memiliki bahan dasar daging kambing beserta tulang-tulang yang dipotong kecil. Secara kasat mata, penampakan dari tengkleng mirip sekali dengan gulai kambing. Namun yang membedakannya adalah bagian kuahnya.

Tengkleng [image source]
Tengkleng [image source]
Kuah dari tengkleng sedikit lebih encer dan rasanya tidak terlalu pekat seperti gulai yang penuh rempah-rempah. Selain itu kuah tengkleng sedikit ada rasa pedasnya karena bumbu diberi cabai. Cara makan sama halnya dengan gulai, menggunakan nasi dan diberi kecap dan sedikit jeruk nipis. Sensasi lain yang terjadi saat makan tengleng adalah kita diharuskan menggunakan tangan. Kita harus berusaha menggigiti daging dari tulang. Kalau ke Solo, mampirlah ke warung untuk makan tengkleng.

3. Selat Solo

Selat solo adalah makanan lain yang akan hadir dalam pernikahan anak Jokowi. Makanan khas dari Solo ini mulai naik daun beberapa tahun terakhir ini. Bahkan hadir di kota-kota selain Solo. Secara garis besar penampakan dari selat solo sangat mirip dengan hidangan steak ala-ala makanan barat.

Selat Solo [image source]
Selat Solo [image source]
Terdapat daging sebagai hal wajib yang ada. Selain itu side dish seperti kentang, wortel,  dan mentimun melengkapi menu yang bersanding dengan telur, daun selada dan kuah rasa manis asam. Selat Solo sangat nikmat disajikan saat hangat dan ditemani segelas teh hangat.

4. Gula Asem

Tak lengkap rasanya jika makanan tidak didampingi sebuah minuman yang sangat menyegarkan. Pada pernikahan anak Jokowi, inilah menu-menu minuman yang akan disajikan untuk tamu.

Gula asem adalah minuman tradisional yang terbuat dari air asam jawa yang dicampur dengan air gula jawa yang manis. Rasa yang akan dihasilkan dari perpaduan ini adalah asam manis yang sangat khas. Setelah memakan masakan yang berminyak, minum gula asem akan membuat mulut terasa sangat segar.

Gula Asem [image source]
Gula Asem [image source]
Sebenarnya gula asem merupakan minuman kesehatan. Asem yang sangat masam ternyata memiliki segudang manfaat, salah satunya untuk menurunkan kolesterol. Selain itu asam juga bisa menurunkan panas dalam tubuh.

5. Beras Kencur

Menu satu ini sungguh sangat unik. Sangat jarang ditemukan beras kencur di menu hidangan pernikahan. Biasanya beras kencur dijual oleh tukang jamu. Jamu ini memiliki rasa khas dari kencur yang membuat badan hangat. Selain itu rasa manis dari gula akan bercampur dengan pekatnya larutan garam dan air jeruk nipis.

Beras Kencur [image source]
Beras Kencur [image source]
Beras kencur biasanya digunakan sebagai obat orang yang sedang batuk. Selain itu beras kencur dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan. Barangkali maksud Jokowi menyajikan ini agar tamunya nyaman dan makan banyak di pernikahan putra sulungnya.

6. Teh dan Soft Drink

Tidak ada yang khas dari minuman ini. Teh selalu ada disetiap pernikahan entah itu orang pening maupun orang biasa. Pernikahan anak Jokowi juga menyajikan minuman ini beserta dengan soft drink lainnya untuk melengkapi semua menu makanan utama.

Teh [image source]
Teh [image source]

7. Kudapan Serabi

Rasanya kurang pas jika pada suatu pernikahan tidak ada kudapan. Tak terkecuali dipernikahan putra sulung Jokowi. Inilah menu kupadan di pernikahan yang membuat heboh media massa.

Solo sangat terkenal dengan kudapan yang bernama serabi. Makanan yang terbuat dari tepung beras dan santan kelapa ini dimasak dalam wadah dari gerabah dan dipanaskan menggunakan bara api. Saat akan matang biasanya serabi akan diberi toping sesuai dengan selera. Biasanya berupa coklat, keju, atau sesuai selera.

Serabi [image source]
Serabi [image source]
Salah satu serabi paling terkenal di Solo adalah serabi Notosuman. Bahkan bukan ke Solo namanya jika belum mengicipi serabi yang menjadi ikon kota Solo. Serabi biasanya dimakan memakai kuah dari santan diberi sirup dari gula merah atau dimakan langusng jika sudah diberi toping aneka rasa.

8. Sosis Basah Solo

Sosis Basah Solo atau Sosis Solo biasanya digoreng atau dikukus. Kudapan ini tidak sama dengan sosis pada umumnya. Sosis solo terbuat dari adonan tepung nantinya diberi sebuah isian beupa daging giling. Isian daging bisa terbuat dari daging ayam atau daging sapi.

Sosis Solo [image source]
Sosis Solo [image source]
Penampakan Sosis Solo menyerupai jajanan risoles atau lumpia. Penyajiannya hanya membutuhkan cabai untuk pemberi rasa pedas. Versi lain bisa menggunakan semacam saus pedas untuk pelengkap menyantap sosis khas Solo ini.

9. Martabak 8 Rasa

Menu kudapan yang akan disajikan juga pada pernikahan anak Jokowi adalah martabak 8 rasa yang dibuat oleh Markobar. Martabak ini memiliki 8 rasa toping yang di antaranya adalah ceres, keju, toblerone, ovomaltine, cadburry, kitkat green tea, timtam red velevet, silverqueen, delfi, dan nutela.

Martabak 8 Rasa [image source]
Martabak 8 Rasa [image source]
Toping martabak ini sangat menggoda. Satu loyang dibanderol Rp. 85.000. Dalam pesta nanti akan ada sekitar 200 loyang saja martabak ini. Suatu sajian sederhana yang hadir di pernikahan anak seorang presiden, di mana kadang orang memilih cupcake atau kue tart untuk pernikahan modern. Selain ketiga kudapan ini terdapat juga sajian jajanan khas Solo yang salah satunya adalah perawan ayu.

Itulah menu-menu yang ada di pernikahan anak Jokowi. Tidak diundang ke acaranya? Jangan khawatir, kita masih bisa menikmati hidangan sederhana itu jika berkunjung ke Solo.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA