Yang Perlu Diperhatikan Saat Menyiapkan Menu Lebaran

oleh Maya Galuh
07:00 AM on Jul 16, 2015

Bicara soal lebaran, biasanya identik dengan acara berkumpul bersama keluarga dan teman-teman terdekat. Saat berkumpul, kamu dan semua orang terdekatmu bisa bersilaturahmi, saling bermaaf-maafan dan menanyakan kabar. Apalagi jika kamu memang jarang punya waktu untuk berkumpul dan menghabiskan waktu bersama dengan keluarga. Jadi, jangan sampai melewatkan momen istimewa ini, ya.

hidangan-lebaran
hidangan-lebaran [Image Source]
Di hari raya Idul Fitri, akan banyak hidangan khas terjadi di meja makan sebagai jamuan makan untuk seluruh anggota keluarga. Kamu tentu sebenarnya sudah tahu makanan apa saja yang perlu disiapkan di hari spesial ini. Meski begitu banyak orang yang terkadang bingung memilih menu atau menyiapkan kombinasi makanan yang sesuai.
Baca Juga
Fakta Silat Marunda, Warisan Maut Si Pitung yang Bikin VOC Terkencing-kencing Tak Berdaya
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuat daftar menu-menu yang akan kamu siapkan di hari istimewa ini. Pikirkan dengan matang menu hidangan utama apa saja yang akan kamu sajikan, camilan apa yang akan kamu siapkan, serta minuman seperti apa yang cocok untuk menemani suasana bercengkerama di hari lebaran ini.

Setelah kamu menyiapkan daftar menu yang akan kamu siapkan, selanjutnya adalah segera berbelanja bahan-bahan untuk membuat masakan tersebut. Jangan terlalu mepet berbelanja saat menjelang hari raya karena biasanya harga-harga akan melonjak sangat tinggi dan pasar menjadi sangat penuh sesak. Jika tidak mau kerepotan sendiri, akan ada baiknya jika kamu menyiapkan segala bahan yang kamu butuhkan sejak beberapa hari sebelum lebaran.

Selain makanan-makanan utama tersebut, jangan lupa juga untuk menyiapkan kue-kue kering sebagai teman berbincang setelah menyantap hidangan lezat hasil masakanmu. Jika kamu memilih untuk membeli kue yang sudah jadi dan langsung siap saji, biasakan untuk selalu memeriksa tanggal kadaluarsanya. Jangan gampang tergoda dengan promo diskon yang banyak diberlakukan saat lebaran. Kamu tetap harus memeriksa apakah kue-kue kering yang akan kamu beli tersebut masih layak konsumsi atau tidak.

Nah, jika kamu sudah bisa membuat persiapan hidangan makanan khas lebaran dan kue-kue spesial yang menyertainya, maka kamu siap menyambut tamu dan keluarga besarmu untuk menikmati lebaran bersama di rumahmu.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA